Share Lha!

Banyak bahan dalam smoothie memiliki kekuatan penyembuhan alami, dan dalam artikel ini saya akan membahas bahan-bahan yang dapat membantu membersihkan paru-paru si perokok.

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang umum ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Pria, wanita, tua, muda, miskin, kaya, tidak luput dari kecanduan rokok.

Kebiasaan ini tentu akan merusak paru-paru, sebagai organ dalam tubuh yang pertama kali terdampak kerusakannya. Saya juga punya beberapa resep smoothie yang terbukti ampuh dan enak buat kamu.

Tidak mudah untuk menghilangkan ketergantungan nikotin dari kebiasaan buruk merokok. Bagi orang yang merokok, paru-paru bisa berubah menjadi hitam dengan pengendapan tar dan nikotin.

Untuk mengurangi dampak tersebut, diperlukan sesuatu bermanfaat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya kalium, juga beberapa bahan lain termasuk jenis herbal yang kaya akan kandungan zat anti inflamasi akan dapat membantu membersihkan juga mengurangi efek negatif tar dan nikotin dari paru-paru para perokok.

Pada dasarnya smoothie adalah minuman berbahan dasar buah-buahan dan sayur-sayuran yang biasa ditambahkan campuran yogurt, susu dan bahan lain seperti sehingga membuat minuman ini lebih kaya akan gizi dan nutrisi; Seratnya pun lebih banyak karena tidak ada ampas bahan yang dibuang sehingga didapatkan manfaat yang penuh atas kandungan gizi, vitamin, mineral, dan nutrisinya.

Jadi , smoothies yang dibuat dari campuran buah-buahan, sayuran dan herbal yang mengandung banyak kalium, zat anti oksidan dan anti inflamasi akan dapat membantu membersihkan paru-paru, termasuk dari efek negatif tar dan nikotin.

Bahan-Bahan Smoothie Untuk Membantu Membersihkan Kembali Paru-Paru, Khususnya Bagi Si Perokok

Sekarang inilah daftar cepat beberapa bahan berbeda yang dapat Anda gunakan dan eksperimenkan dengan smoothie Anda. Banyak dari bahan-bahan bermanfaat ini ada dalam resep saya, yang tercantum di bawah ini. Ikuti terus ya.

Buah-Buahan Yang Membantu Membersihkan Paru-paru

Apel – Buah apel rendah kalori namun kaya dengan nutrisi, energi dan serat tinggi. Apel juga mengandung flavonoid, antioksidan dan vitamin yang beragam, khususnya vitamin C, yang membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang kuat dan sistem pernapasan yang sehat. Ketika fungsi pernapasan sehat, kita dapat mencegah dan melawan penyakit paru-paru.

Sebuah apel sehari bisa menjauhkan asma. Menurut sebuah artikel ulasan penelitian di Nutrition Journal, apel dikaitkan dengan risiko asma yang lebih rendah dan peningkatan fungsi paru-paru¹.

Pisang – Dalam beberapa penelitian terbaru ditemukan terapi herbal yang dapat mengurangi efek negatif dari nikotin, yaitu buah pisang, buah berkulit kuning, yang mengandung zat-zat yang berguna untuk tubuh, seperti kalium, magnesium, potasium, vitamin B6 dan B12.

Pisang baik untuk paru-paru karena selain tinggi kalium untuk membersihkan paru-paru, pisang juga kaya akan magnesium dan potasium yang bekerja memaksimalkan fungsi otot paru-paru sehingga udara keluar-masuk dapat dengan lancar.

Nanas – Di dalam nanas terdapat kandungan enzim blomerain yang mampu menangkal nikotin. Selain itu, minum smoothies nanas dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan infeksi di paru-paru. Terlebih lagi, rasa manis khas buah ini bisa membuat perokok berhenti merokok. Jadi sangat disarankan bagi perokok untuk mengkonsumsi buah ini setiap hari.

Jeruk Bali – Selain rasanya yang manis dan segar, berdasarkan penelitian dr. Corrine hanson, jeruk bali juga sangat kaya vitamin C yang mempunyai kemampuan tinggi untuk menghalangi kerja enzim yang berpotensi mengaktifkan sel kanker paru-paru.

Lemon – Rasa dan aroma acidic yang kuat dari lemon efektif menyembunyikan pahitnya sayuran ataupun herbal, dan membuat Anda melupakan kalau itu sebenarnya sayuran juga herbal mentah.

Delima – Delima merupakan buah sumber vitamin A, C, dan E, serta asam folat. Buah delima mengandung antioksidan tingkat tinggi yang disebut flavonoid yang mana tiga kali lebih banyak daripada green tea. Flavonoid pada buah delima ini memiliki sifat anti-oksidan, anti-virus, dan anti-tumor sehingga diketahui efektif menangkal berbagai radikal bebas penyebab kanker.

Alpukat – Buah alpukat diperkaya dengan antioksidan, zat besi, serat dan vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan paru-paru juga mampu membantu menurunkan risiko infeksi paru-paru. Selain itu, Buah alpukat mengandung asam folat yang tinggi, dimana asam folat sangat bermanfaat untuk mencegah resiko kanker paru-paru.

Kelompok Buah Beri – Kelompok buah beri seperti stroberi, bluberi, raspberi, dan blackberry memiliki kandungan antioksidan, flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang melimpah sehingga mampu mengeluarkan zat karsinogen dari paru-paru, mencegah kanker dan juga meringankan infeksi paru-paru.

Sayuran Yang Bermanfaat Membantu Membersihkan Kembali Paru-Paru, Khususnya Bagi Si Perokok

Wortel – Dengan mengkonsumsi wortel sekali sehari, kita bisa mengalirkan beta karoten dan alkali dalam tubuh untuk mendetoksifikasi racun yang ada dalam paru-paru.

Sebuah penelitian baru-baru ini yang melibatkan lebih dari 2.700 orang menyarankan bahwa makan buah dan sayuran yang kaya karotenoid seperti beta karoten memiliki efek perlindungan terhadap kanker paru-paru².

Ketimun – Antioksidan yang merupakan molekul yang menghambat oksidasi, reaksi kimia yang membentuk atom yang sangat reaktif dengan elektron tidak berpasangan yang dikenal sebagai radikal bebas.

Akumulasi radikal bebas berbahaya ini dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis. Faktanya, stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas telah dikaitkan dengan kanker dan penyakit jantung, paru-paru dan autoimun³.

Brokoli – Brokoli merupakan salah satu sayuran kucifer yang selain rendah kalori, dan kaya akan folat, serat, vitamin C, E, K, dan B5 yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi terutama bagi para perokok. Sayuran ini terbukti mampu mengurangi kadar nikotin dalam tubuh, dan memulihkan kembali kebutuhan vitamin C yang hilang karena kebiasaan merokok.

Brokoli Sayuran hijau membantu mencegah infeksi dengan membantu sistem kekebalan tubuh menghilangkan bakteri dan kotoran dari paru-paru.

Kale Atau Kubis – Mengandung banyak kalium untuk membersihkan paru-paru.

Kedelai – Kedelai kaya akan kandungan flavonoid yang dapat bertindak sebagai anti-radang dan  melindungi paru-paru dari tembakau pemicu timbulnya kanker.

Seledri – Seledri kaya akan sodium organik yang berfungsi membantu membuang karbondioksida dari dalam tubuh. Seledri juga bermanfaat dalam mengatasi peradangan yang mungkin terjadi di paru-paru.

Tomat – Sayur tomat mengandung banyak vitamin A dan C serta antioksidan jenis Lycopene yang bekerja secara efektif meningkatkan kesehatan paru-paru dan mengurangi resiko terkena penyakit paru-paru.

Bayam – Mengkonsumsi sayur bayam secara teratur akan menurunkan risiko kanker paru-paru karena bayam sangat kaya akan kandungan vitamin B yang membantu melindungi kesehatan paru-paru.

Bahan-Bahan Herbal Yang Membantu Membersihkan Kembali Paru-paru, Khususnya Bagi Si Perokok

Bernafas lebih mudah dengan makanan alami dan herbal yang tinggi sifat anti-inflamasi yang akan melindungi dan memperkuat paru-paru dari polusi berbahaya termasuk yang berasal dari rokok.

Peppermint – Peppermint mampu membersihkan paru-paru karena selain sangat kaya akan menthol yang berguna untuk merilekskan otot saluran pernapasan, kandungan zat di dalamnya dapat mengeliminasi polutan dari udara yang dihirup.

Studi ilmiah di Iran yang tercantum dalam Jurnal International Society of Sports Nutrition menyebutkan bahwa peserta yang minum air yang dibubuhi minyak esensial peppermint mengalami peningkatan performa tingkat pernapasan, hal tersebut dimungkinkan karena peppermint bekerja melemaskan otot-otot bronkial mereka.

Bawang Merah – Bawang merah merupakan salah satu tanaman herbal yang sangat efisien mencegah berbagai macam penyakit pada pernapasan, karena terbukti bekerja membersihkan lendir dan racun di jalan pernapasan.

Bawang Putih – Bawang putih memiliki sifat antioksidan juga anti inflamasi berkat kandungan quercetin dan senyawa ‘allicin’ yang tinggi di dalamnya, bawang putih membantu melindungi dari infeksi paru-paru juga membantu mencegah kanker paru-paru.

Bawang putih dikatakan memiliki sifat penyembuhan yang tak terhitung jumlahnya. Hasil suatu studi pada tahun 2016  menunjukkan bahwa bawang putih secara efektif menghambat pertumbuhan virus bronkitis infeksiosa. Temuan ini menunjukkan bawang putih dapat digunakan sebagai obat alami untuk bronkitis.

Kunyit – Apakah kunyit membersihkan paru-paru? Ya, tentu saja. Kunyit (Curcuma longa) kaya akan kurkumin. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kurkumin di dalam kunyit bersifat anti inflamasi dan anti oksidan yang kuat selain dapat membantu melawan oksidatif dan mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh sekaligus melindungi organ dari kerusakan lebih lanjut, juga menghalangi peradangan hingga ke tingkat molekuler termasuk pada saluran pernafasan yang seringkali membuat sulit bernafas dan menyebabkan dada terasa berat dan sesak.

Karena telah terbukti sangat ampuh mengurangi peradangan saluran napas itulah maka tidaklah heran kalau curcuma longa sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional Asia. Beberapa penelitian terpercaya dikatakan sedang aktif melakukan studi ilmiah tentang kemungkinan menggunakan curcumin dalam pengobatan kanker di mana curcumin dapat dengan baik dan aman ditoleransi oleh tubuh bahkan pada dosis tinggi.

Jahe – Jahe baik untuk paru-paru karena ramuan alami jahe mampu mendetoksifikasi tubuh termasuk paru-paru dari semua racun berbahaya.
Beberapa peneliti telah menemukan bukti bahwa jahe dapat memiliki efek anti inflamasi terhadap infeksi pernapasan. Anda bisa mengonsumsi jahe dengan beberapa cara¹⁰.

Honey – Para peneliti di UCLA menyarankan untuk mengambil 2 sendok teh madu sebelum tidur. Dipercayai bahwa manisnya madu memicu kelenjar ludah Anda untuk menghasilkan lebih banyak air liur.

Ini bisa melumasi saluran udara Anda, meredakan batuk. Madu juga dapat mengurangi peradangan di saluran bronkial (saluran udara di dalam paru-paru) dan membantu memecah lendir yang membuat Anda sulit bernapas¹¹.

Teh Hijau (Green Tea) – Teh hijau kaya akan zat anti oksidan yang bekerja efektif melepas racun dalam tubuh, termasuk nikotin. Selain itu, Antioksidan dalam teh hijau memiliki zat yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dalam paru-paru.

Sebuah penelitian, dari sumber terpercaya, yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum¹².

Resep Smoothie Untuk Membersihkan Paru-Paru

Sekarang mari kita telusuri apa dan bagaimana bahan-bahan tersebut dapat menghasilkan smoothies yang akan membantu membersihkan kembali paru-paru, khususnya bagi si perokok.

Smoothie Sehat Paru-Paru

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 3 daun kangkung
• 3 batang seledri
• 1 potong jahe
• 1 buah apel (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1/2 buah lemon, buang biji
• 1 cangkir santan kental , boleh diganti dengan susu skim rendah lemak (pilihan sesuai selera)
• ½ cangkir es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Campur semua bahan ke dalam blender
2. Proses selama 25 detik
3. Nikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Smoothie Apel-Pepaya

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• ½ buah pepaya ukuran sedang (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 2 buah apel (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 2 cm jahe, dikupas dan diiris-iris
• 1 buah jeruk nipis , ambil airnya saja.
• 200 ml yogurt rendah lemak
Cara Membuat
1. Bersihkan semua bahan, lalu masukkan bahan-bahan, kecuali jeruk nipis, ke dalam blender.
2. Proses selama 15 detik lalu peras jeruk nipis dan sajikan segera untuk menghindarkan oksidasi pada serat buah.
3. Selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Smoothie Greenie Pisang-Apel

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 65 ml jus air kelapa murni
• 250 gram kale (buang tangkai)
• 1 buah apel merah sedang, ukuran sekitar 200 gram (buang biji dan cincang kasar),(sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah pisang (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 30 gram mangga potong (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 65 gram mentimun
• 1 batang seledri ukuran kecil, ukuran sekitar 45 gram
• 15 gram kacang walnut / chia seed (pilihan sesuai selera)
• 2 gram daun mint segar
• 125 gram greek yogurt tawar
• 1/2 sdt minyak kelapa
• 2 sdm Madu murni
• 1 sdt virgin coconut oil (pilihan)
• 1-2 cangkir es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
lalu proses hingga tekstur kental.
2. Sajikan segera.
3. Selamat menikmati!
Nilai Gizi
Kalori 525 kcal | Serat 10 gram | Protein 14 gram

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Smoothie Nutrient Lung

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 2 wortel sedang
• 1 apel ukuran sedang (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 3 cangkir kangkung, cincang
• 3 cangkir selada romaine, cincang
• 2 mentimun ukuran sedang, cincang
• 4 ons delima segar
• 5 cm jahe, kupas dan cincang
• 1 sdm madu murni
Cara Membuat
1. Bersihkan semua bahan, lalu masukkan wortel, apel, kangkung, selada, delima dan mentimun ke dalam blender.
2. Proses selama 20 detik lalu tambahkan madu dan sajikan segera demi menghindari oksidasi pada serat buah.
3. Selamat menikmati!
Nilai Gizi
Kalori 300 kcal | 60% Zat besi | 35% Magnesium

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Smoothie Green Berry Pine

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 sdm madu asli (pilihan)
• 1 cangkir kangkung cincang
• 1 cangkir selada romaine cincang
• 1 cangkir blueberry utuh (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 cangkir stroberi (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 cangkir nanas (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 apel ukuran sedang (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• ½ cangkir air kelapa muda asli
• ½ cangkir yogurt rendah lemak
Cara Membuat
1. Masukkan air kelapa, kangkung, dan selada ke dalam blender.
2. Proses selama 1o-15 detik.
3. Tambahkan yogurt bersama buah-buahan yang sudah dibekukan semalaman (berries, nanas dan apel)
4. Lalu proses blender lagi selama 15-20 detik.
5. Sajikan dan segera minum.
6. Enjoy!
Nilai Gizi
Kalori | 330 kcal

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Humidifier Aroma Therapy Portable-Uap Aromatherapy Oil Difuser
Harga online terendah: 20 Sep, 2021

Cara Lain Untuk Membantu Membersihkan Kembali Paru-Paru, Khususnya Bagi Si Perokok

Sekarang setelah Anda memiliki beberapa resep smoothie nan segar untuk membantu membersihkan paru-paru, mari bahas juga beberapa metode dan langkah-langkah lain yang juga dapat membantu membuka saluran udara dan meningkatkan kapasitas paru-paru, khususnya bagi para perokok.

Yang terbaik untuk membersihkan kembali paru-paru dan mencegah kerusakan paru-paru adalah dengan menghindari merokok, polusi, dan iritasi paru-paru lainnya, disertai dengan kedisiplinan dalam mengkonsumsi makanan alami yang tinggi sifat anti-inflamasi, juga dengan beberapa metode tepat dapat membantu membuka saluran udara, meningkatkan kapasitas paru-paru, mengurangi peradangan sekaligus membantu mengurangi efek polusi dan asap di paru-paru.

Latihan pernapasan dan perubahan gaya hidup dapat dijadikan salah satu alternatif detoksifikasi paru-paru untuk si perokok berat yang akan membantu menghilangkan lendir berlebih dari paru-paru dan meningkatkan pernapasan.

Terapi Uap (Inhalasi Uap) – Melibatkan menghirup uap air hangat untuk membuka jalan napas dan saluran udara dan membantu paru-paru mengeringkan lendir. Uap air yang digunakan juga bisa menambah kehangatan dan kelembaban di ruangan, sehingga pernapasan akan terasa lebih lega. Namun metode ini merupakan solusi sementara saja, ya! ^-^

Menghirup uap minyak kayu putih yang ditambahkan ke dalam air mendidih – Cara yang terlihat sangat sederhana ini ampuh untuk membersihkan paru-paru jika dilakukan secara rutin sekali sehari

Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut :

Rebus 4 gelas air bersih sampai mendidih, lalu tambahkan 5 tetes minyak kayu putih ke dalamnya. Hirup uap air selagi masih panas, lakukan beberapa kali sampai air menjadi dingin.

Menghirup uap air mendidih yang diberi irisan jahe dan peppermint – Hal ini dipercaya mampu membantu membersihkan paru-paru karena jahe dan peppermint dapat membantu paru-paru mengeliminasi polutan dari udara yang dihirup.
Adapun cara membuat racikannya adalah :

Rebus 5 gelas air bersih sampai mendidih, lalu tambahkan 1 cangkir irisan jahe dan 1 cangkir daun peppermint ke dalamnya. Hirup uap air selagi masih panas, lakukan beberapa kali sampai air menjadi dingin.

Mau mencoba cara sederhana ini? Tambahkan share foto untuk menunjukkan bagaimana hasilnya ya!

Sauna – Ketika bersauna, tubuh akan mengeluarkan banyak sekali keringat. Bersamaan dengan keringat yang dikeluarkan tubuh ketika bersauna tersebut, akan keluar juga racun yang ada di dalam tubuh termasuk di paru-paru.

Tahukah Anda bahwa paru-paru adalah organ pembersih diri yang akan mulai sembuh sendiri setelah paparan polutan berhenti, misalnya, ketika seseorang berhenti merokok? Jadi satu cara yang akan sangat efektif dan manjur membantu membersihkan kembali paru-paru adalah berhenti merokok!

Banyak mengkonsumsi air putih – Beberapa penelitian ilmiah membuktikan bahwa banyak mengkonsumsi air putih akan membantu mengurangi kandungan nikotin dalam tubuh. Dan bersamaan dengan berhentinya kebiasaan merokok, secara perlahan nikotin dalam paru-paru terkikis.

Rutin mengkonsumsi air rebusan potongan bawang, parutan jahe, kunyit yang telah dihaluskan dan madu sebanyak dua kali sehari (pada pagi hari sebelum makan dan malam hari setelah makan) dengan dosis cukup 2 sdm setiap kali minum agar cepat menghilangkan racun di paru-paru akibat kebiasaan merokok.

Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan kesehatan paru-paru Anda sebelum benar-benar memulai mencoba pembersihan paru-paru tertentu, ya!

Minum secangkir teh hijau sebelum tidur di malam hari akan mengurangi racun dalam tubuh.

Kebiasaan Makan Yang Sehat

Cara membersihkan paru-paru yang cukup ampuh adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan yang banyak mengandung omega 3 yang efektif mengurangi tingkat produksi lendir pada paru-paru sehingga membuat paru-paru lebih sehat dan mengurangi risiko gejala penyakit paru-paru.

Kamu dapat menemukan omega 3 melalui makanan seafood, seperti kepiting, kerang, tuna, salmon, juga lobster. Ingat, jangan terlalu banyak makan seafood bagi kamu yang menderita kolesterol tinggi, ya! ^-*

Telah Saya bahas tentang beberapa smoothies enak dan mudah dibuat yang dapat membantu mengurangi Kolesterol Tinggi dalam artikel berjudul “Smoothie Untuk Kolesterol Tinggi–Teruji, 7 Resep Mudah Enak”, jadi pastikan untuk membaca artikel ini ya.

Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kalium merupakan cara lain membersihkan paru-paru dimana kalium bekerja sebagai tonik pembersih.

Gaya Hidup Sehat

Hal terpenting dalam membersihkan paru-paru secara alami adalah dengan menjauhi rokok itu sendiri. Sebisa mungkin jauhi juga orang yang sedang merokok. Jika terpaksa berada di ruangan yang ada orang sedang merokok, usahakanlah untuk menggunakan masker.

Pikiran Dan Pertimbangan Terakhir

Pada umumnya setelah paru-paru terpapar polusi, termasuk asap rokok, dada seseorang mungkin terasa penuh, sesak, atau meradang. Lendir berkumpul di paru-paru untuk menangkap mikroba dan patogen, yang berkontribusi terhadap perasaan berat ini.

Sebenarnya membersihkan paru-paru paling ampuh dilakukan melalui usaha untuk menjaganya agar tetap sehat, karena pada dasarnya paru-paru bisa membersihkan dirinya sendiri sehingga yang perlu kita lakukan adalah memastikan bahwa organ ini tetap sehat dan bisa bekerja baik.

Tolong beri tahu saya pemikiran Anda di bagian komentar dan don’t forget to follow, subscribe and share us, ok.

Pertanyaan Terkait

Dapatkah Smoothie Membantu Berhenti Merokok?

Tentu saja bisa! Smoothie dapat membantu berhenti merokok ketika smoothie dibuat menggunakan beberapa dari lima bahan alami berikut ini :

Calamus atau dlingo adalah tanaman herbal yang bagian akarnya dimanfaatkan sebagai obat – Sebagian orang juga menyatakan bahwa mengunyah akar calamus bisa menghilangkan selera untuk menghisap tembakau.

Ginseng – Ginseng dipercaya dapat mencegah pelepasan neurotransmitter dopamin, yaitu hormon yang membuat perasaan senang atau lebih baik, yang dirangsang oleh nikotin.

Lada Hitam – Dalam jurnal Drug and Alcohol Dependence, dikatakan bahwa uap lada hitam yang dicampur dengan minyak esensial bisa mengurangi keinginan merokok dimana lada hitam terbukti mengurangi kepuasan dan kecemasan akibat rokok.

Jeruk Nipis Segar – Sari jeruk nipis bisa digunakan sebagai obat alami untuk untuk berhenti merokok.

St. John’s Wort (Hypericum Perforatum) – Adalah semak bunga asli Eropa yang berwarna kuning, yang mengandung banyak sekali bahan aktif seperti naphthodianthrones, dan flavonoid.

Apakah susu baik untuk paru-paru?

Susu memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk menjadi sumber kalsium dan vitamin yang sangat baik, dan walaupun susu tidak menyebabkan tubuh memproduksi lendir, namun susu menyebabkan dahak mengental! Hasilnya adalah setiap orang harus mempertimbangkan apa dan bagaimana manfaat susu terhadap diri dan tubuhnya.

Bisakah Anda Alergi Terhadap Asap Rokok?

Produk tembakau (terutama rokok) dipenuhi dengan banyak bahan beracun dan bahan kimia yang cenderung mengiritasi.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, ada lebih dari 4.000 bahan kimia yang ditemukan dalam asap tembakau. Secara keseluruhan, 50 adalah kanker. Lebih dari 250 berbahaya dengan cara lain¹³.

Orang yang menderita rinitis alergi (yaitu respons alergi terhadap alergen tertentu) akan lebih sensitif terhadap bahan kimia dalam tembakau rokok ini daripada orang lain¹⁴.

Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa anak-anak lebih mungkin mengembangkan alergi pada masa kanak-kanak jika mereka lahir dari seorang ibu yang merokok selama kehamilan, ataupun  pada periode sebelum dan sesudah kelahiran¹⁵.

Minyak Kayu Putih Cap Ayam
Harga online terendah: 20 Sep, 2021

Referensi, Sumber, Kutipan, dan Para Ahli Diwawancarai

¹ Boyer, J., Liu, R.H. Apple phytochemicals and their health benefits. Nutr J 3, 5 (2004) doi:10.1186/1475-2891-3-5. Available from: https://nutritionj.biomedcentral.com/articles/10.1186/1475-2891-3-5

² Shareck M, Rousseau M-C, Koushik A, Siemiatycki J and Parent M-E (2017) Inverse Association between Dietary Intake of Selected Carotenoids and Vitamin C and Risk of Lung Cancer. Front. Oncol. 7:23. doi: 10.3389/fonc.2017.00023. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28293540

³ Pham-Huy LA, He H, Pham-Huy C. Free radicals, antioxidants in disease and health. Int J Biomed Sci. 2008;4(2):89–96. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3614697/

Johns Hopkins University Bloomberg School of Public Health. (2011, April 14). Experimental treatment for COPD in development. ScienceDaily. Retrieved December 4, 2019 from www.sciencedaily.com/releases/2011/04/110413151625.htm

Meamarbashi A. Instant effects of peppermint essential oil on the physiological parameters and exercise performance. Avicenna J Phytomed. 2014;4(1):72–78. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4103722/

Food, N. (2015, February 26). Raw Garlic Could Help Cure Lung Infection. Retrieved from https://food.ndtv.com/health/raw-garlic-could-help-cure-lung-infection-742334.

Mohajer Shojai, Tabassom & Ghalyanchilangeroudi, Arash & Barin, Abbas & Sadri, Naser. (2016). The effect of Allium sativum (Garlic) extract on infectious bronchitis virus in specific pathogen free embryonic egg. Avicenna journal of phytomedicine. 6. 458-267. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27516987

 Damanik, D. P. (2019). Pengujian Emisi Formaldehida Papan Partikel dari Limbah Daun Teh (Camellia sinensis L.) dan Kayu Meranti (Shorea sp.) Secara In Vivo Terhadap Mencit (Mus musculus). Skripsi Sarjana. Available from: http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/13177

 S.J. Moghaddam, P. Barta, S.G. Mirabolfathinejad, Z. Ammar-Aouchiche, N. Torres Garza, T.T. Vo, Robert A. Newman, Bharat B. Aggarwal, Christopher M. Evans, Michael J. Tuvim, Reuben Lotan, Burton F. Dickey, Curcumin inhibits COPD-like airway inflammation and lung cancer progression in mice, Carcinogenesis, Volume 30, Issue 11, November 2009, Pages 1949–1956. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19793800

¹⁰ Podlogar, Julia & Verspohl, Eugen. (2011). Antiinflammatory Effects of Ginger and Some of its Components in Human Bronchial Epithelial (BEAS-2B) Cells. Phytotherapy research : PTR. 26. 333-6. 10.1002/ptr.3558.  Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21698672

¹¹ Cough | UCLA Health Library, Los Angeles, CA. (n.d.). Available from: http://healthinfo.uclahealth.org/Search/122,cough.

¹² Chang-Mo Oh, In-Hwan Oh, Bong-Keun Choe, Tai-Young Yoon, Joong-Myung Choi, Jihyen Hwang, Consuming Green Tea at Least Twice Each Day Is Associated with Reduced Odds of Chronic Obstructive Lung Disease in Middle-Aged and Older Korean Adults, The Journal of Nutrition, Volume 148, Issue 1, January 2018, Pages 70–76, https://doi.org/10.1093/jn/nxx016

¹³ Tobacco. (2019, June 26). Available from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/tobacco.

¹⁴ Allergic Rhinitis: Symptoms, Treatment, and Home Remedies. (n.d.). Retrieved from https://www.healthline.com/health/allergic-rhinitis.

¹⁵ Yang HJ. Impact of perinatal environmental tobacco smoke on the development of childhood allergic diseases. Korean J Pediatr. 2016;59(8):319–327. doi:10.3345/kjp.2016.59.8.319. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5014911/

Yohana

Menetap di Jakarta-Indonesia, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, Yohana menyukai kegiatan bepergian, menulis, menghabiskan waktu bersama keluarga, juga memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Menciptakan dan membangun website 'smoothiedokter.com' impian dan tujuan Yohana adalah berbagi informasi yang paling tidak bias dan informatif tentang diet, gaya hidup sehat, dan kekuatan penyembuhan dari semua makanan alami- dan tentu saja tentang Smoothie. kepada teman-teman, sanak keluarga dan kerabat serta banyak orang Indonesia.

Share Lha!