Share Lha!

Merasa sangat lelah atau cemas belakangan ini? Cemas itu sendiri adalah suatu bentuk emosi yang ditandai dengan perasaan tidak menyenangkan akibat kekacauan batin.

Merasakan cemas memang hal yang normal dan sering dialami setiap orang, namun ketika kecemasan menjadi terlalu berlebihan dan terjadi secara terus menerus, itu merupakan gangguan kesehatan mental yang bernama anxiety disorder.

Selain merasakan kecemasan berlebih, penderita anxiety disorder biasanya juga memiliki rasa khawatir dan takut yang tidak beralasan.

Apa sajakah gejala kecemasan? Gejala kecemasan bervariasi dari orang ke orang, namun secara umum tubuh bereaksi dengan cara yang sangat spesifik terhadap kecemasan.

Ketika Anda merasa cemas, tubuh Anda terus-menerus siaga tinggi mencari kemungkinan bahaya dan mengaktifkan respons bertarung atau berlari.

Berikut ini adalah beberapa tanda umum terjadinya serangan kecemasan :


  • Gugup, gelisah, atau tegang;
  • Perasaan bahaya, panik, atau takut;
  • Detak jantung yang cepat;
  • Pernapasan cepat atau hiperventilasi;
  • Berkeringat berat;
  • Gemetar atau otot berkedut;
  • Kelemahan dan kelesuan;
  • Kesulitan fokus atau berpikir jernih tentang hal lain selain hal yang dikhawatirkan;
  • Sulit tidur atau insomnia;
  • Masalah pencernaan seperti gas, sembelit, atau diare;
  • Keinginan kuat untuk selalu menghindari hal-hal yang memicu kecemasan Anda;
  • Obsesi tentang ide-ide tertentu (tanda obsesif-kompulsif);
  • Melakukan perilaku tertentu berulang-ulang;
  • Kecemasan seputar peristiwa atau pengalaman hidup tertentu yang telah terjadi di masa lalu, terutama indikasi gangguan stres pasca-trauma (PTSD)¹.

    Bagaimana Smoothie Dapat Membantu Menghadapi Kecemasan?

    Smoothie dapat membantu menghadapi kecemasan saat dibuat menggunakan bahan-bahan yang mengandung nutrisi tertentu yang bekerja efektif mempengaruhi reaksi kimia pada otak dan membantu Anda bangkit menghadapi serangan kecemasan. (kita akan membahasnya nanti).

    Bahan-Bahan Smoothie Yang Membantu Menghadapi Kecemasan

    Bahan-bahan tertentu telah dibuktikan dalam penelitian ilmiah untuk membantu menghadapi kecemasan.

    Mari kita bahas sekarang tentang nutrisi tertentu yang bekerja efektif mempengaruhi reaksi kimia pada otak yang membantu menghadapi serangan kecemasan.

    Kalsium – Kalsium dikenal mampu mereduksi tingkat kortisol atau hormon stres yang kerap dikaitkan dengan kecemasan.

    Dalam sebuah Artikel yang dipublikasikan Nutrition Research and Practice di tahun 2012 lalu menyebutkan bahwa para peneliti Korea menemukan adanya keterkaitan antara pola makan rendah kalsium dan depresi pada wanita usia dewasa menengah.

    Seng – Sebuah studi yang dipublikasikan di The Indian Journal of Pharmacology tahun 2013 lalu menemukan, seng (zinc) terbukti mampu mengurangi kecemasan pada objek tikus jantan.

    Selain itu, sebuah studi kecil yang dilakukan Pfeiffer Treatment Center menemukan bahwa terapi seng berperan penting dalam mengurangi gejala kecemasan.

    Magnesium – Sebuah studi yang dipublikasikan pada 2012 di jurnal Neuropharmacology mengidentifikasi korelasi antara pola makan rendah magnesium dengan tingkat kecemasan yang tinggi pada objek tikus.

    Antioksidan – Sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2016 dalam jurnal Current Neuropharmacology, antioksidan bisa membantu mengobati kecemasan dan depresi.

    Vitamin B12 – Vitamin B berdampak pada kemampuan otak memproduksi kimia, termasuk sel kimia yang meregulasi perasaan. Peran B12 khususnya, menjadi penting karena terlibat dalam menjaga kesehatan saraf, sel darah merah serta pembentukan DNA, sehingga, kekurangan B12 bisa memicu gejala psikiatrik seperti kecemasan dan depresi.

    Vitamin C – Selain mampu meningkatkan imun, vitamin C ternyata juga mampu mengurangi kecemasan. Pada sebuah studi di tahun 2013, sejumlah peneliti dari Jerman membuktikan bahwa makanan kaya vitamin C sebagai makanan yang berperan penting dalam manajemen stres.

    Eksperimen mereka meminta para subjek tes memberikan pidato publik dan menyelesaikan masalah matematika. Setengah dari subjek diberikan 1.000mg vitamin C sebelum mengerjakan tugas.

    Hasilnya mereka yang tidak mendapat vitamin C memberikan sinyal stres seperti peningkatan kortisol dan tekanan darah tinggi.

    Vitamin D – Vitamin D dikenal sebagai “vitamin sinar matahari” karena tubuh Anda dapat membuatnya dengan menggunakan kolesterol dan menyerap sinar matahari alami.

    Suasana hati Anda dapat meningkat dengan paparan sinar matahari hanya 10 menit² . Tubuh Anda juga bisa menyerap vitamin D melalui makanan.

    Triptofan -Merupakan asam amino yang penting untuk mengumpulkan serotonin, sebuah neurokimia yang membentuk rasa bahagia. Menurut hasil penelitian yang dilakukan tahun 2014, ada kemungkinan korelasi antara asupan triptofan dan depresi ringan.

    Para peneliti menemukan, kaum dewasa muda yang mengonsumsi lebih banyak triptofan cenderung lebih sedikit mengalami gejala depresi, dan lebih jarang mengalami kecemasan.

    Probiotik – Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Psychiatry Research tahun 2015, terdapat hubungan potensial antara probiotik dan penurunan tingkat kecemasan sosial. Probiotik adalah makanan yang mengandung mikroorganisme hidup yang berguna bagi kesehatan.

    Makanan kaya probiotik bisa mendukung keseimbangan mikroorganisme dalam usus dan juga dikorelasikan dengan penurunan kecemasan. Alasannya, makanan jenis ini memiliki kemampuan mereduksi tingkat kortisol.

    Lemak omega 3 – Ilmu neural sudah membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi asam lemak omega 3, seperti salmon dan tuna, bisa mereduksi sel kimia otak yang memicu kecemasan. Dalam sebuah artikel yang ditulis di laman Psychology Today, Barry Sears mencatat, omega 3 bisa melawan peradangan sel pada otak karena lonjakan asam arakidonat, sebuah asam lemak omega 6.

    “Ketika otak mengalami peradangan, proteksi satu-satunya adalah tingkat adekuat anti-inflamasi dari asam lemak omega 3.” “Namun, apa yang terjadi jika jumlahnya hanya sedikit pada otak? Jawabannya adalah peningkatan neuroinflamasi dan kekacauan sinyal antar-saraf secara terus menerus,” tulis Sears.

    Asam lemak omega-3 telah dipuji karena manfaatnya bagi kesehatan, termasuk kemungkinan mepmengaruhi suasana hati Anda. Satu studi dari University of Pittsburgh menemukan bahwa orang dengan kadar asam lemak omega-3 yang lebih tinggi cenderung mengalami gejala depresi sedang atau ringan³.

    Asam Folat – Beberapa penelitian tentang efek asam folat pada otak telah membuktikan bahwa tubuh menggunakan asam folat untuk membuat serotonin – neurotransmitter yang mempengaruhi suasana hati.

    Buah-Buahan Yang Membantu Menghadapi Kecemasan

    Alpukat – Buah alpukat sangat kaya akan vitamin B yang mendukung sel-sel saraf dan otak yang sehat. Kekurangan vitamin B dihubungkan sebagai penyebab kecemasan.

    Selain itu, buah alpukat mengandung lemak sehat yang membantu pengaturan komunikasi saraf sehingga Anda berpikir lebih jernih. Beberapa penelitian menunjukkan perasaan depresi dan kecemasan mungkin terkait dengan kekurangan vitamin B.

    Jeruk – Selain mengandung asam folat dalam jumlah besar, buah jeruk sangatlah kaya akan vitamin C yang bekerja memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi hormon kortisol, yaitu hormon yang menyebabkan stress. Suatu studi ilmiah menunjukkan bahwa dosis besar vitamin C dapat mengurangi respon secara fisik dan mental terhadap stress.

    Stroberi – Membantu mencegah pelepasan kortisol, hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal.

    Blueberry – Membantu mencegah pelepasan kortisol, hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Blueberry telah lama dihargai karena fitonutrien anti-inflamasi yang unik.

    Di antara semua fitonutrien fenolik hadir dalam blueberry segar antara 18-34% terdiri dari flavonoid. 

    Raspberry – Membantu mencegah pelepasan kortisol, hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal.

    Ceri – Ceri adalah buah-buahan yang kaya antioksidan berupa flavonoid, isoqueritrin, dan queritrin. Antioksidan pada ceri berkhasiat dalam memperlambat penuaan dini dan stres.

    Pisang – Karbohidrat dari gula alami dan kalium dalam pisang membantu mengisi otak Anda. Magnesium dan triptofan juga terdapat dalam pisang yang efektif meningkatkan kualitas tidur serta mengurangi kecemasan.

    Kiwi – Buah kiwi mengandung tinggi serat dan antioksidan. Buah kiwi juga merupakan sumber vitamin C, vitamin k, vitamin e, folat, dan kalium.

    Tahukah Anda bahwa 100 gr kiwi mengandung 61 kalori?

    Sayur-Sayuran Yang Membantu Menghadapi Kecemasan

    Bayam – Bayam adalah sumber folat, vitamin B yang dapat membantu tubuh memproduksi serotonin dan dopamin.

    Bayam juga kaya akan magnesium, yaitu zat yang berperan penting dalam mengatur dan menurunkan tekanan darah secara alami.

    Ketika Anda mengalami cemas berlebih, tekanan darah Anda akan meningkat. Bayam dapat membantu mengatasinya. Kekurangan magnesium diketahui berhubungan dengan kecemasan.

    Brokoli – Brokoli mengandung kombinasi nutrisi vitamin A, flavonoid, karotenoid lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten, vitamin C, dan vitamin E.

    Kubis – Kubis kaya akan vitamin C, zat lutein  dan zeaxanthin, juga antioksidan yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

    Bahan-Bahan lain Yang Membantu Menghadapi Kecemasan

    Sadarkah Anda bahwa ada solusi alami yang dapat diolah menjadi smoothie enak di dapur Anda? Pikirkan: cuka sari apel, matcha, jahe, dan kunyit. Bahan-bahan tersebut sebenarnya telah lama dikenal manjur untuk mengatasi kelelahan, kecemasan, dan stres.

    Kunyit – Kunyit adalah rempah yang mengandung curcumin, senyawa yang dipelajari untuk perannya dalam meningkatkan kesehatan otak dan mencegah gangguan kecemasan.

    Kunyit mengandung curcumin, senyawa dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi gejala kecemasan . Kunyit juga dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

    Jahe – Jahe mengandung 14 senyawa bioaktif unik dan sifat antioksidan, sehingga tidaklah mengherankan bahwa jahe memiliki beberapa manfaat selain membumbui resep tumis favorit Anda atau meredakan sakit perut.

    Adapun manfaat jahe lainnya ialah peningkatan fungsi otak , dukungan antioksidan , juga pengobatan untuk cemas dan stres . Pastikan Anda tidak overdosis (lebih dari 4 gram) karena dapat mengiritasi perut Anda.

    Kayu Manis – Kayu manis dapat mengatur kadar glukosa.

    Pala – Pala telah digunakan selama berabad-abad untuk mengurangi kecemasan.

    Chamomile – Chamomile mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi terbukti mengurangi peradangan, yang dapat mengurangi risiko kecemasan¹⁰, ¹¹ .

    Yogurt – Yoghurt adalah jenis makanan fermentasi. Makanan fermentasi mengandung bakteri menguntungkan yang mempengaruhi suasana hati Anda. Yoghurt juga merupakan sumber magnesium.

    Susu Almond – Susu almond adalah sumber vitamin D, vitamin E dan magnesium yang baik. Sangat disarankan untuk menggunakan susu almond tanpa pemanis untuk mengontrol gula.

    Susu Skim – Seperti susu lainnya, susu skim juga merupakan sumber vitamin D yang tinggi. Susu skim terbukti dapat mengurangi stress yang berhubungan dengan sindrom menstruasi atau PMS.

    Susu skim juga efektif dalam memberikan efek ketenangan yang akan membantu Anda mendapatkan tidur lebih baik di malam hari.

    Cokelat Hitam – Colat hitam kaya akan zat polifenol yang selain dapat membantu mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh, juga bekerja meningkatkan kadar serotonin yang efektif dalam meningkatkan suasana hati, memberikan rasa bahagia.

    Partisipan dalam satu penelitian diberikan minuman campuran dark chocolate setiap hari selama sebulan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan mood yang meningkat secara signifikan, yang dihubungkan oleh para peneliti dengan konten polifenol yang tinggi¹².

    Bubur Gandum – Selain mengandung asam folat dalam jumlah besar, Bubur gandum, termasuk oatmeal, dapat membantu Anda dalam dua cara.

    Pertama, serat yang terkandung didalamnya membantu gula darah Anda stabil sehingga And terhindar dari penurunan mood.

    Kedua, karbohidrat kompleks berperan dalam pelepasan serotonin, yang mana memproduksi rasa ketenangan.

    Kacang-Kacangan – Kedelai, kacang polong, lentil, almond. Kelompok kacang-kacangan mengandung asam folat dalam jumlah besar dan seng yang tinggi, yaitu mineral penting dalam memodulasi cara otak dan tubuh merespons stres.

    Kelompok kacang-kacangan juga merupakan sumber magnesium penghilang stres yang baik, belum lagi Vitamin B2 dan E, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama masa stres.

    Telur – Kuning telur merupakan salah satu sumber yang kaya akan vitamin D.

    Selain itu, kandungan seng di dalam telur akan membantu tubuh menggunakan lutein dan zeaxanthin dari kuning telurnya.

    Keju – Sebagai hasil olahan susu, keju mengandung banyak vitamin D, kalium dan kalsium.

    Biji Rami – Biji rami adalahsumber protein nabati lengkap mudah dicerna.

    Satu porsi biji rami ukuran 3 sendok makan menyediakan 10 g protein, 16% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk zat besi, dan sekitar 3 gram omega 3, asam lemak esensial yang memberikan manfaat anti-inflamasi.

    Biji Labu – Biji Labu kaya akan lutein dan zeaxanthin, vitamin C, seng, vitamin A dan asam lemak omega 3.

    Biji Bunga Matahari – Biji bunga matahari mengandung asam folat dalam jumlah besar.

    Biji Chia (Chia seeds)

    Biji chia adalah sumber magnesium yang baik, mineral penting¹³  untuk mengelola stres dan mengurangi depresi dan mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi, yang memberikan manfaat anti-inflamasi ke otak, sehingga mengurangi stres dan kecemasan¹⁴.

    Selain itu, Chia Seeds sangat efektif digunakan untuk mengentalkan smoothie.

    Santan Kelapa – Santan kelapa sangat bagus untuk menambah rasa creamy pada smoothie walaupun tanpa susu.

    Ubi – Ubi memiliki lebih dari setengah vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam sehari dan sedikit vitamin E, serta. beta karoten yang tinggi.

    Salmon – Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin D yang tinggi, yang akan membantu meredakan kecemasan dengan meningkatkan kesehatan otak¹⁵ .

    Tuna – Ikan tuna mengandung tinggi vitamin D dan asam lemak omega 3

    Daging Sapi – Daging sapi merupakan sumber zat seng yang baik.

    Kalkun – Kalkun mengandung asam amino triptofan dan melatonin, yang merupakan bahan kimia penenang dan menenangkan.

    Teruslah membaca artikel ini untuk menemukan minuman smoothie beraroma favorit Anda yang baru.

    Resep Smoothie Untuk Membantu Menghadapi Kecemasan

    BluePeach Smoothie

    Resep original dari : Yohana

     Print/Simpan Resp

    Bagikan Resep

    Penyajian - 1
    Bahan-Bahan
    • 2 cangkir buah persik (potong dadu, sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
    • 1 cangkir blueberry (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
    • 1 cangkir jus jeruk
    • ½ cangkir tahu sutra lembut
    • 2 sdm madu murni
    Cara Membuat
    1. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan proses.
    2. Tuang ke gelas saji dan selamat menikmati!
    Nilai Gizi
    Kalori : 170,5 cal | Lemak baik : 1,1 gr | Lemak jenuh: 0,1 g | Kalori dari lemak: 6% | Karbohidrat : 40,1 gr | Protein :3,2 gr | | Sodium : 5,7 mg

    Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

    Follow us for more healthy recipes.

    Great-Tasting Childhood Favorite Smoothie

    Resep original dari : Yohana

     Print/Simpan Resp

    Bagikan Resep

    Penyajian - 1
    Bahan-Bahan
    • 3 buah pisang ukuran besar (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
    • 2 cangkir susu kedelai tanpa lemak
    • 2 sdm selai kacang alami
    • 1 sdm madu murni
    • 1 sdt yogurt vanila rendah lemak
    Cara Membuat
    1. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan proses.
    2. Tuang ke gelas saji dan selamat menikmati!
    Nilai Gizi
    Kalori: 254cal | Lemak: 4,9 gr | Kalori dari lemak: 17,4% | Lemak jenuh: 1,3 gr | Protein: 10 gr | Sodium: 159 mg | Total karbohidrat: 46 gr

    Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

    Follow us for more healthy recipes.

    Chia Green Seed Smoothie

    Resep original dari : Yohana

     Print/Simpan Resp

    Bagikan Resep

    Penyajian - 1
    Bahan-Bahan
    • 1 cangkir buah alpukat (kupas, buang biji) (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
    • 1 cangkir buah kiwi (kupas) (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
    • 1 pisang barangan ukuran sedang atau besar (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
    • 1 sdm biji chia
    • 1 cangkir bayam hijau atau kangkung (pilihan sesuai selera)
    • 1 cangkir cairan favorit Anda (susu oat, susu almond, air kelapa, dll.)
    Cara Membuat
    1. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan proses.
    2. Tuang ke gelas saji dan selamat menikmati!

    Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

    Follow us for more healthy recipes.

    Chamomile Tea Smoothie

    Resep original dari : Yohana

     Print/Simpan Resp

    Bagikan Resep

    Penyajian - 1
    Bahan-Bahan
    • 1 cangkir air teh chamomile
    • 1 cangkir buah alpukat (kupas kulit, buang biji, sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
    • 1 sendok teh kacang almond (cacah kasar)
    • ¼ cangkir yogurt yunani
    • ⅛ sdt bubuk kayu manis
    • ⅛ sdt bubuk pala
    • ⅛ sdt bubuk cengkeh
    • ⅛ sdt bubuk kapulaga
    • ¼ cangkir susu almond
    • ¼ cangkir Es batu (pilihan)
    • 1 sdm madu murni
    Cara Membuat
    1. Seduh teh chamomile dalam sebuah cangkir lalu masukkan bersama semua bahan lain ke dalam blender.
    2. Proses selama 1 menit.
    3. Tuang ke gelas saji dan selamat menikmati!

    Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

    Follow us for more healthy recipes.

    Serenity Creamy Smoothie

    Resep original dari : Yohana

     Print/Simpan Resp

    Bagikan Resep

    Penyajian - 1
    Bahan-Bahan
    • 3 sendok makan biji chia
    • 1 cangkir air kelapa hijau asli
    • 1 buah alpukat ukuran sedang (kupas kulit, buang biji, sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
    • 2 buah pisang ukuran sedang atau besar (sesuai selera) (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
    • 1 sendok teh. bubuk kakao
    • ½ cangkir susu almond
    • ½ cangkir yogurt yunani
    • 1 sdm biji coklat
    • 1 sdm kacang almond
    Cara Membuat
    1. Membuat chia gel: Tuang 1 cangkir air kelapa hijau asli yang sudah disaring ke dalam stoples, lalu tambahkan 3 sendok makan biji chia, aduk rata dan diamkan selama 10 menit.
    2. Tuang chia gel dan bahan lainnya, kecuali irisan almond dan biji kakao, ke dalam blender, dan proses sampai halus.
    3. Taburi dengan biji kakao dan irisan almond sebagai topping
    4. Selamat menikmati!

    Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

    Follow us for more healthy recipes.

    Grapefruit Skinny Smoothie

    Resep original dari : Yohana

     Print/Simpan Resp

    Bagikan Resep

    Penyajian - 1
    Bahan-Bahan
    • 1 jeruk bali ukuran sedang atau kecil (dikupas)
    • ½ cangkir buah pisang (kupas kulit, sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
    • ½ cangkir raspberry (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
    • ½ cangkir santan kelapa (perasan pertama)
    • ½ cangkir es batu (pilihan)
    • 3 sdm biji rami
    • ¼ sdm bubuk kayu manis
    Cara Membuat
    1. Campurkan semua bahan dalam blender dan proses hingga konsistensi kental merata.
    2. Jika Anda lebih suka smoothie yang lebih encer, Anda dapat menambahkan air, sekitar 2 sdm.

    Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

    Follow us for more healthy recipes.

    Blueberry Protein Smoothie

    Resep original dari : Yohana

     Print/Simpan Resp

    Bagikan Resep

    Penyajian - 1
    Bahan-Bahan
    • 1 cangkir air kelapa muda asli
    • 3 sdm biji rami
    • 1 sdt kacang almond
    • 1 sdt biji chia
    • 1 buah pisang barangan ukuran sedang atau besar (pilihan sesuai selera, sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
    • 1 cangkir blueberry (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
    • 1 sdt minyak kelapa
    • 1 sdm yogurt yunani
    • 4 buah blueberry segar (cacah kasar)
    • ¼ cangkir daging kelapa muda asli (cacah kasar)
    Cara Membuat
    1. Masukkan bahan-bahan, kecuali buah blueberry segar dan daging kelapa muda asli yang sudah dicacah kasar ke dalam blender.
    2. Proses selama 1 menit, lalu tuang ke dalam gelas saji.
    3. Taburi daging kelapa dan buah blueberry segar yang sudah dicacah kasar sebagai topping.
    4. Enjoy!

    Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

    Follow us for more healthy recipes.

    Jika Anda mencoba membuat salah satu atau bahkan beberapa dari resep-resep smoothie ini, beri tahu saya, yaa! Tinggalkan komentar pada kolom yang tersedia di bawah ini atau dengan menyukai dan membagikan artikel ini @smoothiedokter.com atau di Facebook. Saya ingin sekali melihat apa yang Anda dapatkan! ^_^

    Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Untuk Membantu Menghadapi Kecemasan

    • Gula – Gula mungkin memberi Anda sedikit dorongan bahagia pada awalnya tetapi mengkonsumsi gula, terutama gula olahan, olahan dalam jumlah besar dapat memicu perasaan khawatir, lekas marah, dan sedih.
    • Penelitian dari UCLA menunjukkan bahwa terlalu banyak gula dan terlalu sedikit asam lemak omega-3 secara fungsional dapat mengubah dan memperlambat kerja otak Anda.
    • Kafein – Kafein adalah stimulan yang terdapat dalam kopi, teh, cokelat, dan minuman berenergi. Mengonsumsi kafein dengan dosis yang terlalu tinggi dapat meningkatkan kecemasan.
    • Alkohol – Konsumsi alkohol dapat memberikan efek rileks dalam jangka pendek. Namun jika dikonsumsi terlalu sering atau berlebihan, yaitu lebih dari 2 gelas per hari, alkohol justru akan memperburuk gejala kecemasan.

    Cara Lain untuk Membantu Menghadapi Kecemasan

    Stres dan kecemasan adalah pengalaman umum bagi kebanyakan orang. Faktanya, 70% orang dewasa di AS mengatakan mereka merasa cemas setiap hari.

    Ada beberapa hal yang dapat membantu menghadapi serangan kecemasan. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk menghilangkan kecemasan.


  • Kenali Penyebab Kecemasan – Ketika penyebab cemas sudah diketahui, lebih mudah untuk menghadapi dan mengatasi perasaan cemas tersebut.
    Misalnya penyebab permasalahannya adalah pada tugas yang banyak, diskusikan hal itu disertai dengan solusinya. Atau jika penyebabnya adalah kemacetan lalu lintas, cobalah lewati jalur lain atau berangkat lebih awal.
  • Bernapaslah – Teknik yang baik untuk mengendalikan kecemasan adalah dengan menyadari bahwa diri Anda bernapas. Anda bisa mengontrol bagaimana udara masuk dan keluar dari paru-paru.
    Tutuplah mata dan bernapas dalam-dalam beberapa kali. Hal ini untuk memberitahu otak bahwa semuanya berjalan baik dan tidak perlu dikhawatirkan.
  • Melakukan meditasi dan latihan pernapasan – Meditasi dipercaya sangat ampuh untuk menenangkan pikiran sekaligus meningkatkan fokus, apalagi jika dilakukan di tempat yang sunyi sambil menghirup aromaterapi.
    Selama meditasi, selain belajar mengontrol pikiran negatif, juga bisa melakukan latihan pernapasan agar tubuh lebih rileks karena menghirup lebih banyak oksigen.
    Oksigen tambahan bisa memberikan dampak menenangkan pada sistem saraf parasimpatetik yang menimbulkan rasa tenang pada pikiran dan perasaan.
  • Berpikir Positif – Hal utama yang membuat rasa cemas Anda semakin memburuk adalah pikiran negatif tentang diri sendiri atau lingkungan sekitar Anda. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi rasa cemas adalah dengan berpikir positif.
  • Menyingkiran Tekanan Dalam Diri Sendiri – Seringkali kecemasan muncul ketika kita meminta terlalu banyak hal dari diri sendiri. Kesempurnaan dalam pekerjaan membuat tubuh merasa tidak tenang dan sulit menerima kegagalan.
    Untuk itu, lebih baik menerima bahwa ada hal-hal dalam hidup yang berjalan tidak seperti yang kita harapkan. Juga ada banyak hal dalam hidup ini yang tidak bisa dikendalikan. Yang paling penting adalah bagaimana kita belajar menghadapi mereka sebaik mungkin.
  • Cuddling – Bersenang-senang ( berciuman, berpelukan, bahkan bercinta) dengan kekasihmu adalah cara terbaik untuk menghilangkan kecemasan.
  • Olahraga – Berolahraga ternyata akan meningkatkan produksi endorfin yang memiliki efek mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang dan tenang.Anda tidak perlu berolahraga berlebihan untuk mendapatkan manfaatnya, cukup olahraga ringan namun dilakukan secara rutin selama 15 menit setiap hari.
    Cobalah untuk menemukan olahraga rutin yang Anda sukai yang melibatkan gerakan berulang dari kelompok otot besar akan sangat membantu menghilangkan stres, seperti berjalan, menari, panjat tebing, atau yoga.
    Olahraga yang rutin dan teratur dapat membantu menghadapi dan mengatasi kecemasan dengan melepaskan endorfin dan meningkatkan kualitas tidur dan citra diri Anda.
  • Lakukan Kontak dengan Alam – Tanpa disadari, kekurangan sinar matahari dapat memperburuk rasa cemas berlebihan. Sinar matahari dapat meningkatkan kadar hormon bahagia serotonin sehingga memperbaiki mood.Luangkan waktu saat libur atau akhir pekan untuk menikmati keindahan dari Yang Maha Kuasa, misalnya duduk di taman, berkemah, dengarkan suara burung, berjalan di pinggir pantai, sambil mencoba melatih pengendalian kecemasan Anda.
  • Menyesuaikan pola makan – Seringkali tanpa sadar, makanan yang dikonsumsi sangatlah berdampak pada perasaan kita.
  • Untuk mengatasi rasa cemas, minimalkan konsumsi gula dan karbohidrat olahan namun sangat dianjurkan untuk meningkatkan asupan vitamin B karena kekurangan vitamin B (seperti asam folat dan B12) dapat memicu rasa cemas berlebih bahkan menimbulkan depresi.

  • Istirahat yang cukup – Untuk mengatasi serangan perasaan cemas yang berlebihan, cobalah untuk mengubah pola tidur Anda. Mulailah untuk tidur berkualitas setidaknya 8 jam per hari, terutama di malam hari.
  • Minum cukup air – Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh juga dapat membuat jantung berdetak lebih cepat dan memperburuk rasa cemas.
  • Lakukan hal baru – Pada saat Anda menantang diri sendiri dengan melakukan hal baru, tanpa disadari tubuh Anda akan memproduksi hormon dopamin yang berhubungan dengan rasa senang dan bahagia.
  • Merendam kaki dengan air hangat – Setelah beraktivitas seharian, merendam kaki dengan air hangat akan membuat otot menjadi lebih rileks yang bisa meredakan ketegangan pikiran. Agar terasa lebih nyaman dan menyenangkan, Anda bisa sambil menikmati secangkir cokelat hangat atapun secangkir teh kamomil hangat.
  • Membaca buku – Membaca buku akan membawa Anda memasuki dunia baru dan keluar dari tekanan pikiran yang sedang dirasakan.
  • Menurut penelitian yang dilakukan oleh MindLab International, dari berbagai kegiatan yang menenangkan, membaca buku dapat menurunkan tingkat stres sampai 67 persen.

  • Menulis – Membuat jurnal catatan tentang apa yang telah Anda syukuri selama menjalani kehidupan dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan, terutama jika Anda berfokus pada hal positif.
  • Mendengarkan musik favorit – Mendengarkan musik favorit dipercaya bisa menenangkan pikiran dan membuat suasana hati menjadi lebih nyaman karena bisa ikut berdendang untuk melepaskan kejenuhan yang mungkin dirasakan.
  • Bermain dengan hewan peliharaan – Studi klinis menunjukkan bahwa Memiliki hewan peliharaan dan menghabiskan waktu bermain dengannya selalu efektif mengurangi tingkat kecemasan, lho.
  • Karena berinteraksi dengan hewan peliharaan membantu melepaskan oksitosin, zat kimia otak yang memicu suasana hati positif.

  • Kembali berbaur ke lingkungan Anda – Pada umumnya, ketika seseorang mengalami cemas berlebihan, mereka akan cenderung menarik diri dari lingkungan.
    Ketika sedang mengalami kecemasan, cobalah untuk mengungkapkan apa yang Anda rasakan dan tetap menjalin hubungan dengan lingkungan sekitar. Memang tidak mudah, namun adanya dukungan sosial terutama dari orang-orang terdekat merupakan cara jitu untuk mengatasi rasa cemas.
  • Tertawa – Dalam keadaan cemas, tertawa menjadi hal paling susah dilakukan. Oleh karena itu, Anda perlu berada di lingkungan sosial yang bisa memberikan energi positif yang bisa membuatmu dengan mudah tertawa.
  • Tertawa akan meredakan kecemasan dan ketegangan dengan mengendurkan otot yang untuk jangka panjangnya, akan membantu meningkatkan sistem kekebalan dan suasana hati.

  • Berbicara dengan terapis – Berbicara dan menceritakan apa yang sedang Anda rasakan dan alami kepada orang yang Anda percaya bisa memahami kondisi Anda akan sangat meringankan kecemasan Anda.
    Sebagai alternatif, cobalah mencari support group yang beranggotakan orang-orang dengan keluhan yang serupa, sehingga bisa saling berbagi pengalaman dan tips tentang bagaimana cara mengatasi gangguan kecemasan.
  • Pertimbangan Dan Pemikiran Akhir

    Beberapa hal diketahui bisa menjadi penyebab seseorang terkena serangan rasa cemas berlebihan (anxiety disorder) seperti karena stres, kondisi fisik yang terlalu lelah, dan ketidakseimbangan kadar kimiawi di dalam tubuh.

    Gangguan kesehatan mental ini sebaiknya harus segera diatasi karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, juga akan menyedot energi, membuat saraf-saraf menjadi selalu tegang dan mengalihkan Anda dari kehidupan nyata sehingga membuat hidup menjadi lebih sulit untuk dinikmati.

    Mengkonsumsi ataupun menghindari makanan-makanan diatas-bahkan jika dalam jumlah yang banyak-tidak serta merta dapat langsung menghilangkan kecemasan Anda.

    Ada beberapa hal dan cara sederhana yang dapat membantu menghadapi dan mengatasi serangan kecemasan Anda. Cara-cara sederhana tersebut sebaiknya rutin dilakukan agar hati dan pikiran menjadi tenang.

    Perubahan gaya hidup akan membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasilnya. Jadi Anda perlu bersabar dan konsisten. Namun jika rasa khawatir Anda mulai tidak terkontrol, mungkin Anda perlu merubah pola pikir negatif Anda. Dan pertimbangkanlah untuk menemui ahlinya jika kecemasan Anda semakin tidak terkontrol.

    Bagikan pada teman Anda yang ingin mencoba membuat satu atau lebih dari resep smoothie ini, ya. Ikuti saya @smoothiedokter.com untuk tips sehat harian terbaik dan resep smoothie selengkapnya.

    Pertanyaan-Pertanyaan Terkait

    Benarkah Yoga Bikin Bahagia?

    Pada dasarnya, latihan yoga menggabungkan postur latihan fisik, pernapasan dalam, dan fokus mental. Dengan latihan yoga, Anda belajar untuk menyatukan napas dengan gerakan, dan tubuh dengan pikiran.

    Ketika Anda berlatih yoga, Anda meningkatkan hormon serotonin, oksitosin, dan kadar GABA pada tubuh. Semua hormon tersebut adalah reaksi kimia yang bertanggung jawab membuat tubuh dan pikiran Anda bahagia.

    Apakah Jahe Aman Dikonsumsi Selama Kehamilan?

    Sebuah meta-analisis telah menunjukkan jahe menjadi cara yang aman untuk mengatasi mual selama kehamilan, tidak meningkatkan risiko keguguran atau gejala seperti mulas atau kelelahan¹⁶ . Usahakan untuk mengonsumsi kurang dari 1.500 mg ekstrak jahe per hari.

    Apakah Pengobatan Herbal Efektif Untuk Kecemasan?

    Jika Anda mempertimbangkan untuk mengambil suplemen herbal sebagai pengobatan untuk kecemasan, bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu, terutama jika Anda minum obat lain. Interaksi beberapa suplemen herbal dan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan efek samping yang serius.

    Beberapa suplemen herbal yang dikonsumsi karena kecemasan dapat menyebabkan Anda mengantuk, sehingga akan sangat tidak aman untuk dikonsumsi saat mengemudi atau melakukan aktifitas yang beresiko dan berbahaya. Dokter Anda dapat membantu Anda memahami kemungkinan risiko dan manfaat jika Anda memilih untuk mencoba suplemen herbal.

    Jika kecemasan Anda mengganggu aktivitas sehari-hari, bicarakan dengan dokter Anda. Bentuk kecemasan yang lebih serius umumnya membutuhkan perawatan medis atau konseling psikologis (psikoterapi) agar gejalanya membaik.

    Referensi, Sumber, Kutipan, dan Para Ahli Diwawancarai

    ¹ Cirino, E. (2016, September 8). Anxiety: Symptoms, Types, Causes & More. Retrieved from https://www.healthline.com/health/anxiety-symptoms

    ² Penckofer, S., Kouba, J., Byrn, M., & Estwing Ferrans, C. (2010). Vitamin D and depression: where is all the sunshine?. Issues in mental health nursing31(6), 385–393. doi:10.3109/01612840903437657
    Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2908269/

    ³ University of Pittsburgh Medical Center. (2006, March 4). Omega 3 Fatty Acids Influence Mood, Impulsivity And Personality, Study Indicates. ScienceDaily. Retrieved February 6, 2020
    Retrieved from www.sciencedaily.com/releases/2006/03/060303205050.htm

    ⁴ Blueberries. (n.d.). Retrieved from http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=8

    ⁵ Lutein – Manfaat, Dosis, & Efek Samping | HonestDocs. (2020, January 21). Retrieved from https://www.honestdocs.id/%E2%80%8Blutein

    ⁶ Wu, A., Noble, E. E., Tyagi, E., Ying, Z., Zhuang, Y., & Gomez-Pinilla, F. (2015). Curcumin boosts DHA in the brain: Implications for the prevention of anxiety disorders. Biochimica et biophysica acta1852(5), 951–961. doi:10.1016/j.bbadis.2014.12.005
    Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4754352/

    ⁷ Saenghong, N., Wattanathorn, J., Muchimapura, S., Tongun, T., Piyavhatkul, N., Banchonglikitkul, C., & Kajsongkram, T. (2012). Zingiber officinale Improves Cognitive Function of the Middle-Aged Healthy Women. Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM2012, 383062. doi:10.1155/2012/383062
    Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3253463/

    ⁸ Nievergelt A, Huonker P, Schoop R, Altmann KH, Gertsch J. Identification of
    serotonin 5-HT1A receptor partial agonists in ginger. Bioorg Med Chem. 2010 May
    1;18(9):3345-51. doi: 10.1016/j.bmc.2010.02.062. Epub 2010 Mar 15. PubMed PMID:
    20363635. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20363635

    ⁹ Fadaki, F., Modaresi, M., & Sajjadian, I. (2017). The Effects of Ginger Extract and Diazepam on Anxiety Reduction in Animal Model. Indian Journal of Pharmaceutical Education and Research, 51(3s), s159–s162. Retrieved from  https://doi.org/10.5530/ijper.51.3s.4

    ¹⁰ Salim S, Chugh G, Asghar M. Inflammation in anxiety. Adv Protein Chem Struct
    Biol. 2012;88:1-25. doi: 10.1016/B978-0-12-398314-5.00001-5. Review. PubMed PMID:
    22814704. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22814704

    ¹¹ Srivastava, J. K., Shankar, E., & Gupta, S. (2010). Chamomile: A herbal medicine of the past with bright future. Molecular medicine reports3(6), 895–901. doi:10.3892/mmr.2010.377. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2995283/

    ¹² Pase, M. P., Scholey, A. B., Pipingas, A., Kras, M., Nolidin, K., Gibbs, A., … Stough, C. (2013). Cocoa polyphenols enhance positive mood states but not cognitive performance: a randomized, placebo-controlled trial. Journal of Psychopharmacology, 27(5), 451–458. https://doi.org/10.1177/0269881112473791. Retrieved from https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0269881112473791

    ¹³ Deans M.D., E. (2011, June 12). Magnesium and the Brain: The Original Chill Pill. Retrieved from http://www.psychologytoday.com/blog/evolutionary-psychiatry/201106/magnesium-and-the-brain-the-original-chill-pill

    ¹⁴ Sears Ph.D., B. (2012, January 3). Anxiety and Omega-3 Fatty Acids. Retrieved from http://www.psychologytoday.com/blog/in-the-zone/201201/anxiety-and-omega-3-fatty-acids

    ¹⁵ Cui X, Gooch H, Groves NJ, Sah P, Burne TH, Eyles DW, McGrath JJ. Vitamin D
    and the brain: key questions for future research. J Steroid Biochem Mol Biol.
    2015 Apr;148:305-9. doi: 10.1016/j.jsbmb.2014.11.004. Epub 2014 Nov 6. Review.
    PubMed PMID: 25448739. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25448739

    ¹⁶ Viljoen, E., Visser, J., Koen, N. et al. A systematic review and meta-analysis of the effect and safety of ginger in the treatment of pregnancy-associated nausea and vomiting. Nutr J 13, 20 (2014). https://doi.org/10.1186/1475-2891-13-20. Retrieved from https://nutritionj.biomedcentral.com/articles/10.1186/1475-2891-13-20

    Yohana

    Menetap di Jakarta-Indonesia, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, Yohana menyukai kegiatan bepergian, menulis, menghabiskan waktu bersama keluarga, juga memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Menciptakan dan membangun website 'smoothiedokter.com' impian dan tujuan Yohana adalah berbagi informasi yang paling tidak bias dan informatif tentang diet, gaya hidup sehat, dan kekuatan penyembuhan dari semua makanan alami- dan tentu saja tentang Smoothie. kepada teman-teman, sanak keluarga dan kerabat serta banyak orang Indonesia.

    Share Lha!