Share Lha!

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), Infertilitas atau gangguan kesuburan adalah sebuah permasalahan sistem reproduksi berupa kegagalan untuk memperoleh kehamilan setelah 12 bulan atau lebih melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Menurut Dr. Suresh Nair, konsultan obstetrik dan ginekologi Mount Elizabeth Medical Centre, hanya 35% kasus ketidaksuburan yang berasal dari kaum perempuan, sementara
40% ketidaksuburan pasangan berasal dari pihak pria. Jadi, infertilitas juga menjadi masalah kaum pria¹.

Jenis ketidaksuburan pada pria :

  1. Sperma kurang (oligozoospermia)
  2. Tidak punya sperma (azoospermia)
  3. Bentuk sperma abnormal
  4. Pembesaran pembuluh darah dalam skrotum (varicocele)

Untuk mengetahui penyebab infertil pada pria, perlu dilakukan pemeriksaan kesuburan pada pria dan wawancara tentang riwayat penyakit secara umum ataupun obat-obatan yang dikonsumsi.

Jaga Pola Makan dan Nutrisi untuk Meningkatkan kesehatan sperma dan kesuburan pria. Apa yang anda makan setiap hari akan mempengaruhi kualitas sperma selama 3 bulan mendatang dimana setiap 3 bulan sekali berlangsung proses spermatogenesis².

Adapun indikator kesehatan sperma meliputi jumlah sperma, morfologi sperma, mortalitas sperma, dan volume sperma.

Bukan hanya wanita yang perlu dijaga kualitas kesuburannya, pria juga sangat perlu untuk memakan makanan sehat bernutrisi untuk menghasilkan kualitas sperma yang baik. Nutrisi yang secara khusus diperlukan untuk meningkatkan bagi kesuburan pria adalah :

Zinc/ Zat Besi – Zink atau zat besi pada pria mendorong tingkat sperma, memperbaiki bentuk, fungsi dan kualitas dari sperma dan membantu melindunginya dari bakteri dan kerusakan kromosom.

Makanan yang kaya akan zat besi adalah daging, seperti tenderloin sapi, domba, tiram, udang, daging rusa, biji wijen, biji labu mentah, dan kacang hijau.

Asam Folat

Asam folat dapat ditemukan dalam makanan sayuran berdaun hijau (seperti collard hijau, bayam, selada, sawi, dan asparagus), buah-buahan terutama jeruk, kacang-kacangan (seperti kacang lentil, kacang pinto, kacang garbanzo, kacang hitam, kacang navy, dan kacang merah), hati dan biji-bijian.

Folat adalah nutrisi vitamin B yang penting dalam hal pembelahan sel dan sintesis DNA sperma. Suatu studi ilmiah membuktikan bahwa kadar folat yang rendah dalam sperma mengakibatkan stabilitas DNA sperma yang buruk. Jadi setiap pria yang memiliki tingkat asam folat rendah akan mengalami risiko tinggi bahwa kandungan kromosom spermanya terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Jika sel telur (ovum) difertilisasikan dengan salah satu sperma ini akan menyebabkan cacat lahir seperti keterbelakangan mental pada bayi, atau tingkat yang tinggi akan keguguran kehamilan.

Vitamin E – Vitamin E merupakan antioksidan yang penting untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan pergerakan sperma.
Makanan yang kaya akan vitamin E antara lain biji bunga matahari, almod, zaitun, bayam, papaya, dan sayuran berwarna hijau gelap.

Vitamin B12 – Kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan penurunan jumlah dan pergerakan sperma.
Makanan yang kaya akan B12 antara lain kerang, tiram, kacang polong, hati, kaviar (telur ikan), ikan, kepiting, lobster, daging sapi, domba, keju, dan telur.

Vitamin C – Vitamin C melimpah pada pepaya, paprika, brokoli, kecambah, stroberi, jeruk, kiwi, blewah, k embang kol, kangkung, paprika terutama paprika merah, brokoli, cranberry, kubis, kentang, tomat, dan buah jeruk.
Makanan yang kaya akan vitamin C haruslah dimakan mentah karena sangat sensitive pada pemasakan dan pemprosesan.

Vitamin C berfungsi melindungi sperma dari kerusakan oksidativ, meningkatkan kualitas sperma dan melindungi sperma dari kerusakan DNA, juga menjaga sperma agar tidak menggumpal sehingga dapat bergerak lebih leluasa.

L-Carnitine – Makanan yang kaya akan L-carnitine adalah kacang- kacangan, biji-bijian dan beberapa sayuran seperti artichoke, asparagus, bit hijau, brokoli, kecambah, collard hijau, bawang putih, sawi, okra, dan peterseli.

L-Carnitine adalah nutrisi Asam amino yang dibutuhkan oleh sel sperma untuk metabolisme energi sehingga dapat bergerak dan berfungsi secara normal, terutama pada pria dengan kualitas sperma yang rendah.

Selenium – Selenium juga berfungsi untuk pembentukan sperma.
Makanan Kacang Brazil, hati, kakap,ikan cod, halibut, tuna, salmon, sarden, udang, dan Kalkun.

CoQ10 – Makanan yang kaya akan CoQ10 adalah daging sapi, ikan yang diasinkan, rainbow trout, salmon, daging organ, kacang, pistachio, biji wijen, brokoli mentah, stroberi dan jeruk, telur.

CoQ10 adalah antioksidan yang membantu meningkatkan kesehatan sperma, melindungi sel sperma dan DNA dari kerusakan radikal yang terjadi seiring dengan pertambahan usia.

Antioksidan – Antioksidan membantu melindungi kesehatan sel sperma dan DNA sel dari bahaya radikal bebas.

Omega 3 – Makanan yang kaya akan omega-3 antara lain adalah makanan laut, terutama salmon, mackerel, tuna, herring, dan sarden, minyak nabati, minyak kanola, juga kacang-kacangan dan biji-bijian (seperti biji chia, biji rami.

Omega 3 bermanfaat agar sperma lebih kuat berenang. Bersama dengan vitamin D, omega 3 mendorong peningkatan kualitas sperma.

Bagaimana Smoothies Dapat Membantu Meningkatkan Kesuburan Pria?

Dalam menjaga kesuburan, konsumsi beragam nutrisi seperti Vitamin B6 dan Zink atau Seng sangatlah penting. Dengan mengkonsumsi smoothie sekali dalam sehari, anda akan mampu mendapatkan suplai yang melimpah dari antioksidan, vitamin, dan mineral dengan cara yang mudah untuk dimakan dan bentuk yang mudah dicerna.

Smoothie dapat meningkatkan kesuburan pria saat menggunakan buah-buahan, ataupun sayuran dan beberapa bahan khusus lainnya (Kita akan membahasnya nanti) yang mengandung beragam nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan fungsi hormon tubuh, khususnya hormon reproduksi.

Apa saja Bahan-bahan Membuat Smoothie Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Pria?

Bahan-bahan tertentu telah dibuktikan dalam penelitian-penelitian ilmiah dapat meningkatkan kesuburan pria. Mari kita bahas sekarang.

Buah-Buahan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Pria

Mangga – Buah mangga kaya akan anti-oksidan, karotenoid, vitamin C, B6, dan E, potasium, magnesium dan asam folat yang berguna untuk meningkatkan kesuburan.

Pepaya – Kandungan anti-oksidan di dalam buah pepaya bermanfaat untuk melindungi sel sperma.

Jambu – Buah ini kaya akan vitamin C dan anti-oksidan, juga asam folat, vitamin B3, vitamin B6, vitamin A, dan magnesium. Semua zat tersebut berguna untuk meningkatkan kesuburan.

Alpukat – Buah kaya akan asam folat yang sangat baik bagi kesuburan. Alpukat juga mengandung banyak serat dan rendah kolesterol sehingga baik untuk keseimbangan hormon.

Kiwi – Kiwi mengandung banyak vitamin C yang dapat melindungi sel DNA sperma dari oksidasi. Kiwi juga mengandung magnesium, vitamin E, mangan, serat, dan potasium yang bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Pisang – Pisang mengandung vitamin B6 yang berfungsi mengatur keseimbangan hormon. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan menyebabkan pertumbuhan sperma terganggu.

Sayuran Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Pria

Taoge – Taoge adalah sumber asam lemak omega-3 yang merupakan anti-inflamasi alami. Tauge juga kaya akan kalium, kandungan Vitamin E (khususnya vitamin E-alfa), vitamin C, vitamin A, serta asam amino dan protein yang sangat berperan melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas dalam tubuh.

Kembang Kol – Mengandung tinggi asam lemak omega-3 yang selain membantu mempertajam sistem kekebalan tubuh, juga untuk kesehatan saraf. Kembang kol juga berfungsi untuk meningkatkan dorongan seksual.

Lobak – Sayur lobak memiliki sejumlah mineral yang baik untuk membantu mempertajam sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan dorongan seksual.

Brokoli – Mengandung banyak vitamin baik sehingga berfungsi selain untuk membantu mempertajam sistem kekebalan tubuh, juga penting dalam meningkatkan dorongan seksual.

Bayam – Bayam sangat kaya akan kandungan zat besi dan folat.

Asparagus – Kaya akan folat.

Tomat – Tomat kaya akan Lycopene yang sangat membantu dalam meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan kecepatan bergeraknya.

Brussels Sprout – Memiliki kandungan tinggi asam lemak Omega-3 dan asam folat yang membantu meningkatkan kelangsungan hidup sperma.

Bahan Khusus Lainnya Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Pria

Ginseng – Ginseng efektif dalam mengatasi disfungsi ereksi, karena pada Ginseng terdapat Ginsenoside yaitu bahan aktif yang merangsang produksi oksida nitrat, yang erat kaitannya dengan fungsi penis dan sperma.

Royal Jelly – Berguna meningkatkan kadar testosteron dan kualitas sperma.

Bee Pollen – Berguna dalam meningkatkan kualitas sperma dan kadar testosteron.

Minyak Ikan – Membantu meningkatkan mobilitas sperma.

Beberapa Ide Resep Smoothie Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Berikut adalah beberapa ide smoothie yang lezat dan kaya nutrisi yang akan membantu meningkatkan kesuburan pria.

Royal Jelly (Liquid)
Harga online terendah: 19 Sep, 2021

Grennie Berries Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 cangkir daun bayam – cuci daun bayam terlebih dahulu sebelum digunakan.
• 1 cangkir air kelapa muda atau santan (pilihan)
• 1 genggam biji rami atau chia seed
• ¼ buah alpukat ukuran sedang
• 1 cangkir campuran buah ceri, blueberry, dan berry hitam (komposisi sesuai selera)
• ½ cangkir yogurt rendah lemak
• 1 sdt madu alami
• ½ cangkir es batu (pilihan, terutama bila buah-buahan belum dibekukan terlebih dahulu sebelum diproses)
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender. Lalu proses selama 35 detik hingga tekstur cairan kental dan lembut.
Sajikan.
2. Sebaiknya minum smoothies Anda dalam waktu 10 menit setelah disajikan untuk memperoleh keuntungan penuh dari nutrisinya. Karena setelah 15 menit, smoothie akan mulai
teroksidasi dan warnanya berubah kecokelatan dimana smoothie akan kehilangan kekuatan dan kebaikan nutrisinya.
3. Sajikan. Selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Greenie Fertile Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 100 gram seledri
• 2 buah apel malang
• 1 buah kiwi ukuran sedang
• 25 gram tauge
• ½ – 1 cangkir air kelapa muda (pilihan, disesuaikan dg tingkat kekentalan yang diinginkan)
• ½ sdt madu alami
• ¼ cangkir es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender. Lalu proses selama 30 detik hingga tekstur cairan kental dan lembut.
3. Sebaiknya minum smoothies Anda dalam waktu 10 menit setelah disajikan untuk memperoleh keuntungan penuh dari nutrisinya. Karena setelah 15 menit, smoothie akan mulai
teroksidasi dan smoothie akan kehilangan kekuatan dan kebaikan nutrisinya.
2. Selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Full B Loaded Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 buah Pisang ukuran sedang atau besar (pilihan)
• 1 buah mangga (sudah dibekukan semalaman sebelum diblender)
• 1-2 sdm potongan dadu buah mangga segar (sesuai selera)
• 200 gram potongan buah nanas yang sudah dibekukan semalaman sebelum diblender
• 1-2 sdm potongan dadu buah nanas segar (sesuai selera)
• 1 sdm yogurt rendah lemak
• 50 ml air kelapa muda
Cara Membuat
1. Masukkan potongan buah nanas dan mangga yang sudah dibekukan semalaman, air kelapa muda, yogurt dan buah pisang ke dalam blender.
2. Lalu proses selama 35 detik hingga tekstur cairan kental dan lembut.
3. Tambahkan potongan dadu buah mangga dan nanas di atasnya (sebagai topping).
4. Sebaiknya minum smoothies Anda dalam waktu 10 menit setelah disajikan untuk memperoleh keuntungan penuh dari nutrisinya, karena setelah 15 menit, smoothie akan mulai
teroksidasi dan warnanya berubah kecokelatan dimana smoothie akan kehilangan kekuatan dan kebaikan nutrisinya.
5. Sajikan. Selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Raspbanple Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 2 buah apel
• 2 cangkir buah raspberry (sudah dibekukan semalaman sebelum diblender)
• 2 buah bananas
• ½ cangkir coconut water
• ¼ cangkir es batu (optional if fruit is not frozen)
• 1 sdt madu murni alami
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender. Lalu proses selama 30 detik hingga tekstur cairan kental dan lembut.
2. Sebaiknya minum smoothies Anda dalam waktu 10 menit setelah disajikan untuk memperoleh keuntungan penuh dari nutrisinya. Karena setelah 15 menit, smoothie akan mulai
teroksidasi dan smoothie akan kehilangan kekuatan dan kebaikan nutrisinya.
3. Selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Banyak hal yang mempengaruhi kesuburan, salah satunya adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Suatu penelitian ilmiah yang dilakukan oleh American Society for Reproductive Medicine di San Diego menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat dan mengkonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi (Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat karbohidrat yang dimakan kemudian diubah menjadi gula darah dalam tubuh) memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi karbohidrat yang sedikit³.

Dari hasil penelitian tersebut juga membuktikan bahwa mengkonsumsi produk susu setidaknya 3 porsi dalam satu hari akan mengakibatkan penurunan kualitas sperma sebanyak 25%.

Namun, bukan berarti para pria tak boleh mengkonsumsi karbohidrat dan susu ya. Untuk mengurangi konsumsi jenis karbohidrat sederhana seperti gula dan berbagai makanan manis lainnya, lebih baik mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti kentang, roti gandum, dan sereal.

Sedangkan untuk susu, hindari produk olahan susu. Produk olahan susu konvensional mengandung hormon estrogen yang dapat memberikan dampak negatif pada tingkat hormonal pria. Silahkan mencoba susu kedelai atau susu yang berbahan nabati lainnya.

Cara Lain Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Selain dengan mengkonsumsi smoothie secara rutin sekali dalam sehari, mengkonsumsi makanan yang dapat membantu menjaga kesuburan serta menghindari konsumsi makanan dan minuman tidak sehat, juga diperlukan perubahan sikap dan gaya hidup. Hindari hal-hal yg menurunkan kesuburan sperma, seperti :

  • Kurangilah stres – Menurut dr. Steven Goldstein dari New York University School of Medicine, stres akan mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh yang kemudian membuat terjadinya kehamilan lebih sulit.
  • Menghindari konsumsi alkohol
  • Tidak menjadi perokok aktif maupun pasif
  • Konsisten mengontrol berat badan yang ideal – Hindari makanan instan (junk food) yang umumnya sangat rendah kadar gizi & nutrisinya, namun mengandung tinggi kolesterol jahat. Dalam suatu penelitian ilmiah yang telah dipublikasikan dalam Journal of Endocrinology and Metabolism menyebutkan bahwa kolesterol tinggi pada pria berkaitan erat dengan waktu yang lebih lama untuk bisa membuahi sel telur isteri.
  • Tidur dan istirahat yang cukup – Pria yang tidur kurang dari enam jam sehari ternyata memiliki kemungkinan 31 persen lebih sulit untuk menghamili pasangannya dibanding pria yang tidur 7-8 jam sehari.
    tidur bisa memiliki peran karena mempengaruhi pelepasan hormon pendorong produksi sperma, testosteron.
  • Olahraga yang cukup dan teratur
  • Menghindari pekerjaan yang terpapar bahan-bahan kimia
  • Mengurangi sering mandi air panas – Satu studi menemukan bahwa mandi dengan air dingin bisa meningkatkan produksi sperma lima kali lebih banyak.
  • Hentikan kebiasaan bermain gadget hingga larut malam – Menurut suatu penelitian ilmiah yang dipublikasikan dalam Journal Fertility and Sterility, kebiasaan bermain gadget saat malam hari akan membuat Anda mendapat paparan sinar biru terus-menerus yang akan menekan produksi melatonin (yang adalah “hormon tidur”) yang yang diproduksi di saluran reproduksi. Hal ini akan membuat sperma mudah terpapar radikal bebas.
  • Hindari celana dalam yang ketat karena dapat membatasi testis untuk mempertahankan dan mengatur suhu. Jadi sebaiknya gunakan boxer.
  • Jangan simpan ponsel di saku celana & jangan meletakkan komputer atau laptop di pangkuan, terutama saat terkoneksi dengan Wi- Fi – Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa RF- EMW (Radio frequency electromagnetic waves) atau gelombang elektromagnetik frekuensi radio yang dipancarkan dari alat yang terkoneksi dengan Wi- Fi (internet nirkabel) dapat menurunkan motilitas (kemampuan untuk bergerak) sperma.
  • Stop kebiasaan memanaskan makanan dengan wadah plastik di dalam microwave
    Ada dua zat aditif yang digunakan untuk membuat plastik yaitu bisphenol A dan phthalates, biasa dikenal dgn BPA, yang dapat menyebabkan gangguan endokrin, perubahan hormon dan infertilitas.
  • Jaga Keseimbangan Hormon – Kesuburan seorang pria sangat terkait dengan kesehatan hormonnya.
  • Melakukan hubungan seksual teratur tanpa proteksi – Dr. Samuel Woods, kepala The Reproductive Sciences Center, menyatakan bahwa jika sperma telah diproduksi dalam tubuh tetapi tak kunjung dikeluarkan lewat ejakulasi, kualitasnya akan menurun.
  • Konsumsi secara rutin telur (sebaiknya telur ayam kampung) – Telur mengandung tinggi protein dan vitamin E, juga kaya akan selenium. Kandungan nutrisi tersebut akan membantu produksi sperma yang kuat dan sehat, melindungi dan menjaga kualitas sel sperma terutama dari radikal bebas sehingga meningkatkan peluang terjadinya pembuahan sperma pada ovum.

Pertimbangan Dan Pemikiran Akhir

Dalam upaya meningkatkan kualitas kesuburan seorang pria, menghasilkan sperma yang sehat adalah salah satu cara positif. Sperma yang sehat dan subur dapat ditingkatkan melalui pemilihan asupan makanan dan minuman yang tepat.

Makanan penyubur sperma harus dikonsumsi berdampingan dengan menjaga pola makan yang baik, memiliki gaya hidup sehat seperti olahraga dan menjauhi gaya hidup tertentu, disiplin mempertahankan berat badan ideal dan menghindari stres.

Dengan mengkonsumsi smoothie secara rutin sekali dalam sehari, anda akan mampu mendapatkan suplai yang melimpah dari antioksidan, vitamin, dan mineral dengan cara yang mudah dan lezat.

Referensi, Sumber, Kutipan, dan Para Ahli Diwawancarai

¹ Agarwal A, Mulgund A, Hamada A, Chyatte MR. A unique view on male infertility around the globe. Reprod Biol Endocrinol. 2015;13:37. Published 2015 Apr 26. doi:10.1186/s12958-015-0032-1. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4424520/

² Gilbert SF. Developmental Biology. 6th edition. Sunderland (MA): Sinauer Associates; 2000. Spermatogenesis. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK10095/

³ Carb Intake, Sperm Count Association Explored – Medscape – Oct 24, 2012. Available from: https://www.medscape.com/viewarticle/773202#vp_1

Lynch CD, Sundaram R, Maisog JM, Sweeney AM, Buck Louis GM. Preconception stress increases the risk of infertility: results from a couple-based prospective cohort study–the LIFE study. Hum Reprod. 2014;29(5):1067–1075. doi:10.1093/humrep/deu032. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3984126/

Enrique F. Schisterman, Sunni L. Mumford, Richard W. Browne, Dana Boyd Barr, Zhen Chen, Germaine M. Buck Louis, Lipid Concentrations and Couple Fecundity: The LIFE Study, The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, Volume 99, Issue 8, 1 August 2014, Pages 2786–2794, https://doi.org/10.1210/jc.2013-3936

Sleep and male fecundity in a north American preconception cohort study
Wise, L.A. et al.
Fertility and Sterility, Volume 106, Issue 3, e79. Available from: https://www.fertstert.org/article/S0015-0282(16)61644-8/abstract

 S, S., PE, T., TJ, W., M, ., & PJ, T. (2007). Wet heat exposure: a potentially reversible cause of low semen quality in infertile men. Available from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17335598

Kamali, K., Atarod, M., Sarhadi, S., Nikbakht, J., Emami, M., Maghsoudi, R., … Ameli, M. (2017). Effects of Electromagnetic Waves Emitted from 3G+Wi-Fi Modems on Human Semen Analysis. Urologia Journal, 84(4), 209–214. Available from:  https://doi.org/10.5301/uj.5000269

Yohana

Menetap di Jakarta-Indonesia, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, Yohana menyukai kegiatan bepergian, menulis, menghabiskan waktu bersama keluarga, juga memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Menciptakan dan membangun website 'smoothiedokter.com' impian dan tujuan Yohana adalah berbagi informasi yang paling tidak bias dan informatif tentang diet, gaya hidup sehat, dan kekuatan penyembuhan dari semua makanan alami- dan tentu saja tentang Smoothie. kepada teman-teman, sanak keluarga dan kerabat serta banyak orang Indonesia.

Share Lha!