Share Lha!

Hari ini kita akan berbicara tentang beberapa smoothies enak dan mudah dibuat yang dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi. Kolesterol adalah steroid yang mengandung kelompok -OH alkohol, yaitu molekul lipid seperti lemak. Kolesterol diproduksi oleh tubuh karena merupakan komponen penting dari membran sel yang diperlukan untuk memproduksi hormon, asam empedu, dan vitamin D, juga untuk membuat sel baru.

Dalam aliran darah tubuh manusia terdapat 2 jenis kolesterol, yaitu :

 

  • HDL (lipoprotein kepadatan tinggi) – HDL bekerja membawa LDL dan lipoprotein lainnya ke hati untuk dibuang. Inilah sebabnya HDL kemudian lebih dikenal sebagai kolesterol baik.
  • LDL (lipoprotein kepadatan rendah) – molekul lipid ini saat bergabung dengan zat-zat di dinding arteri pembuluh darah dapat membentuk plak yang akan mempersempit area efektif arteri untuk aliran darah yang kemudian menimbulkan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Inilah sebabnya mengapa LDL dikenal sebagai kolesterol jahat.Permasalahan timbul ketika LDL lebih banyak daripada HDL. Setiap dokter jantung akan menyarankan kepada pasien-pasiennya untuk melakukan diet sehat kaya buah-buahan dan sayuran.

Smoothie dibuat menggunakan beragam buah-buahan, sayuran, yogurt dan beberapa bahan khusus lainnya yang tepat yang dicampur bersama. Smoothie menjadi salah satu cara termudah dan tercepat untuk mendapatkan antioksidan dan nutrisi harian yang dibutuhkan setiap sistem tubuh, termasuk dalam menurunkan kadar kolesterol LDL yang tinggi.

Jadi, Yup, smoothie sangat bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Bagaimanakah Smoothie Dapat Mengurangi Kolesterol Tinggi?

Ketika smoothie dibuat menggunakan bahan – bahan yang mengandung tinggi serat, vitamin C, kalium dan beberapa bahan khusus lainnya (kita akan membahasnya nanti), dan ketika smoothie dinikmati dalam jumlah sedang, smoothie dapat memberikan dosis harian serat penurun kolesterol, asam lemak omega-3 jantung sehat, antioksidan, dan banyak lagi.

Bahan-bahan Smoothie Yang Membantu Mengurangi Kolesterol Tinggi

Bahan-bahan tertentu telah dibuktikan dalam penelitian ilmiah untuk mengurangi Kolesterol Tinggi ¹.

Mari kita bahas ini lebih lanjut sekarang.

Buah – Buahan Apa Sajakah Yang Baik Untuk Menurunkan Kolesterol?

Kelompok Citrus – Kandungan antioksidan yang tinggi dalam air buah jeruk dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan membantu menurunkan resiko seseorang terkena penyakit jantung.

Catatan penelitian WebMD telah menemukan bahwa smoothie jeruk bali merah mengandung antioksidan yang bisa membantu jantung berfungsi optimal. Dan seperti buah jeruk bali, jeruk, dan lemon dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Kelompok Berry – Dengan kandungannya yang tinggi serat akan membantu menurunkan kolesterol.

Stroberi – Beberapa penelitian ilmiah di negara Italia dan Amerika Serikat membuktikan bahwa buah ini penuh dengan vitamin dan mineral penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida, yang juga apabila secara rutin dikonsumsi kan juga dapat mengurangi kerusakan oksidatif pada LDL.

Raspberi – Buah raspberi kaya akan serat , zat beta karoten dan likopen.

Bluberi – Buah bluberi kaya akan antioksidan dan serat untuk membantu menurunkan kolesterol.

Delima – Buah delima mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi jantung dan pembuluh darah

Apel – Buah apel kaya akan polifenol yaitu senyawa bioaktif yang terbukti bekerja menunda penguraian LDL (kolesterol jahat). Buah Apel juga kaya akan pektin yaitu serat larut yang efektif menurunkan kolesterol LDL.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Florida membuktikan bahwa wanita lanjut usia yang makan apel setiap hari mengalami penurunan kolesterol LDL sebanyak 23% selama 6 bulan.

Pepaya – Buah ini kaya akan zat antioksidan dan nutrisi seperti serat, kalium, vitamin c yang mempertahankan rasa kenyang dan menjaga kadar kolesterol tetap rendah sepanjang waktu.

Seorang pakar gaya hidup sehat dan ahli gizi di Los Angeles yang bernama Liza DeFazio,RD., pernah mengatakan bahwa buah pepaya sangat manjur untuk pencegahan aterosklerosis karena kandungan vitamin C dan E nya sangat tinggi.

Pisang – Selain sebagai sumber potasium / kalium yang sangat baik, buah pisang juga kaya akan kalsium, vitamin c dan serat. Kombinasi zat-zat tersebut sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Jadi secara tidak langsung buah pisang mampu membantu mengendalikan berat badan.

Alpukat – Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang telah terbukti mampu mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Alpukat juga kaya akan beta-sitosterol yang bekerja mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, yang telah terbukti membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Dan vitamin B-6 dan asam folat dalam alpukat juga memberikan dukungan jantung.

American Heart Association Journal mengungkapkan bahwa secara rutin makan sebuah alpukat sebagai bagian dari ‘diet sedang lemak’ selain akan dapat membantu menurunkan LDL, juga meningkatkan kadar trigliserida dan kadar kolesterol total².

Sayur-Mayur – Sayur-Mayur Apa Sajakah Yang Baik Untuk Menurunkan Kolesterol?

Bayam – Sayur bayam mengandung antioksidan tinggi seperti polifenol dan karoten yang bekerja melawan radikal bebas dalam tubuh.

Kangkung – Memiliki kandungan pengasaman asam empedu yang bekerja mengikat dan menghentikan asam empedu diserap kembali oleh tubuh, juga mengeluarkannya dari tubuh. Hal ini berarti dalam tubuh hanya tinggal sedikit kolesterol.

Brussels Sprouts (Kubis Brussel) – merupakan sumber kalium yang kaya, yang sangat penting untuk kesehatan jantung.

Kidney Beans –

Selain merupakan sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik, seperti molibdenum, folat, besi, tembaga, mangan, kalium, dan vitamin K1, kacang merah adalah salah satu sumber protein nabati terbaik, juga kaya serat sehat, serta mengandung berbagai senyawa tanaman bioaktif yang  dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan usus besar, dan menurunkan kadar gula darah.

Bahan-Bahan Lainnya Apa Sajakah Yang Baik Untuk Menurunkan Kolesterol?

Chia Seeds – Mengandung gandum, protein kedelai dan nopal yang akan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Biji chia juga tinggi asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Yogurt Khususnya Yogurt Yunani – Merupakan produk susu kaya akan kalsium dan probiotik.

Berdasarkan penelitian ilmiah yang dilakukan oleh McGill University terlihat bawa peserta kelompok yang mengambil probiotik dua kali sehari selama 9 minggu mengalami penurunan kadar kolesterol total sebanyak 9% dan penurunan kadar kolesterol LDL sebanyak 12%³.

Almond – Penelitian telah menunjukkan bahwa almond membantu meningkatkan HDL.

Pure Dark Chocolate (Cokelat Hitam Murni) – Kandungan Flavanol yang diekstrak dari biji cokelat akan membantu mengoptimalkan sistem peredaran darah yang sehat.

Biji Rami (Hemp) – Rami mengandung rasio asam lemak esensial omega-3 dan omega-6 yang sempurna, yang penting untuk kesehatan jantung, juga meningkatkan sirkulasi dan fungsi kardiovaskular.

Susu Almond Rendah Lemak – Jenis susu ini memiliki banyak kandungan kalsium dan kalium yang tidak saja membantu menurunkan tekanan darah, tetapi juga akan membantu mengendalikan berat badan karena memberi rasa kenyang dan puas yang cukup lama.

Acai – Acai ternyata mengandung antioksidan yang sangat tinggi yang terbukti dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Resep Smoothie Untuk Mengurangi Kolesterol Tinggi

Makanan dan minuman yang mengandung lemak sehat akan membentuk diet rendah kolesterol sehingga akan membantu mengurangi kadar tinggi kolesterol dalam tubuh. Berikut ini beberapa smoothie lezat yang bisa Anda buat hari ini yang akan membantu mengurangi atau menurunkan kolesterol tinggi.

Straw-Avocad-Berry Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• ½ cangkir pisang yang dipotong dadu
• ½ cangkir alpukat
• ¼ cangkir strawberi (sudah
dibekukan semalaman sebelum
digunakan)
• ¾ cangkir susu almond rendah lemak
• 1 sdm yogurt yunani
• 5 butir kacang kenari
Cara Membuat
1. Campurkan semua bahan ke dalam blender lalu proses selama 40 detik sampai bahan-bahan tercampur rata.
2. Sajikan dingin agar lebih segar.
3. Enjoy!
Nilai Gizi
Kalori:376 kal | Karbohidrat:26 gr | Serat:10 gr | Protein:25 gr | Lemak baik :22gr | Gula:9gr

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Pepije Smoothie Segar

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 cangkir buah jeruk (buang biji dan kulitnya terlebih dahulu)
• ¼ buah pepaya ukuran sedang (kupas kulit dan buang biji)
• 1 buah pisang
• 2 sdm yogurt yunani
• ¼ cangkir es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
2. Proses selama 45 detik dan sajikan.
3. Selamat menikmati!
Nilai Gizi
Kalori:103,4cal | Karbohidrat:23,8gr |Serat:2,1gr | Protein:1,4gr | Lemak:0,3gr | Sodium:20,4gr

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Kenyang Segar Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• ½ cangkir gandum rendah lemak
• 1 sdm yogurt yunani
• 1 sdt madu murni
• 1 cangkir blueberry (sudah dibekukan
• semalaman sebelum digunakan)
• 1 pisang (dikupas)
• ½ buah alpukat (kupas dan buang biji)
• 1 cangkir air kelapa muda asli
• ½ jeruk nipis (peras airnya saja)
• ½ cangkir es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam Blender.
2. Haluskan semuanya menjadi satu hingga campurannya creamy.
3. Sajikan dan Enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Greennie Berry-Nut Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 cangkir daun kangkung
• 1 cangkir daun bayam
• 1 buah apel hijau
• ½ cangkir stroberi (sudah dibekukan terlebih dahulu semalaman sebelum digunakan)
• ½ cangkir raspberry (sudah dibekukan terlebih dahulu semalaman sebelum digunakan)
• ½ cangkir kacang kenari atau almond (pilihan sesuai selera)
• ½ cangkir gandum (sudah dimasak menjadi bubur terlebih dahulu sebelum digunakan)
• 1 ½ cangkir susu almond rendah lemak
• 2 sdm yogurt yunani
Cara Membuat
1. Campurkan semua bahan dalam blender.
2. Lalu blender sampai semua bahan tercampur rata dan cairan menjadi kental.
3. Selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Alpukat Apel Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 2 buah apel ukuran sedang
• 1 buah alpukat ukuran besar
• 1 sendok makan biji rami bubuk
• ½ cangkir yogurt Yunani
• ½ cangkir susu rendah lemak
• ¼ cangkir es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Campurkan semua bahan dalam blender.
2. Lalu blender sampai cairan menjadi kental.
3. Selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Bayberry Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 16 buah stroberi (sudah dibekukan terlebih dahulu semalaman sebelum digunakan)
• 2 buah pisang
• 1 cangkir daun bayam (buang tangkai)
• 1 buah lemon (kupas kulit dan buang biji)
• 1 cangkir susu almond rendah lemak
• ¼ cangkir yogurt yunani
Cara Membuat
1. Campurkan semua bahan ke dalam blender lalu proses selama 40 detik sampai bahan-bahan tercampur rata.
2. Enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Classic Grennie Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 2 ½ cangkir kangkung atau bayam (pilihan sesuai selera)
• 1 buah alpukat
• 1/4 cangkir kacang almond (dicacah kasar, untuk topping)
• 2 – 3 buah apel hijau (sesuai selera)
• 1 buah lemon
• 1 cangkir susu almond rendah lemak
• 2 sdm biji chia
• 1 sdm yogurt yunani (pilihan)
• 1 sdt bubuk spirulina (pilihan)
• ½ – 1 cangkir es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Campurkan semua bahan ke dalam blender lalu proses selama 40 detik sampai bahan-bahan tercampur rata.
2. Taburkan kacang almond yang sudah dicacah kasar sebagai topping.
3. Enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari

Kadar kolesterol tubuh kita dipengaruhi selain oleh apa yang kita makan dan minum, juga oleh bagaimana pola makannya. oleh sebab iitu penting untuk ingat dan menyesuaikan makanan apa yang tidak boleh dimakan.

Bagaimana saya bisa menurunkan kolesterol dengan diet?
Cara alami untuk mengontrol kadar kolesterol adalah diet jantung sehat, suatu diet yang kaya buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, dan rendah lemak jenuh.

  • Daging merah , terutama daging babi – Batasi konsumsi daging merah dan babi. Jika Anda memakannya, cari potongan berlabel “pinggang” atau ‘bulat’ yang memiliki paling sedikit lemak.
  • Garam
  • Gula
  • Lemak padat, seperti shortening dan lemak babi,
  • Makanan yang mengandung “minyak terhidrogenasi” dalam bahan-bahannya
  • Makanan yang digoreng
  • Produk susu penuh lemak.

Cara Lain Untuk Membantu Mengurangi Kolesterol Tinggi

Sekarang, setelah tahu bahwa Anda ataupun orang terdekat Anda memiliki kolesterol tinggi, maka ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengelola terutama dalam hal mengurangi atau menurunkan kolesterol tinggi.

  • Mengurangi dan membatasi konsumsi garam
  • Menambah asupan serat jadi harus makan lebih banyak buah dan sayuran daripada karbohidrat
  • Makan ikan yang tinggi asam lemak omega-3, seperti salmon, trout, dan tuna albacore, beberapa kali dalam seminggu
  • Membuat minimal setengah dari porsi makanan Anda adalah beberapa bentuk gandum utuh
  • Saat memasak, gunakan minyak nabati, seperti canola, jagung, zaitun atau minyak safflower dan minyak kelapa
  • Sebelum memasak unggas (seperti ayam, kalkun dan burung ataupun bebek) terlebih dahulu lepaskan kulitnya.
  • Jika Anda masih tergoda untuk ngemil diantara waktu makan, pilihlah makanan ringan (snack) yang menyehatkan dan ramah jantung seperti kacang tanpa biji, biji-bijian, kacang kering, atau kacang polong
  • Berolahraga secara teratur
  • Berhenti merokok
  • Pertahankan Berat Badan yang Sehat
  • Luangkan waktu untuk berbicara dengan tim kesehatan Anda (termasuk dokter atau perawat Anda) tentang mengelola kadar kolesterol Anda.
  • Memeriksa kolesterol secara teratur

Pertimbangan Dan Pemikiran Akhir

Diet sehat dengan buah-buahan dan sayuran yang disertai dengan gaya dan pola hidup sehat adalah kunci untuk menjaga keseimbangan kolesterol yang sehat.

Semoga artikel kali ini memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dan jika Anda menikmati artikel ini, Silahkan berbagi komentar pada kolom yang tersedia dibawah ini tentang resep smoothie lezat untuk menurunkan kolesterol yang mana yang akan Anda coba.

Selamat hidup sehat dengan smoothies menarik, enak nan segar!

Natural Black Chia Seed
Harga online terendah: 19 Sep, 2021

Referensi, Sumber, Kutipan, dan Para Ahli Diwawancarai

¹ V., P., P., S., J., D., & P., G. (2017). A comparative study of the antacid effect of some commonly consumed foods for hyperacidity in an artificial stomach model. Complement Ther Med, 34, 111–115. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28917362

² Penn State. (2019, October 28). One avocado a day helps lower ‘bad’ cholesterol for heart healthy benefits. ScienceDaily. Retrieved November 25, 2019 from www.sciencedaily.com/releases/2019/10/191028104136.htm

³ American Heart Association. (2012, November 5). Daily doses of a new probiotic reduces ‘bad’ and total cholesterol. ScienceDaily. Retrieved November 25, 2019 from www.sciencedaily.com/releases/2012/11/121105114620.htm

Yohana

Menetap di Jakarta-Indonesia, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, Yohana menyukai kegiatan bepergian, menulis, menghabiskan waktu bersama keluarga, juga memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Menciptakan dan membangun website 'smoothiedokter.com' impian dan tujuan Yohana adalah berbagi informasi yang paling tidak bias dan informatif tentang diet, gaya hidup sehat, dan kekuatan penyembuhan dari semua makanan alami- dan tentu saja tentang Smoothie. kepada teman-teman, sanak keluarga dan kerabat serta banyak orang Indonesia.

Share Lha!