Share Lha!

Hallo semua, terutama para calon ibu yang sedang dag-dig-dug berbahagia mengetahui bahwa sang buah hati akan hadir dalam keluarga.

Saya yakin Anda semua tahu bahwa saat hamil, Anda sangat perlu melengkapi kebutuhan nutrisi yang baik bagi Anda dan jabang bayi. Hari ini Saya akan berbagi informasi dan resep smoothies lezat dan sehat.

Saya juga dengan senang hati ‘membocorkan’ bahwa semua bahan yang digunakan dalam resep-resep smoothie dalam artikel ini adalah alami, lezat, dan terbukti ilmiah kaya manfaat bagi sang calon ibu dan sang buah hati.

Coba intip resep-resep Smoothie-nya yuk!

Smoothies BISA sehat untuk wanita hamil tetapi hanya jika Anda menggunakan bahan-bahan yang tepat. American Pregnancy Association merekomendasikan makan 2-4 porsi buah dan 4 porsi sayuran setiap hari¹.

Smoothie adalah cara yang efektif untuk mendapatkan nutrisi yang anda butuhkan. Namun ingat, Anda perlu menggunakan bahan dan bagian ataupun ukuran yang tepat untuk menuai manfaat-manfaat kesehatannya secara optimal.

Manfaat Smoothies Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi smoothie setiap hari merupakan langkah yang tepat untuk menjalani masa kehamilan dimana smoothie kehamilan yang dingin dan segar akan memuaskan hasrat keinginan Anda sambil memberikan segala nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda, terutama bagi perkembangan optimal sang buah hati yang sedang bertumbuh dalam tubuh Anda.

    • Calon ibu lebih bahagiaRoller coaster mood dan sensitifitas selama masa hamil membuat kita terkadang menjadi orang yang agak menyebalkan. Misalnya saja sensitif dan mudah merasa mual terhadap bau sesuatu yang sebenarnya biasa saja bagi orang dalam keadaan normal namun bagi kita bisa jadi sangat menusuk baunya.

Menurut berbagai penelitian, ada kemungkinan hubungan antara fungsi otak dan malabsorpsi, yaitu ketidakmampuan untuk menyerap nutrisi dari makanan dengan baik².

Pemilihan bahan makanan seperti telur, buah-buahan, sayuran, ubi jalar, dan kacang-kacangan yang secara alami gluten free dan kaya akan nutrisi akan membantu mengatasi masalah kemungkinan stres dan depresi atasroller coaster masa kehamilan‘.

  • Ibu dan Bayi yang sehat – buah dan sayuran yang kaya akan anti-oksidan, vitamin, mineral, serat, protein, elektrolit dan lemak sehat yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh maupun otak janin.
    • Ibu yang lebih berenergiMual disertai kembung dan rasa kantuk berlebihan yang sering datang hingga tak berenergi merupakan masalah umum yang dirasakan para ibu hamil.

Dengan membuat smoothies yang teksturnya berupa bubur buah dan sayur, tubuh akan lebih berenergi. Bahkan untuk rasa manisnya yang lebih mengandalkan manis alami dari buah, akan membantu mengurangi rasa mual. Terlebih lagi, smoothie yang terbuat dari bahan yang kaya akan zat besi akan membantu meningkatkan energi saat kehamilan sehingga tubuh tidak mudah lelah.

Penambahan buah pisang, oat , yogurt dan biji chia dalam smoothie juga akan memberikan lebih banyak dorongan energi dari kandungan karbohidrat, lemak sehat dan serat yang dibutuhkan tubuh ibu selama masa kehamilannya³.

  • Anak yang lebih pintar – Hasil beberapa penelitian dalam jurnal EbioMedicine menyebutkan bahwa para calon ibu yang mengkonsumsi 6-7 porsi buah setiap hari selama masa kehamilannya akan melahirkan anak-anak yang memiliki skala IQ lebih tinggi 6-7 point dari skala rata-rata tradisional.

Bahan Smoothie Sehat Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan gizi dan nutrisi aman perlu dilakukan selama masa kehamilan terutama untuk kebutuhan Sang Buah Hati agar dapat tumbuh dan berkembang dengan sempurna.

Cara yang paling mudah adalah melalui pemilihan bahan-bahan yang tepat untuk membuat smoothie kehamilan Anda.

Sebelum saya masuk ke bagian resep, mari kita telusuri beberapa bahan-bahan smoothie yang tepat berikut ini untuk smoothie lezat masa kehamilan. Jangan ragu untuk memilih bahan yang paling disukai untuk membuat campuran lezat Anda ya!

Buah-Buahan Yang bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Alpukat – Buah Alpukat selain memiliki tekstur daging yang lembut, Alpukat adalah buah yang tidak biasa karena mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal. Buah Alpukat juga tinggi serat, vitamin B (terutama folat), vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E dan vitamin C.

Karena kandungan lemak sehat, folat, dan potasium yang tinggi, alpukat adalah pilihan tepat bagi wanita hamil. Lemak sehat membantu membangun kulit, otak dan jaringan janin Anda, dan folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf. Kalium dapat membantu meringankan kram kaki, efek samping kehamilan bagi sebagian wanita. Bahkan alpukat mengandung lebih banyak potasium daripada pisang!.

Pisang – Buah Pisang kaya akan potasium, anti-oksidan, serat, vitamin C, E, K dan B-6 yang dapat membantu meringankan mual dan muntah di awal kehamilan.

Apel – Buah Apel mengandung tinggi fitonutrien, flavonoid, dan serat makanan. Buah apel juga sangat bergizi dan kaya akan antioksidan yang bekerja membantu memperkuat paru-paru pada wanita yang sedang hamil. Paru-paru yang lebih kuat membantu dalam menjaga pernapasan dan mencegah masalah pernapasan termasuk pada sang buah hati yang sedang bertumbuh dalam kandungan.

Penelitian menunjukkan bahwa makan apel saat hamil dapat menurunkan risiko asma dan alergi pada bayi.

Lemon – Banyak wanita melaporkan bahwa menghisap lemon, minum air lemon, atau minum limun membantu meredakan mual yang berhubungan dengan kehamilan.

Lemon juga kaya akan vitamin C. Mereka membantu merangsang sistem pencernaan untuk meredakan sembelit. Namun hati-hati, lemon dapat mengikis enamel gigi, lho, jadi bersihkan mulut (kumur-kumur atau sikat gigi) Anda setelah memakannya ya.

Jeruk – Jeruk kaya akan kandungan airnya sehingga bisa membuat tubuh tetap terhidrasi. Buah Jeruk dapat membantu mengurangi morning sickness di pagi hari. Selain itu, jeruk juga tinggi folat, jenis vitamin B yang efektif untuk mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan. Buah jeruk juga sarat vitamin C yang merupakan antioksidan penting untuk mencegah kerusakan sel dan yang membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan.

Tetapi untuk Anda yang memiliki masalah asam lambung disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi buah jeruk, ya. Silahkan mampir ke artikel sebelumnya tentang asam lambung ya, “Smoothies Untuk Meredakan Asam Lambung – Teruji dan Enak“.

Kacang Almond – Sebagai salah satu bagian dari keluarga kacang-kacangan, almond juga kaya akan serat, magnesium, vitamin E, dan fosfor untuk menjaga kekuatan tubuh Ibu yang terus menerus mengalami adaptasi karena perubahan yang terjadi selama masa kehamilan.

Mangga – Mangga adalah buah sumber vitamin C lainnya. Secangkir saja potongan mangga sudah memenuhi 100% kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. Buah Mangga juga kaya akan vitamin A.

Riset menunjukkan bahwa Kekurangan vitamin A saat lahir berkaitan erat dengan kekebalan yang lebih rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi seperti diare dan infeksi saluran pernapasan¹⁰.

Berries – Kelompok buah berri mengandung air, karbohidrat, serat, vitamin, antioksidan dan senyawa tanaman yang dapat membantu ibu hamil meningkatkan asupan air dan nutrisi tubuhnya. Kelompok berri umumnya mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, yang penting untuk kesehatan kulit dan fungsi kekebalan tubuh¹¹, ¹², dan membantu tubuh Anda menyerap zat besi.

Buah beri memiliki nilai indeks glikemik yang relatif rendah, sehingga menurunkan resiko terjadinya lonjakan besar dalam gula darah¹³.

Jambu Biji – Jambu biji mengandung beragam kombinasi nutrisi seperti vitamin C dan E polifenol karotenoid isoflavonoid folat yang ideal untuk membantu mengendurkan otot, membantu pencernaan, dan mengurangi sembelit pada ibu hamil.

Sayur-Sayuran Yang bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Bayam – Sayur bayam merupakan salah satu sayuran berdaun hijau ini termasuk sayuran yang mengandung vitamin K paling banyak dibandingkan dengan sayuran berdaun hijau lainnya. Selain itu, bayam juga dikenal sebagai salah satu sumber vitamin A, vitamin C, asam folat, magnesium, zat besi, serta vitamin B12 yang penting bagi kehamilan.

Brokoli – Sebagai salah satu sayuran yang kaya akan serat, rendah kalori dan sumber vitamin K dan C, sumber folat, dan antioksidan, sayuran brokoli sangat baik dan dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan Sang Buah Hati.

Kubis – Sayuran kubis kaya akan asam folat untuk menjaga kesehatan DNA janin, juga tinggi serat yang membantu menjaga tekanan darah stabil, mengurangi risiko terkena diabetes, serta dapat membantu mencegah atau mengobati sembelit saat hamil¹⁴. Selain itu, kubis juga rendah kalori sehingga membantu menjaga berat badan selama kehamilan.

Sayuran berdaun hijau , terutama bayam, brokoli dan kubis) selain yang telah disebutkan diatas, sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil karena penting untuk mencegah risiko berat badan lahir rendah.

Legum (lentil, kacang polong, kacang kedelai, kacang tanah) – Kelompok makanan ini termasuk kacang polong, kacang polong, buncis, buncis, kacang kedelai dan kacang tanah, merupakan sumber nabati yang sangat baik dari serat, protein, zat besi, folat (B9), kalium, magnesium, zat besi dan kalsium. Legum atau kelompok kacang polong-polongan mengandung folat dalam jumlah sangat tinggi.

Satu cangkir lentil, buncis atau kacang hitam dapat menyediakan dari 65-90% dari AKG¹⁵. Folat adalah salah satu vitamin B (B9) yuang sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin, terutama selama trimester pertama¹⁶. Studi ilmiah membuktikan bahwa ibu hamil yang tidak mengkonsumsi cukup folat selama masa kehamilannya selain akan mengalami peningkatan risiko cacat tabung saraf dan berat lahir rendah, juga akan menyebabkan sang anak menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit di kemudian hari.

Bahan Smoothie Lainnya Yang Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Madu – Mengkonsumsi madu selama hamil akan sangat membantu Ibu meningkatkan daya tahan tubuh, karena madu dapat menghilangkan rasa mual akibat morning sickness flu, dan juga rasa panas dalam perut yang sering menyerang selama masa kehamilan.

Selain itu, madu juga memiliki berbagai vitamin, mineral, asam amino, dan enzim yang baik sebagai antioksidan.

Gandum Utuh – Biji-bijian gandum utuh mengandung banyak vitamin B, serat, dan magnesium.

Mengkonsumsi biji-bijian utuh dapat membantu wanita hamil memenuhi kebutuhan kalori mereka yang meningkat, terutama selama trimester kedua dan ketiga¹⁷,¹⁸.

Produk Olahan Susu – Produk olahan susu sangat cocok untuk dikonsumsi selama masa kehamilan karena membantu memenuhi peningkatan kebutuhan protein dan kalsium ibu hamil. Selama masa kehamilannya, Ibu perlu mengkonsumsi protein dan kalsium ekstra untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang tumbuh.

Produk olahan susu mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi: kasein dan whey. Susu adalah sumber kalsium makanan terbaik, dan menyediakan fosfor dalam jumlah tinggi, berbagai vitamin B, magnesium, dan seng.

Yogurt, terutama yogurt Yunani, sangat bermanfaat bagi wanita hamil karena mengandung selain lebih banyak kalsium daripada kebanyakan produk susu lainnya, juga mengandung bakteri probiotik, yang mendukung kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi sumber probiotik selama kehamilan dapat mengurangi risiko komplikasi seperti preeklampsia, diabetes gestasional, infeksi vagina, dan alergi.

Produk Olahan Buah Kering Tinggi Vitamin C – Konsumsi produk olahan buah dan sayuran yang tinggi vitamin C pada pertengahan kehamilan berkaitan erat dengan peningkatan pertumbuhan janin dan pertumbuhan bayi hingga usia 6 bulan.

Mengonsumsi produk olahan makanan (buah dan sayuran kering) yang tinggi vitamin C juga dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.

Resep Smoothie Sehat Dan Lezat Untuk Ibu Hamil

Sekarang kita tahu bahan-bahan apa yang akan menguntungkan Anda dan Sang Buah Hati. Mari gunakan untuk menciptakan dengan resep smoothie lezat dan sehat khusus untuk ibu hamil.

Susu Kedelai Pilihan
Harga online terendah: 20 Sep, 2021

Happy Melon Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 sdt madu asli
• 1/2 cangkir susu rendah lemak
• 3 lembar daun seledri (cuci bersih sebelum diproses)
• 1 cangkir daging buah Melon (potong dadu dan sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 cangkir strawberry (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 3 Sdm Kacang mete (cacah kasar dan sudah disangrai selama 2 menit terlebih dahulu sebelum mulai diproses)
• ½ cangkir es batu (pilihan)
• ½ cangkir Greek Yoghurt
Cara Membuat
1. Masukan bahan-bahan kecuali kacang mete dan madu ke dalam blender.
2. Proses selama 30 detik.
3. Masukkan 2 sdm kacang mete ke dalam blender lalu proses selama 15 detik. Tuang ke dalam gelas saji dan masukkan madu. Aduk rata selama 5 detik dan taburkan sisa kacang mete sebagai topping.
4. Sajikan dan selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Smiley Strawberry Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• ½ cangkir susu kedelai
• 2 sdm Kacang kedelai
• 1 sdt madu
• 1/2 cangkir strawberry (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 cm Jahe (kupas dan cuci bersih sebelum diproses)
• 1 buah Pisang (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 3 sdm greek Yogurt
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
2. Proses selama 1 menit lalu tuang ke dalam gelas saji.
3. Sajikan dan enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Joyful Pinecumber Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 cangkir daging buah Nanas (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah Timun
• 1 sdm Madu
• 1 Lemon (peras, ambil airnya saja)
• 1/2 cangkir air kelapa hijau asli
• 1 sdm biji chia
• 2 sdm greek yogurt
Cara Membuat
1. Masukkan bahan-bahan kecuali biji chia ke dalam blender.
2. Proses selama 1 menit.
3. Tuang ke dalam gelas saji lalu masukkan biji chia. Aduk rata selama 5 detik dan sajikan.
4. Happy smoothie time!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Awesome Berry-Almond Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 2 sdm Kacang Almond
• ½ cangkir susu almond
• 1 buah alpukat (kupas dan buang bijinya).
• 1 buah pisang (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1/2 cangkir blueberry atau blackberry (pilihan sesuai selera, sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1/2 buah mangga (kupas, buang biji, dan sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 3 sdm greek yogurt
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
2. Proses selama 45 detik lalu tuang ke dalam gelas saji.
3. Sajikan dan enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Starfruit Blast Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 cangkir daun Bayam hijau
• 1 buah alpukat (kupas kulit dan buang biji) (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 cangkir Air kelapa asli
• ½ buah Belimbing (buang biji) (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• ¼ cangkir Kacang tanah
• 1 buah Jeruk (kupas kulit, buang biji, potong dadu)
• 2 buah Apel malang atau apel merah ukuran kecil (pilihan sesuai selera, sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah Peach (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
Cara Membuat
1. Masukkan -bahan-bahan, kecuali jeruk, ke dalam blender.
2. Proses selama 45 detik lalu tuang ke dalam gelas saji.
3. Taburkan potongan jeruk sebagai topping.
4. Sajikan dan enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Marvelous Carrot Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 2 buah Kiwi (kupas kulit, buang biji, potong dadu) (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah Mentimun (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• ½ cangkir daun kubis
• 5 lembar daun Mint
• 2 buah Wortel ukuran sedang (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• ½ cangkir Nanas (kupas kulit, buang biji, potong dadu) (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah Mangga (kupas kulit, buang biji, potong dadu) (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 cangkir greek yogurt
Cara Membuat
1. Masukkan -bahan-bahan, kecuali daun mint, ke dalam blender.
2. Proses selama 45 detik lalu tuang ke dalam gelas saji.
3. Masukkan daun mint sebagai topping.
4. Sajikan dan enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Mixed-Berries Nutty Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• ¼ cangkir buah Blackberri (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 2 sdm kacang Walnut (cacah kasar)
• 3 lembar daun Mint
• 1 buah Aprikot (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 cangkir daun Bayam hijau atau merah (pilihan sesuai selera)
• 2 cm Jahe (kupas kulit dan cuci bersih sebelum diproses)
• ½ cangkir Muesli
• ¼ cangkir Blueberri (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• ¼ cangkir Strawberri (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah Wortel ukuran sedang (kupas kulit dan cuci bersih sebelum diproses) (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 2 sdm kacang Hazelnut (cacah kasar)
• 1 cangkir air kelapa muda asli atau santan kelapa kental (pilihan sesuai selera)
Cara Membuat
1. Masukkan bahan-bahan kecuali kacang hazelnut dan daun mint ke dalam blender.
2. Proses selama 1 menit.
3. Tuang ke dalam gelas saji lalu masukkan kacang hazelnut. Aduk rata selama 5 detik dan masukkan daun mint sebagai topping.
4. Sajikan dan Happy smoothie time!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Minuman Dan Makanan Sehat – Alami Lainnya Yang Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Anda dan Sang Buah Hati Anda tidak bisa hidup hanya dengan smoothie saja! So, mari kita bicara tentang beberapa makanan dan minuman sehat dan alami lainnya yang bermanfaat bagi Anda dan bayi Anda.

Minuman Sehat-Alami yang Bermanfaat Bagi Wanita Hamil

Biasanya di awal kehamilan, terjadi penurunan selera makan, yang disebabkan oleh meningkatnya hormon b-hcg dan progesteron yang sangat mempengaruhi pencernaan ibu hamil dan sering mual. Namun, demi pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat dan sempurna, ibu hamil perlu mengkonsumsi minuman yang memiliki khasiat spesial.

Berikut beberapa minuman sehat-alami dan aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan:

  • Air Putih – Air putih bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, menghilangkan racun dari dalam tubuh, membantu proses penyerapan nutrisi makanan, sebagai asupan cairan untuk tubuh.
  • Air Kelapa Hijau – Air kelapa hijau asli memiliki tinggi kandungan elektrolit yang sangat berguna untuk menghindari dehidrasi, memulihkan stamina dan membantu meningkatkan kecepatan proses pencernaan pada ibu hamil. Air kelapa hijau juga dipercaya dapat membuat air ketuban jernih, dan kulit halus dan cerah pada bayi.
  • Air LemonMinum segelas air lemon setiap harinya akan membantu ibu hamil terhidrasi setiap saat terlebih karena kandungan Vitamin C nya yang cukup tinggi yang efektif mengatasi masalah morning sickness. Vitamin C dalam air lemon juga membantu penyerapan kandungan zat besi lebih efektif.
  • Susu – Mengkonsumsi susu 3 gelas sehari, khususnya susu kehamilan yang kandungannya diperkaya dengan vitamin, DHA, kalsium, asam folat, zat besi, dan zat lain , selama masa kehamilan sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan tumbuh kembang janin. Kandungan susu bagus untuk menguatkan rahim dan janin mendapat asupan oksigen yang cukup.
  • Jus – Jus buah-buahan yang tepat juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, misalkan jus jeruk. Jus dapat menyumbang sebagian nutrisi bagi kesehatan dan pertumbuhan janin. Sangat disarankan untuk membuat sendiri di rumah agar lebih higienis dan terhindar dari bakteri e-coli.

Makanan Sehat-Alami yang Bermanfaat Bagi Wanita Hamil

Pada masa kehamilan trimester dua dan trimester tiga, ibu hamil butuh asupan tambahan hingga 300 sampai 500 kalori sehari. Salah makan atau kekurangan nutrisi selama hamil nantinya akan berdampak pada perkembangan bayi.

Lalu, apa saja makanan sehat-alami untuk ibu hamil yang terutama baik untuk perkembangan janin?

Menurut jurnal penelitian American Pregnancy Association, berbagai nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, di antaranya protein, kalsium, zat besi, asam folat, dan vitamin C yang harus dipenuhi ibu hamil untuk mendukung kesehatan dirinya dan pertumbuhan janin.

  • Telur – Telur merupakan sumber kolin yang sangat baik. Kolin sangat penting untuk banyak proses dalam tubuh Anda, termasuk perkembangan dan kesehatan otak¹⁹. Satu buah telur utuh mengandung sekitar 113 mg kolin, yang merupakan sekitar 25% dari RDI untuk wanita hamil (450 mg)²⁰.
    • Ubi Jalar – Ubi jalar adalah sumber beta-karoten dan senyawa tumbuhan yang sangat baik, yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A. Vitamin A penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel dalam pertumbuhan janin yang sehat²¹.

Ibu hamil sangat disarankan untuk menambah asupan vitamin A mereka sebesar 10%-40%²². Selain itu, ubi jalar juga mengandung serat, yang dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi lonjakan gula darah dan meningkatkan kesehatan dan proses pencernaan²³, ²⁴.

  • Daging Hewan Tanpa Lemak – Daging sapi dan daging ayam merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi²⁵. Selain itu, kedua daging ini juga kaya akan zat besi, kolin dan vitamin B lainnya – yang semuanya dibutuhkan dalam jumlah yang lebih tinggi selama kehamilan.

Zat besi merupakan mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah, dimana sel darah merah berperan penting untuk mengantarkan oksigen ke semua sel dalam tubuh.

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi, karena volume darah mereka juga meningkat selama kehamilan, terlebih di trimester ketiga.
Kadar zat besi yang rendah selama awal dan pertengahan kehamilan dapat menyebabkan anemia defisiensi besi, yang menggandakan risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah²⁶.

Namun ingat ya ibu-ibu, daging menjadi makanan sehat untuk ibu hamil kalau sudah dimasak sampai benar-benar matang dan dengan cara yang higienis. Sebaiknya, hindari daging asap karena cenderung tinggi kandungan garamnya sehingga tidak termasuk makanan sehat untuk ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil memilih daging yang segar tanpa lemak dan diolah sendiri di rumah.

    • Buah Durian – Dalam kaitannya dengan kehamilan, buah durian bermanfaat untuk meredakan anemia dan meningkatkan kehamilan yang sehat²⁷.  Anemia adalah kondisi medis yang mengurangi tingkat hemoglobin pada darah. Kekurangan hemoglobin dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, insomnia dan lain-lain.

      Pada wanita hamil, anemia dapat menyebabkan kelainan dan kematian janin. Durian mengandung asam folat atau asam folat dalam jumlah tinggi yang penting dalam produksi hemoglobin.

Selain itu, rendahnya kandungan zat besi dalam durian membantu produksi hemoglobin mengurangi kondisi anemia (Kevat, 2013). Selain itu, kehadiran folat dalam durian penting bagi wanita hamil karena meningkatkan pertumbuhan jaringan secara teratur serta melindungi otak dan tulang belakang dalam perkembangan bayi (Manfaat kesehatan durian, 2015).

Bahan-Bahan Lain Yang Bermanfaat Bagi Wanita Hamil

  • Bawang Putih– Bawang putih dikenal sebagai tambahan sehat dalam diet kehamilan. Berikut ini beberapa manfaat makan dalam jumlah sedang bawang putih saat hamil:
    • Menurunkan Tingkat Kolesterol dan Risiko Masalah Jantung – Konsumsi bawang putih selama kehamilan dapat menurunkan kemungkinan masalah komplikasi jantung. Selain itu, Bawang putih dalam bentuk yang dihancurkan atau dicincang memiliki senyawa allicin yang akan membantu menyeimbangkan kadar kolesterol.
    • Membantu Mencegah Kanker – Mengkonsumsi bawang putih saat hamil juga dapat membantu mencegah terjadinya kanker, terutama kanker usus besar.
    • Menurunkan Risiko Infeksi – Mengonsumsi makanan dengan bawang putih di dalamnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan berbagai penyakit seperti infeksi dan pilek atau flu, dan menjaga bayi tetap sehat.
    • Membantu Mengatasi Masalah Kulit – Sifat anti-mikroba bawang putih menjadikannya obat yang ideal untuk infeksi kulit atau bahkan infeksi pada mulut.
    • Membantu Mencegah Rambut Rontok – Bawang putih kaya akan allicin, senyawa yang didasarkan pada sulfur yang telah terbukti mencegah rambut rontok dan mendorong pertumbuhan rambut baru.
    • Menurunkan Kelelahan – Bawang putih juga diketahui dapat menurunkan tingkat kelelahan pada wanita hamil²⁸. Kelelahan dan kelelahan adalah masalah umum selama kehamilan tetapi ini bisa diatasi dengan makan bawang putih. Makan bawang putih bahkan dapat meredakan rasa pusing dan muntah selama kehamilan.

Tetapi ingat ya ibu-ibu, JANGAN MAKAN TERLALU banyak bawang putih. BANYAKnya bawang putih yang direkomendasikan bagi Ibu hamil adalah sekitar dua sampai empat siung saja bawang putih segar setiap harinya. Sebaiknya pula konsultasi dahulu dengan dokter kandungan Anda!

Cara Lain Untuk Memastikan Kehamilan Dan Bayi Yang Sehat

  • Makan Banyak Karbohidrat – Kecuali jika Anda memiliki diabetes gestasional, karbohidrat harus mencapai 50% hingga 60% dari kalori kehamilan Anda setiap hari. Karbohidrat memberi Anda energi yang sangat dibutuhkan, dan melewati plasenta Anda dengan mudah untuk memberi makan bayi Anda.
  • Minum Banyak Air – Air minum sangat penting karena volume darah Anda meningkat hingga 1,5 liter atau sekitar 50 ons selama kehamilan²⁹, ³⁰³¹. Hidrasi yang adekuat juga dapat membantu mencegah sembelit dan infeksi saluran kemih.
    • Olah Raga – Makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu pada masa kehamilan akan memiliki dampak besar pada perkembangan bayi. Namun selain harus memperbaiki nutrisi, olahraga ringan adalah cara yang juga disarankan untuk memastikan para ibu hamil mendapatkan masa kehamilan dan bayi yang sehat. Ahli kandungan di International Fertility Centre, New Delhi, Dr Rita Bakshi, ia mengungkapkan, olahraga selama masa kehamilan sangat diperlukan agar proses kelahiran lancar.

Shruti Saxena, seorang konselor laktasi, mengungkapkan bahwa senam hamil dapat mempertahankan kebugaran, mengurangi risiko kegemukan, dan paling penting pelepasan hormon endorfin yang membantu ibu tetap tenang dan bahagiaSebuah studi ilmiah menemukan bahwa bayi dari ibu yang makan junk food saat hamil lebih cenderung kecanduan asupan tinggi lemak, tinggi gula³².

Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Hamil

    • Kafein – Kafein adalah zat psikoaktif yang paling umum digunakan di dunia dan terutama ditemukan dalam kopi, teh, minuman ringan dan coklat. Wanita hamil umumnya disarankan untuk sangat membatasi konsumsi kafein hingga kurang dari 200 mg per hari, atau sekitar 2/3 cangkir kopi!

Kafein diserap dengan sangat cepat dan masuk dengan mudah ke dalam plasenta dan janin. Karena bayi yang belum lahir dan plasenta mereka tidak memiliki enzim utama yang diperlukan untuk proses metabolisme kafein. Asupan kafein yang tinggi selama kehamilan telah terbukti membatasi pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko berat lahir rendah saat melahirkan³³.

Berat badan lahir rendah – didefinisikan kurang dari 5 lbs, 8 oz (atau 2,5 kg) – dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian bayi dan risiko lebih tinggi penyakit kronis di masa dewasa, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung³⁴, ³⁵.

  • Alkohol – Wanita hamil disarankan untuk tidak minum alkohol. Minum alkohol dapat meningkatkan risiko keguguran, lahir mati dan sindrom alkohol janin.
  • Ikan Bermerkuri Tinggi – Wanita hamil tidak boleh makan ikan merkuri tinggi lebih dari 1-2 kali setiap bulan. Ini termasuk hiu, ikan todak, tuna, dan mackerel³⁶, ³⁷. Dalam jumlah yang lebih tinggi, merkuri dapat menjadi racun bagi sistem saraf, sistem kekebalan tubuh dan ginjal Anda. Ini juga dapat menyebabkan masalah perkembangan serius pada anak-anak³⁸.
    • Ikan Mentah ataupun Ikan Di Bawah Permukaan Air Laut – Ikan mentah dan kerang-kerangan dapat terkontaminasi oleh bakteri dan parasit. Beberapa di antaranya dapat menyebabkan efek kesehatan yang merugikan dan membahayakan ibu dan bayi yang belum lahir. Ikan mentah, terutama kerang, dapat menyebabkan beberapa infeksi. Ini dapat berupa virus, bakteri atau parasit, seperti norovirus, Vibrio, Salmonella dan Listeria³⁹, .⁴⁰, ⁴¹.

Wanita hamil memiliki kemungkinan hingga 20 kali lebih besar untuk terinfeksi oleh Listeria daripada populasi umum⁴².  Listeria dapat ditularkan kepada bayi yang belum lahir melalui plasenta, bahkan jika ibu tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit. Hal ini dapat menyebabkan persalinan prematur, keguguran, lahir mati, dan masalah kesehatan serius lainnya⁴³. Oleh karena itu wanita hamil disarankan untuk menghindari ikan mentah dan kerang. Ini termasuk banyak hidangan sushi, ya! ^-^

Kesimpulan Dan Saran Akhir

Hanya karena sedang hamil, bukan berarti Anda harus makan dengan porsi yang lebih besar dibanding sebelumnya. Yang perlu Anda perhatikan bukanlah jumlah asupan per harinya, namun kandungan nutrisi di setiap menu makanan yang dikonsumsi.

Seorang ibu hamil membutuhkan gizi yang cukup yang dibutuhkan oleh tubuhnya sendiri dan sang calon bayi. Makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu pada masa kehamilan akan memiliki dampak besar pada perkembangan bayi.

Cara paling mudah dan sederhana adalah menyiasatinya dengan olahan smoothie yang sehat dan bergizi. Selain harus memperbaiki nutrisi, memelihara kebugaran saat hamil juga diperlukan untuk menjaga janin tetap sehat. Olahraga ringan dan senam hamil adalah cara yang paling mudah.

Pertanyaan-Pertanyaan Terkait

Bisakah Makan Bawang Saat Hamil?

Bawang, mentah atau dimasak, dapat menawarkan berbagai manfaat kesehatan bagi wanita hamil. Namun, disarankan ibu hamil makan secukupnya saja. Adapun manfaat makan bawang selama masa kehamilan antara lain :

  1. Membantu Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh –
    Bawang adalah sumber vitamin C yang baik yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh tidak hanya ibu hamil tetapi juga untuk Sang Buah Hati yang ada dalam kandungan.
  2. Membantu Mencegah Kanker –
    Bawang kaya dengan senyawa sulfur organik yang dapat melawan pertumbuhan radikal bebas yang bertanggung jawab untuk menyebabkan beberapa jenis kanker terutama kolorektal dan lambung.

Kapan Ibu Hamil Boleh Berolahraga?

Tidak semua olahraga bisa dilakukan ibu hamil. Anda harus benar-benar memilih olahraga yang aman untuk Anda maupun janin di dalam kandungan. Aman-tidaknya berolahraga saat sedang hamil tentunya akan berbeda pada setiap orang.

Dr Phaidon L. Toruan, MM, pakar fitness lifestyle yang belum lama menerbitkan buku Fat Loss not Weight Loss, menjelaskan sebaiknya olahraga dilakukan setelah trimester pertama atau setelah usia kehamilan 12 minggu atau tiga bulan. Pada saat itu janin sudah cukup kuat, sehingga aman bagi calon ibu untuk beraktivitas fisik.

Dr Phaidon juga mengatakan bahwa kondisi calon ibulah yang akan sangat mempengaruhi. Bila Anda memiliki fisik yang kuat, olahraga ringan bisa saja dilakukan pada usia kehamilan muda. Namun bila Anda memiliki riwayat kandungan yang lemah, setidaknya periksakan diri dulu ke dokter untuk memastikan kondisi fisik Anda maupun kondisi janin di dalam kandungan⁴⁴.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan?

Menurut Data Pangan Kemenkes RI, buah rambutan memiliki banyak nutrisi sehingga baik untuk memenuhi asupan gizi ibu hamil. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah rambutan, meliputi serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, zinc, dan vitamin C.

Apabila ingin makan buah rambutan saat hamil, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah :

Pilih buah yang rambut-rambutnya tegas, segar, tidak melingkar, dan berwarna merah tua;
kulit rambutan harus berwarna merah cerah;
buah rambutannya tidak terlalu matang; dan daging buahnya tidak layu ataupun lembek.

7 in 1 (Talenan-Pisau-Pengupas-Gunting) Dapur Set
Harga online terendah: 20 Sep, 2021

Referensi, Sumber, Kutipan, dan Para Ahli Diwawancarai

¹ Diet During Pregnancy: Healthy Eating While Pregnant. (2013, June 3). Retrieved from https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/diet-during-pregnancy/.

² Celiac Disease and Depression | BeyondCeliac.org. (n.d.). Retrieved from https://www.beyondceliac.org/celiac-disease/related-conditions/depression/.

³ Journal of Strength and Conditioning Research. 25(1):61-65, JANUARY 2011 DOI: 10.1519/JSC.0b013e3181fef85c,  PMID: 21183832 Issn Print: 1064-8011 Publication Date: January 2011

⁴ Bolduc, F. V., Lau, A., Rosenfelt, C. S., Langer, S., Wang, N., Smithson, L., … Mandhane, P. J. (2016). Fruit Intake During Pregnancy: Results from a Birth Cohort Study with Validation in an Animal Model. THE LANCET, 8, 331–340. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.ebiom.2016.04.025.

⁵ Robertson, PhD, . (2017, September 9). What Are the Benefits of Monounsaturated Fats? Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/monounsaturated-fats.

 Fekete, K., Berti, C., Trovato, M. et al. Effect of folate intake on health outcomes in pregnancy: a systematic review and meta-analysis on birth weight, placental weight and length of gestation. Nutr J 11, 75 (2012) Retrieved from
https://doi.org/10.1186/1475-2891-11-75

 Dreher, M. L., & Davenport, A. J. (2013). Hass avocado composition and potential health effects. Critical reviews in food science and nutrition53(7), 738–750. Retrieved from
https://doi.org/10.1080/10408398.2011.556759

 Babaei, A. H., & Foghaha, M. H. (2014). A randomized comparison of vitamin B6 and dimenhydrinate in the treatment of nausea and vomiting in early pregnancy. Iranian journal of nursing and midwifery research, 19(2), 199–202. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4020031/

 Willers, S. M., Devereux, G., Craig, L. C., McNeill, G., Wijga, A. H., Abou El-Magd, W., … Seaton, A. (2007). Maternal food consumption during pregnancy and asthma, respiratory and atopic symptoms in 5-year-old children. Thorax62(9), 773–779. doi:10.1136/thx.2006.074187 Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2117307/

¹⁰ Aphanizomenon Flos-Aquae – Manfaat, Dosis, & Efek Samping | HonestDocs. (2020, January 2). Retrieved from https://www.honestdocs.id/aphanizomenon-flos-aquae

¹¹ Wintergerst E, S, Maggini S, Hornig D, H: Immune-Enhancing Role of Vitamin C and Zinc and Effect on Clinical Conditions. Ann Nutr Metab 2006;50:85-94. doi: 10.1159/000090495 Retrieved from
https://doi.org/10.1159/000090495

¹² Johnston, C., Barkyoumb, G., & Schumacher, S. (2014). Vitamin C Supplementation Slightly Improves Physical Activity Levels and Reduces Cold Incidence in Men with Marginal Vitamin C Status: A Randomized Controlled Trial. Nutrients6(7), 2572–2583. doi:10.3390/nu6072572. Retrieved from
https://doi.org/10.3390/nu6072572

¹³ Rowles, RD, . (2017, April 10). 12 Simple Tips to Prevent Blood Sugar Spikes. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/blood-sugar-spikes

¹⁴ Constipation in pregnancy: prevalence, symptoms, and risk factors. Bradley CS, Kennedy CM, Turcea AM, Rao SS, Nygaard IE. Obstet Gynecol. 2007 Dec;110(6):1351-7. PMID: 18055731. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18055731

¹⁵ Wallace, T. C., Murray, R., & Zelman, K. M. (2016). The Nutritional Value and Health Benefits of Chickpeas and Hummus. Nutrients8(12), 766. doi:10.3390/nu8120766. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5188421/

¹⁶ Watanabe, H., Fukuoka, H., Sugiyama, T. et al. Dietary folate intake during pregnancy and birth weight in Japan. Eur J Nutr 47, 341–347 (2008) doi:10.1007/s00394-008-0733-8. Retrieved from
https://doi.org/10.1007/s00394-008-0733-8

¹⁷ Corinna Koebnick, Ulrike A. Heins, Ingrid Hoffmann, Pieter C. Dagnelie, Claus Leitzmann, Folate Status during Pregnancy in Women Is Improved by Long-term High Vegetable Intake Compared with the Average Western Diet, The Journal of Nutrition, Volume 131, Issue 3, March 2001, Pages 733–739. Retrieved from
https://doi.org/10.1093/jn/131.3.733

¹⁸ Enaruna N O, Ande A, Okpere E E. Clinical significance of low serum magnesium in pregnant women attending the University of Benin Teaching Hospital. Niger J Clin Pract [serial online] 2013 [cited 2020 Jan 5];16:448-53. Available from: http://www.njcponline.com/text.asp?2013/16/4/448/116887

¹⁹ Steven H Zeisel, Kerry-Ann da Costa, Choline: an essential nutrient for public health, Nutrition Reviews, Volume 67, Issue 11, 1 November 2009, Pages 615–623, https://doi.org/10.1111/j.1753-4887.2009.00246.x

²⁰ Gossell-Williams, M., Fletcher, H., McFarlane-Anderson, N., Jacob, A., Patel, J., & Zeisel, S. (2005). Dietary intake of choline and plasma choline concentrations in pregnant women in Jamaica. The West Indian medical journal54(6), 355–359. doi:10.1590/s0043-31442005000600002. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2438604/

²¹ Ross A.C., Gardner E.M. (1994) The Function of Vitamin A in Cellular Growth and Differentiation, and Its Roles during Pregnancy and Lactation. In: Allen L., King J., Lönnerdal B. (eds) Nutrient Regulation during Pregnancy, Lactation, and Infant Growth. Advances in Experimental Medicine and Biology, vol 352. Springer, Boston, MA. Retrieved from
https://link.springer.com/chapter/10.1007%2F978-1-4899-2575-6_15

²² Strobel, M., Tinz, J. & Biesalski, H. The importance of β-carotene as a source of vitamin A with special regard to pregnant and breastfeeding women. Eur J Nutr 46, 1–20 (2007) doi:10.1007/s00394-007-1001-z. Retrieved from
https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs00394-007-1001-z

²³ Slavin J. (2013). Fiber and prebiotics: mechanisms and health benefits. Nutrients5(4), 1417–1435. doi:10.3390/nu5041417. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3705355/

²⁴ Position of the American Dietetic Association: Health Implications of Dietary Fiber
Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, Volume 108, Issue 10, 1716 – 1731. Retrieved from
https://jandonline.org/article/S0002-8223(08)01566-6/fulltext

²⁵ Gunnars, BSc, K. (2018, April 21). 20 Delicious High-Protein Foods to Eat. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/20-delicious-high-protein-foods

²⁶ Theresa O. Scholl, Thomas Reilly, Anemia, Iron and Pregnancy Outcome, The Journal of Nutrition, Volume 130, Issue 2, February 2000, Pages 443S–447S, https://doi.org/10.1093/jn/130.2.443S

²⁷ FoodData Central Search Results – Durian, raw or frozen. (2019, April 1). Retrieved from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/168192/nutrients

²⁸ P, R. (2018, January 11). All About Tiredness and Fatigue in Pregnancy. Retrieved from https://parenting.firstcry.com/articles/tiredness-and-fatigue-during-pregnancy-normal-or-not/

²⁹ Hytten F. Blood volume changes in normal pregnancy. Clin Haematol. 1985
Oct;14(3):601-12. PubMed PMID: 4075604. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/4075604

³⁰ Anti M, Pignataro G, Armuzzi A, Valenti A, Iascone E, Marmo R, Lamazza A,
Pretaroli AR, Pace V, Leo P, Castelli A, Gasbarrini G. Water supplementation
enhances the effect of high-fiber diet on stool frequency and laxative
consumption in adult patients with functional constipation.
Hepatogastroenterology. 1998 May-Jun;45(21):727-32. PubMed PMID: 9684123. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9684123

³¹ Lee M, Bozzo P, Einarson A, Koren G. Urinary tract infections in pregnancy.
Can Fam Physician. 2008 Jun;54(6):853-4. PubMed PMID: 18556490; PubMed Central
PMCID: PMC2426978. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18556490/

³² Gugusheff JR, Ong ZY, Muhlhausler BS. A maternal “junk-food” diet reduces
sensitivity to the opioid antagonist naloxone in offspring postweaning. FASEB J. 2013 Mar;27(3):1275-84. doi: 10.1096/fj.12-217653. Epub 2012 Dec 11. PubMed PMID:
23233534. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23233534

³³ Chen LW, Wu Y, Neelakantan N, Chong MF, Pan A, van Dam RM. Maternal caffeine
intake during pregnancy is associated with risk of low birth weight: a systematic
review and dose-response meta-analysis. BMC Med. 2014 Sep 19;12:174. doi:
10.1186/s12916-014-0174-6. PubMed PMID: 25238871; PubMed Central PMCID:
PMC4198801. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25238871/

³⁴ McMillen IC, Robinson JS. Developmental origins of the metabolic syndrome:
prediction, plasticity, and programming. Physiol Rev. 2005 Apr;85(2):571-633.
Review. PubMed PMID: 15788706. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15788706/

³⁵ Lawn JE, Cousens S, Zupan J; Lancet Neonatal Survival Steering Team. 4 million
neonatal deaths: when? Where? Why? Lancet. 2005 Mar 5-11;365(9462):891-900.
PubMed PMID: 15752534. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15752534/

³⁶ Sagiv SK, Thurston SW, Bellinger DC, Amarasiriwardena C, Korrick SA. Prenatal
exposure to mercury and fish consumption during pregnancy and
attention-deficit/hyperactivity disorder-related behavior in children. Arch
Pediatr Adolesc Med. 2012 Dec;166(12):1123-31. doi:
10.1001/archpediatrics.2012.1286. PubMed PMID: 23044994; PubMed Central PMCID:
PMC3991460. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23044994/

³⁷ Hood E. (2005). Moms and Mercury: Fine-Tuning Fish Consumption During Pregnancy. Environmental Health Perspectives113(10), A688. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1281313/

³⁸ Mahaffey K. R. (2005). Mercury exposure: medical and public health issues. Transactions of the American Clinical and Climatological Association116, 127–154. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1473138/

³⁹ Butt AA, Aldridge KE, Sanders CV. Infections related to the ingestion of
seafood. Part II: parasitic infections and food safety. Lancet Infect Dis. 2004
May;4(5):294-300. Review. Erratum in: Lancet Infect Dis. 2005 Feb;5(2):81. PubMed
PMID: 15120346. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15120346

⁴⁰ Butt AA, Aldridge KE, Sanders CV. Infections related to the ingestion of
seafood Part I: Viral and bacterial infections. Lancet Infect Dis. 2004
Apr;4(4):201-12. Review. PubMed PMID: 15050937. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15050937

⁴¹ Taylor, M., & Galanis, E. (2010). Food safety during pregnancy. Canadian family physician Medecin de famille canadien56(8), 750–751. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2920771/

⁴² Southwick FS, Purich DL. Intracellular pathogenesis of listeriosis. N Engl J
Med. 1996 Mar 21;334(12):770-6. Review. PubMed PMID: 8592552. Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8592552/

⁴³ CDC. (2013, June). CDC VitalSigns – Recipe for Food Safety infographics. Retrieved from https://www.cdc.gov/vitalsigns/listeria/index.html

⁴⁴ D. (Ed.). (2010, January 13). Kapan Ibu Hamil Boleh Berolahraga? Retrieved from Kompas.com (2010, January 13). Kapan Ibu Hamil Boleh Berolahraga? Retrieved from https://lifestyle.kompas.com/read/2010/01/13/10182878/Kapan.Ibu.Hamil.Boleh.Berolahraga.

Yohana

Menetap di Jakarta-Indonesia, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, Yohana menyukai kegiatan bepergian, menulis, menghabiskan waktu bersama keluarga, juga memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Menciptakan dan membangun website 'smoothiedokter.com' impian dan tujuan Yohana adalah berbagi informasi yang paling tidak bias dan informatif tentang diet, gaya hidup sehat, dan kekuatan penyembuhan dari semua makanan alami- dan tentu saja tentang Smoothie. kepada teman-teman, sanak keluarga dan kerabat serta banyak orang Indonesia.

Share Lha!