Share Lha!

Demam berdarah adalah virus flu yang disertai dengan nyeri sendi sangat hebat yang disebarkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Gejala demam berdarah adalah demam, sakit kepala, kelelahan, nyeri di belakang mata, nyeri otot dan persendian, rasa mual bahkan muntah serta ruam kulit yang disertai dengan penurunan jumlah trombosit darah secara cepat. Kasus demam berdarah akan meningkat selama musim hujan karena air yang tergenang adalah tempat berkembang biaknya nyamuk termasuk Aedes Aegypti. Dengan meningkatnya korban demam berdarah dalam beberapa waktu terakhir, sangatlah penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang efektif. Namun jika Anda sudah terlanjur positif terkena demam berdarah, artikel ini adalah tepat yang Anda butuhkan. Dalam artikel kali ini, saya akan bagikan beberapa tips tentang cara meningkatkan jumlah trombosit secara alami dan resep smoothie terbaik yang akan membantu Anda sembuh cepat dari penyakit ini. Terus membaca artikel ini sampai akhir ya! ^ _ ^

Membangun sistem kekebalan yang kuat adalah salah satu metode hebat untuk melawan demam berdarah. Sistem kekebalan yang kuat juga akan membantu dalam memerangi gejala demam berdarah serta melawan infeksi yang ditimbulkan kemudian.

Untuk melawan infeksi, sistem kekebalan akan menghasilkan antibodi untuk menetralkan partikel virus dengue, dan sistem komplemen diaktifkan untuk membantu antibodi dan sel darah putih menghilangkan virus termasuk virus dengue tersebut.

Makanan Apa Saja Yang Secara Alami Efektif Meningkatkan Jumlah Trombosit?

Vitamin B-12 – Vitamin B-12 membantu menjaga sel-sel darah Anda tetap sehat. Kekurangan B12 telah dikaitkan dengan jumlah trombosit yang rendah¹. Sumber vitamin B12 terbaik cenderung makanan hewani seperti hati sapi, remis, telur. Sementara vitamin B-12 juga ditemukan dalam produk susu, seperti susu dan keju, beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu sapi dapat mengganggu produksi trombosit.

Folat – Folat adalah vitamin B yang membantu sel-sel Anda, termasuk sel darah. Sumber folat alami meliputi kacang kacangan, kacang polong hitam, kacang merah dan buah jeruk.

Zat Besi – Zat besi sangat penting untuk kemampuan tubuh Anda menghasilkan sel darah yang sehat. Sebuah studi ilmiah menemukan bahwa jumlah trombosit meningkat pada peserta dengan anemia defisiensi besi². Anda dapat menemukan zat besi tingkat tinggi dalam makanan seperti kerang, biji labu, kacang-kacangan dan daging sapi.

Vitamin C – Vitamin C membantu tubuh Anda menyerap zat besi dengan baik yang juga dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit. Sebuah buku ilmiah mengenai vitamin C: Kimia dan Biokimia menyebutkan tentang peningkatan jumlah trombosit pada sekelompok kecil pasien yang menerima suplemen vitamin C³. Sumber vitamin C yang baik meliputi mangga, nanas, brokoli, paprika hijau ataupun paptika merah, tomat, dan kol bunga.

Bagaimana Smoothie Dapat Membantu Untuk Sembuh Cepat Dari Demam Berdarah?

Orang yang sedang sakit demam berdarah dengue (DBD) sebaiknya makan atau minum sesuatu yang lebih mudah dicerna. Smoothie yang dibuat menggunakan bahan-bahan yang kaya akan vitamin B12, vitamin C, folat, zat besi, dan protein yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah anemia dan meningkatkan jumlah trombosit secara alami adalah yang paling sempurna untuk membantu Anda sembuh cepat dari demam berdarah.

Bahan-Bahan Smoothie Terbaik Untuk Sembuh Cepat Dari Demam Berdarah

Bahan-bahan tertentu telah dibuktikan dalam penelitian ilmiah untuk meningkatkan trombosit (sel darah yang membantu darah Anda membeku) saat melawan demam berdarah. Mari kita bahas ini sekarang.

Buah-Buahan Terbaik Untuk Sembuh Cepat Dari Demam Berdarah

Jeruk – Mengkonsumsi satu jeruk sedang akan memberikan vitamin C, potasium dan asam sitrat dalam jumlah yang signifikan yang efektif membantu meningkatkan penyerapan zat besi oleh usus sehingga akan membantu mencegah anemia dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C ini juga akan membantu dalam produksi sel darah putih yang merupakan sel penangkal penyakit pada tubuh.

Kelompok buah jeruk seperti lemon, jeruk yang kulitnya berwarna oranye juga jeruk bali (grapefruit) juga sarat dengan antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Mereka juga merupakan sumber vitamin B yang baik, seperti tiamin dan folat. Selain itu, buah jeruk kaya akan kandungan airnya sehingga bisa membuat tubuh tetap terhidrasi.

Nanas – Buah nanas kaya akan nutrisi dan antioksidan. Satu cangkir (237ml) nanas menghasilkan 131% dari referensi asupan harian untuk vitamin C dan 76% dari referensi asupan harian untuk mangan.

Selain itu, buah nanas juga mengandung kadar asam yang tinggi dan fitonutrisi yang disebut bromelain yaitu campuran enzim yang dikenal karena sifat anti-inflamasi dan kemampuannya untuk mencerna protein yang membantu meningkatkan sirkulasi darah, mendukung sistem kekebalan tubuh, menenangkan iritasi dan meningkatkan fungsi sistemik kerja ginjal untuk menyingkirkan racun berbahaya dari dalam tubuh (informasi lebih lengkapnya lihat juga artikel “9 Resep Smoothie Hijau Lezat Sederhana – Manjur Detox Ginjal” sebelumnya ya! ^_^).

Apel – Satu buah apel menyediakan sekitar 17% dari referensi asupan harian untuk serat. Nutrisi ini memainkan peran penting dalam mempromosikan fungsi pencernaan dan kekebalan tubuh yang sehat. Apel juga terkenal sebagai sumber kaya akan senyawa tanaman yang dapat berperan dalam mengurangi stres dan peradangan dalam tubuh Anda¹⁰ dan flavonoid yang merupakan senyawa kimia yang dikenal memiliki potensi antiinflamasi yang kuat¹¹.

Beberapa percobaan dan penelitian ilmiah pada hewan menunjukkan bahwa flavonoid yang ditemukan dalam buah-buahan seperti apel dapat membantu mengurangi tanda-tanda peradangan, berpotensi menghambat perkembangan penyakit peradangan serius di tubuh¹². Oleh sebab itu, buah apel sangat direkomendasikan sebagai antioksidan alami yang dapat membantu melindungi sel-sel darah dari kerusakan akibat radikal bebas serta dapat membantu meningkatkan jumlah sel dan trombosit darah.

Mangga – Mangga adalah sumber vitamin C yang sangat baik, juga mengandung serat larut, yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Selain itu, mangga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat yang akan membantu mengurangi risiko penyakit¹³ ¹⁴.

Pepaya – Pepaya kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium dan folat, juga kaya akan antioksidan antioksidan lycopene¹⁵. Studi ilmiah menunjukkan bahwa tubuh menyerap likopen lebih baik dari pepaya daripada dari buah-buahan dan sayuran kaya likopen lainnya¹⁶. Ada juga beberapa bukti bahwa pepaya dapat meningkatkan pencernaan karena pepaya mengandung papain, suatu enzim yang membuat protein lebih mudah dicerna¹⁷.

Jambu Biji – Jambu biji dikenal paling populer mampu mengobati penyakit demam berdarah dengue (DBD). Tahukah Anda mengapa jambu biji mampu meningkatkan jumlah trombosit darah bagi penderita DBD? Jambu biji merupakan sumber yang kaya akan tanin, vitamin C, vitamin E, dan mineral polifenol, karotenoid, isoflavonoid, serta folat yang ideal untuk membantu mengendurkan otot dan membantu pencernaan. Kandungan vitamin C yang tinggi dari buah ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Selain itu, buah jambu biji mengandung trombin yang mampu merangsang trombopoietin. Trombopoietin adalah senyawa aktif dalam tubuh yang memicu pembentukan keping darah baru sehingga menaikkan jumlah trombosit. Jambu biji juga mengandung magnesium, zat besi, fosfor, dan kalsium yang ikut membantu meningkatkan jumlah keping darah. Fosfor khususnya membantu memperbaiki jaringan-jaringan di sekitar pembuluh darah yang rusak dan mengalami kebocoran.

Jambu biji juga dinobatkan sebagai obat demam berdarah alami karena kaya akan quercetin. Quercetin adalah senyawa alami yang bisa menekan pertumbuhan virus dengue dalam tubuh pasien DBD. Namun, orang yang sedang sakit DBD sebaiknya makan atau minum sesuatu yang lebih mudah dicerna. Maka untuk menyiasati jambu biji sebagai obat tradisional DBD, smoothie berbahan dasar jambu biji adalah yang paling sempurna! *_^

Delima – Delima kaya akan nutrisi penting dan mineral yang menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh. Konsumsi buah delima mengurangi rasa kelelahan dan kelelahan. Menjadi sumber zat besi yang kaya, buah delima sangat bermanfaat bagi darah. Ini juga membantu dalam mempertahankan jumlah trombosit darah normal yang penting untuk pulih dari demam berdarah.

Kiwi – Buah kiwi kaya akan vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi oleh usus dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kacang Almond – Kacang adalah pilihan sehat untuk dikonsumsi. Untuk meningkatkan kekebalan, Anda dapat mengkonsumsi kacang almond karena kacang almond sangat kaya akan vitamin B, vitamin E dan magnesium yang memiliki peran yang penting dalam metabolisme tubuh. Bahkan beberapa butir almond sehari dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung juga lho!

Sayuran Terbaik Untuk Sembuh Cepat Dari Demam Berdarah

Daun Pepaya – Bagi Anda yang menderita demam berdarah, daun pepaya adalah pilihan terbaik. Daun pepaya kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Dalam beberapa studi klinis, peneliti membuktikan bahwa ekstrak daun pepaya Carica (daun pepaya) adalah pengobatan yang efektif untuk demam berdarah¹⁸. Sebuah studi ilmiah lain yang dilakukan pada tahun 2013 menemukan bahwa ekstrak daun pepaya secara signifikan meningkatkan jumlah trombosit pada hewan¹⁹.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk menguji pengaruhnya terhadap manusia, itu tidak akan menimbulkan masalah selama Anda tidak mengonsumsi lebih dari dosis yang disarankan. Ini mungkin obat rumah terbaik untuk membantu meningkatkan kembali jumlah trombosit darah selama masa pengobatan demam berdarah.

Hancurkan daun pepaya dan peras untuk mengekstrak jusnya. Ekstraknya meningkatkan jumlah trombosit ke tingkat yang lebih besar. Atau, Anda juga bisa merebus daun pepaya dalam air dan minum solusinya.

Brokoli – Brokoli adalah sumber Vitamin K yang membantu regenerasi trombosit darah. Jika ada penurunan tajam dalam jumlah trombosit, maka brokoli harus dimasukkan dalam diet harian pasien demam berdarah. Ini juga kaya akan antioksidan dan mineral.

Bayam – Bayam adalah sumber yang kaya akan zat besi , vitamin C, antioksidan, beta-karoten dan asam lemak omega-3 yang sangat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan jumlah level trombosit.

Bahan-Bahan lain Terbaik Untuk Sembuh Cepat Dari Demam Berdarah

Yogurt – Yoghurt merupakan sumber kalori, protein, vitamin, kalium. mineral yang baik dan mudah dikonsumsi.

Beberapa yogurt juga mengandung probiotik kuat yang merangsang fungsi sistem kekebalan tubuh yang akan membantu Anda lebih jarang sakit dan pada saat sakit pun akan sembuh lebih cepat²⁰.

Anda dapat menikmati suguhan menyegarkan yogurt kapan saja sepanjang hari yang juga akan membantu Anda meningkatkan kesehatan pencernaan.

Air kelapa – Selain memiliki rasa yang manis dan lezat, air kelapa kaya akan kandungan kalium, magnesium, natrium dan kalsium, namun rendah kalori dan karbohidrat.

Air kelapa terbentuk secara alami dalam buah dan mengandung air 94%, sedikit lemak, sedikit gula, kurang asam dan nol kalori serta elektrolit tinggi yang bisa menghidrasi tubuh dan mengembalikan ion tubuh Anda dengan mudah kapan saja, terutama di saat sakit.

Madu Sari Kurma – Madu sari kurma akan membantu Anda mengatasi rasa mual dan lemas akibat serangan virus demam berdarah. Selain itu, rasa manis yang ditinggalkan madu sari kurma tersebut pada lidah dan tenggorokan akan menstimulasi Anda untuk banyak minum air putih.

Jahe – Jahe memiliki rasa yang kuat yang digunakan untuk menambah rasa pada makanan dan minuman. Jahe juga merupakan bahan herbal penambah imunitas dan sangat efektif membantu dalam mengobati sakit tenggorokan, radang, mual dan gejala demam berdarah lainnya.

Kunyit – Kunyit memiliki banyak manfaat obat dan digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit. Sebagian besar manfaat ini disebabkan oleh karena kunyit (Curcuma longa) kaya akan kurkumin.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kurkumin di dalam kunyit bersifat anti inflamasi dan anti oksidan yang kuat selain dapat membantu melawan oksidatif dan mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh sekaligus melindungi organ dari kerusakan lebih lanjut, juga menghalangi peradangan hingga ke tingkat molekuler termasuk pada saluran pernafasan yang seringkali membuat sulit bernafas dan menyebabkan dada terasa berat dan sesak²¹.

Selain itu, fungsi imunomodulator dari kurkumin membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sementara sifat antivirusnya membantu dalam memerangi infeksi virus sehingga cocok menjadi obat demam berdarah dengue yang baik. Anda bisa menambahkan kunyit ke dalam susu Anda atau menyiapkan teh atau juga dapat ditambahkan ke makanan yang berbeda.

Bawang Putih – Bawang putih menambah rasa yang kuat pada makanan. Kehadiran belerang dalam bawang putih juga dapat berkontribusi untuk kekebalan yang lebih baik yang dapat membantu dalam memerangi infeksi. Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri dan anti jamur. Selain itu, bawang putih memiliki sifat antioksidan juga anti inflamasi berkat kandungan quercetin dan senyawa ‘allicin’ yang tinggi di dalamnya.

Beras Angkak – Angkak adalah jenis beras merah dari Tiongkok yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan angkak sebagai obat herbal DBD. Satu penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kapsul ekstrak angkak dapat meningkatkan trombosit pada tikus putih yang mengalami kadar trombosit dalam darah rendah²².

Penelitian ilmiah lainnya dari IPB melaporkan kombinasi angkak dan jambu biji juga dapat menjadi obat demam berdarah alami²³. Kemudian pada tahun 2013 dilakukan penelitian ilmiah oleh Universitas Airlangga yang hasilnya adalah kadar thrombopoietin (TPO) menurun pada pasien DBD yang diberi angkak²⁴.
Jadi pemberian angkak yang meningkatkan kadar trombosit dapat membantu pasien DBD lebih cepat sembuh.

Air Putih – Berapa banyak air yang harus diminum oleh pasien demam berdarah? Salah satu komplikasi dari demam berdarah adalah dehidrasi yang, jika tidak dipantau dan diobati dengan hati-hati, dapat menyebabkan syok, terutama pada mereka yang menderita demam berdarah dengue.

WHO telah merekomendasikan asupan cairan oral lima gelas atau lebih untuk orang dewasa yang diduga menderita demam berdarah²⁵.

Jus Giloy – Jus giloy adalah obat terkenal untuk demam berdarah dimana jus giloy efektif meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang kuat terbukti sangat membantu dalam memerangi demam berdarah secara efektif. Anda bisa merebus dua batang kecil tanaman giloy dalam segelas air lalu konsumsi saat agak hangat. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes jus giloy ke dalam secangkir air matang dan minum ini dua kali sehari²⁶.

Biji Fenugreek – Air biji Fenugreek kaya akan vitamin C, K, dan serat yang akan membantu menurunkan demam dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga secara tidak langsung juga membantu mengendalikan demam berdarah. Anda dapat merendam beberapa biji fenugreek dalam secangkir air panas. Biarkan air menjadi dingin dan minumlah dua kali sehari²⁶.

Patikan Kebo (Gulma) – Patikan kebo atau gulma adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di pekarangan rumah. Sebuah penelitian di Filipina membuktikan bahwa tanaman liar ini dapat mengurangi pembentukan plak virus DBD stereotip 1 dan 2 dengan cara dibersihkan dan airnya direbus untuk diminum penderita DBD²⁷.

Namun ingat, sebelum Anda mencoba tanaman patikan kebo untuk mengobati demam berdarah, konsultasi dulu ke dokter untuk saran dan dosis pengobatan yang tepat, ya!

Sup Kepiting – kepiting adalah makanan yang kaya nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Asupan sup kepiting secara teratur dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit darah sehingga dapat mengurangi komplikasi serius pada DBD (demam berdarah dengue).

Obat ini dapat membantu mempercepat pemulihan dari penyakit DBD (demam berdarah dengue). Namun, tetap berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat ya!

Resep Smoothie Terbaik Untuk Sembuh Cepat Dari Demam Berdarah

Berikut ini beberapa smoothie lezat lezat yang bisa Anda buat hari ini yang akan membantu Anda sembuh cepat dari DBD

Dengue De Lucha Papaya-Mangga Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 2/3 cangkir daun pepaya (cuci bersih, cacah kasar)
• 3/4 cangkir buah pepaya (kupas kulit, buang biji, cuci bersih, potong dadu besar, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 cangkir buah mangga (kupas kulit, buang biji, cuci bersih,potong dadu kecil, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah jeruk keprok (ambil perasan airnya saja)
• 2 cm jahe (kupas kulit, cuci bersih, parut)
• 1 sdm madu sari kurma
• 2 sdm yogurt yunani
Cara Membuat
1. Masukan semua bahan ke dalam blender.
2. Proses selama 45 detik, kemudian tuang ke gelas saji.
3. Sajikan dan enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

PiñaPepaya-Apples Fight DBD Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 3/4 cangkir daun pepaya (cuci bersih, cacah kasar)
• 3/4 cangkir buah pepaya (kupas kulit, buang biji, cuci bersih, potong dadu besar, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah apel merah ukuran besar ((kupas kulit, buang biji, cuci bersih, potong dadu besar, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 1/2 cangkir buah nanas ((kupas kulit, cuci bersih, potong dadu besar, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 2 sdm jeruk nipis
• 1-2 sdm madu sari kurma (sesuai selera)
• 2 sdm yogurt yunani
Cara Membuat
1. Masukan semua bahan ke dalam blender.
2. Proses selama 45 detik, kemudian tuang ke gelas saji.
3. Sajikan dan enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Ginger-Papaya Fight Dengue Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1/4 cangkir daun pepaya (cuci bersih, cacah kasar)
• 1 cangkir buah pepaya yang sudah matang (kupas kulit, buang biji, cuci bersih, potong dadu besar, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 3 buah jeruk manis ukuran sedang, kupas kulit, buang biji, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 cangkir bayam/brokoli (pilihan sesuai selera, ambil daunnya saja, cuci bersih)
• 1/4 cangkir yogurt yunani
• 2 cm jahe (kupas kulit, cuci bersih, parut)
• 1 sdm madu sari kurma
Cara Membuat
1. Masukan semua bahan ke dalam blender, lalu proses selama 45 detik.
2. Tuang ke gelas saji.
3. Sajikan dan enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Strawberry-Papaya Contra El Dengue

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1/2 cangkir daun pepaya (cuci bersih, cacah kasar)
• 1/2 cangkir buah pepaya yang sudah matang (kupas kulit, buang biji, cuci bersih, potong dadu besar, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah kiwi segar ukuran kecil (kupas kulit, potong dadu kecil)
• 1 cangkir buah stroberi (cuci bersih, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 sdm madu sari kurma
• ½ cangkir yogurt yunani
Cara Membuat
1. Masukan bahan-bahan kecuali buah kiwi ke dalam blender, lalu proses selama 45 detik.
2. Tuang ke gelas saji, taburkan potongan buah kiwi sebagai topping.
3. Sajikan dan enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Brócoli Fiebre Del Dengue Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 3/4 cangkir brokoli (cuci bersih, cacah kasar)
• 1/2 cangkir buah pepaya (kupas kulit, buang biji, cuci bersih, potong dadu besar, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah jeruk nipis ukuran sedang (kupas kulit, buang biji)
• 2 sdt madu sari kurma
• 1/4 cangkir yogurt yunani
• 3 butir buah kurma (buang biji, cacah kasar)
Cara Membuat
1. Masukan bahan-bahan, kecuali madu, ke dalam blender lalu proses selama 45 detik.
2. Tuang ke gelas saji, campurkan madu dan aduk selama sekitar 5 detik.
3. Sajikan dan enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Fechas de Piña Contra El Dengue Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1/2 cangkir daun pepaya (cuci bersih, cacah kasar)
• 1/4 cangkir buah pepaya (kupas kulit, buang biji, cuci bersih, potong dadu besar, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 1/2 cangkir buah nanas (kupas kulit, cuci bersih, potong dadu besar, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 7 buah kurma (buang biji, cacah kasar)
• 1/4 cangkir yogurt yunani
• 1 sdm madu sari kurma
Cara Membuat
1. Masukan semua bahan ke dalam blender.
2. Proses selama 45 detik, kemudian tuang ke gelas saji.
3. Sajikan dan enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Red Guava Luchar Contra El Dengue Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 3/4 cangkir daun bayam (cuci bersih, cacah kasar)
• 1/2 cangkir buah pepaya (kupas kulit, buang biji, cuci bersih, potong dadu besar, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 cangkir buah jambu biji merah (kupas kulit, potong dadu besar, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah jeruk nipis ukuran sedang (kupas kulit, buang biji)
• 1/4 cangkir yogurt yunani
• 5 butir buah kurma (buang biji)
• 1 sdm madu sari kurma
Cara Membuat
1. Masukan semua bahan ke dalam blender.
2. Proses selama 45 detik, kemudian tuang ke gelas saji.
3. Sajikan dan enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Almendras-Espinacas Versus DBD Srikaya Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan Bahan
• 3/4 cangkir bayam (ambil daunnya saja, cuci bersih, cacah kasar)
• 1/2 cangkir buah pepaya (kupas kulit, buang biji, potong dadu besar, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 1/3 cangkir kacang almond (cacah kasar)
• 2 buah srikaya ukuran sedang (kupas kulit)
• 1/4 cangkir yogurt yunani
• 5 butir buah kurma (buang biji, cacah kasar)
• 1 sdm madu sari kurma (pilihan)
Cara Membuat
1. Masukkan bahan-bahan, kecuali buah kurma, ke dalam blender lalu proses selama 45 detik.
2. Tuang ke dalam gelas saji, taburkan buah kurma yang sudah dicacah kasar sebagai topping.
3. Sajikan dan enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Hojas de Papaya Oponentes de DBD Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan Bahan
• 4 lembar daun pepaya (cuci bersih, cacah kasar)
• 2 buah jeruk nipis/lemon ukuran sedang (pilihan sesuai selera, peras airnya saja)
• 2 buah kiwi ukuran sedang (kupas kulit, potong dadu, bekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 siung bawang putih (kupas kulit, cuci bersih, cacah kasar)
• 2 sdm kacang almond (cacah kasar)
• 2 sdt madu sari kurma
• 2 sdm yogurt yunani
Cara Membuat
1. Masukan semua bahan ke dalam blender.
2. Proses selama 45 detik, kemudian tuang ke gelas saji.
3. Sajikan dan enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Apa Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Demam Berdarah Untuk Sembuh Cepat?

Seiring dengan menambahkan beberapa makanan yang tepat yang dapat membantu Anda untuk sembuh cepat dari demam berdarah, Anda perlu juga menghindari beberapa makanan.

Makanan yang harus dihindari selama demam berdarah adalah makanan yang mengandung salisilat yang mana dapat membuat darah lebih tipis dan memperlambat pembekuan darah sehingga meningkatkatkan resiko terjadinya pendarahan. Adapun makanan tersebut seperti :

  • Kentang
  • Tomat
  • Lada

Selain itu, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman yang dapat menurunkan jumlah trombosit Anda, seperti :

  • Kina, yang umumnya terdapat dalam air tonik
  • Alkohol
  • Jus Cranberry
  • Susu Sapi
  • Tahini

Beberapa makanan lain dan minuman yang perlu Anda hindari untuk menjaga agar kemajuan perawatan Anda terkendali dan Anda dapat cepat sembuh dari demam berdarah adalah :

  • Makanan berminyak dan digoreng
  • Kafein
  • Minuman Berkarbonasi
  • Makanan Pedas
  • Makanan berlemak tinggi

Cara Lain Untuk Sembuh Cepat Dari Demam Berdarah

Berikut ini adalah beberapa solusi cara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan demam berdarah yang dapat membantu Anda untuk sembuh cepat dari demam berdarah dan mengendalikan resiko komplikasinya.

  • Lakukan 4M Plus, yaitu Menguras bak penampungan air, Menutup tempat penyimpanan air, Mendaur ulang barang bekas dan Memantau jentik nyamuk, Plus memelihara ikan cupang, dan menanam sereh juga lavender.
  • Jangan Merokok
  • Meningkatkan Makanan Imunitas – Sistem kekebalan yang kuat membantu Anda mencegah demam berdarah dan juga membantu pemulihan cepat dari demam berdarah. Kekebalan yang kuat juga akan mengobati gejala awal demam berdarah. Anda harus menambahkan makanan penambah kekebalan ke dalam makanan Anda.
  • Berolahraga secara teratur
  • Pertahankan berat badan yang sehat
  • Jika Anda minum alkohol, minumlah maksimal hanya dalam jumlah sedang
  • Tidur yang cukup
  • Ambil langkah-langkah untuk menghindari infeksi, seperti sering mencuci tangan dan memasak daging dengan seksama

Konsumsi Suplemen yang meningkatkan jumlah trombosit. Apapun beberapa suplemen yang akan sangat membantu Anda untuk dapat sembuh cepat dari demam berdarah dengan meningkatnya jumlah trombosit dalam tubuh Anda antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kolostrum Sapi – Kolostrum sapi yang merupakan zat pertama yang diterima bayi sapi dari induknya.
  • Sebuah penelitian informal yang dilakukan oleh Asosiasi Pendukung Gangguan Trombosit menunjukkan bahwa beberapa orang melaporkan efek menguntungkan pada jumlah trombosit mereka setelah meminumnya²⁸.

    Selain itu, sebuah studi ilmiah telah dilakukan pada tahun 2017 Elemen Sourceidentified kolostrum yang mengandung protein yang terlibat dalam aktivasi trombosit serta respon imun²⁹.

  • Melatonin – Walaupun tubuh Anda secara alami menghasilkan melatonin, tetapi ketika Anda membutuhkan melotonin tambahan karena kebutuhan masalah kesehatan Anda, Anda juga dapat menemukannya dalam bentuk cair, tablet, atau lotion di banyak toko makanan kesehatan. Meskipun sering digunakan untuk memperbaiki tidur, Melatonin juga merupakan antioksidan kuat yang dapat memberikan berbagai manfaat lainnya³⁰ termasuk untuk meningkatkan kadar trombosit³¹.

Pertimbangan Dan Pemikiran Akhir

Demam berdarah mempengaruhi banyak sekali populasi setiap tahunnya. Setiap tahun juga orang-orang disarankan untuk mempraktikkan langkah-langkah pencegahan demam berdarah untuk menghentikan penyebarannya.

Air yang tergenang menawarkan tempat berkembang biak bagi nyamuk yang menyebarkan demam berdarah. Jika Anda didiagnosis menderita demam berdarah, Anda harus sangat berhati-hati memilih makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi agar dapat cepat sembuh sepenuhnya.

Makanan yang tepat selain akan membantu meringankan berbagai gejala demam berdarah yang Anda alami, juga akan memberi Anda beberapa bantuan tambahan bersama dengan obat yang disarankan dalam pemulihan cepat dari demam berdarah.

Oleh sebab itu, jangan lupa bahwa seiring dengan itu, sebaiknya Anda juga perlu menghindari beberapa makanan dan minuman yang kiranya akan menghambat kemajuan perawatan Anda. Di atas semuanya itu, Selalu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum mencoba pengobatan alternatif dan minta saran serta dosis pengobatan dan perawatan yang tepat, ya!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan orang-orang yang Anda sayangi. Jangan lupa untuk terus mengikuti saya @Smoothiedokter untuk mengetahui lebih banyak resep dan tips tentang smoothie yang sehat dan alami, ya! ^_^

Pertanyaan-Pertanyaan Terkait

Bisakah Demam Berdarah Berulang Kembali?

Pada dasarnya saat ini telah ada 4 jenis Dengue yang berbeda dimana demam berdarah disebabkan oleh salah satu dari empat virus terkait yaitu Virus dengue 1, 2, 3, dan 4.

Seorang pasien bisa terkena demam berdarah dari dua atau lebih jenis demam berdarah yang berbeda. Karenanya seseorang dimungkinkan untuk dapat terinfeksi virus dengue sebanyak empat kali dalam masa hidupnya dan kekebalan terhadap satu jenis membuat infeksi oleh jenis lain berikutnya lebih berbahaya.

Pertama kali seseorang menderita karena demam berdarah, ia mengembangkan kekebalan terhadap jenis virus itu. Namun kekebalan ini hanya memberikan perlindungan parsial dan sementara terhadap infeksi selanjutnya oleh tiga serotipe virus lainnya. Selain itu kekebalan tubuh, karena usia, dapat berkurang dari waktu ke waktu dan sistem kekebalan tubuh mungkin membuat kesalahan yang sama ketika berjuang melawan serangan demam berdarah berulang-ulang, menurut sebuah penelitian baru.

Ketika pasien terinfeksi virus dengue dua kali atau bahkan lebih, sistem tubuh mereka dapat menurun dengan jenis lain demam berdarah dengue jauh lebih berbahaya dan bentuk penyakit yang lebih parah yang dapat menyebabkan kerusakan organ besar-besaran, dehidrasi, pendarahan internal yang parah, kerusakan hati dan bahkan kematian.

Bagaimana Orang Tertular Demam Berdarah?

Infeksi virus dengue menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang sebelumnya telah menggigit orang yang terinfeksi.

Virus ini tidak menular dan tidak dapat menyebar langsung dari orang ke orang. Itu adalah nyamuk, jadi harus ada jalur orang-ke-nyamuk-ke-orang lain.
Seekor nyamuk menggigit orang yang terinfeksi dengue dan terinfeksi dengue.

Nyamuk itu kemudian menggigit orang lain dan menularkan infeksi virus dengue kepada orang itu. Siklus hidup penuh virus melibatkan nyamuk Aedes sebagai vektor (pemancar) dan manusia sebagai sumber infeksi. Sekali lagi saya katakan, Hanya gigitan nyamuk yang terinfeksi yang dapat menularkan demam berdarah. Jadi Menghindari nyamuk penting untuk menghindari tertular demam berdarah, ya!

Bisakah Mandi Saat Demam Berdarah?

Suranjit Chatterjee, Konsultan Senior, Obat Penyakit Dalam, Rumah Sakit Indraprastha Apollo, New Delhi mengatakan seseorang bahkan dapat mandi kepala saat demam tetapi kemudian mereka harus mengeringkan rambut mereka dengan benar. Membiarkan rambut basah dapat memperburuk situasi.

Orang yang menderita demam biasa pasti bisa mandi tetapi tidak untuk semua jenis demam. Sebagai contoh, jika seseorang menderita demam pasca operasi, dia tidak boleh mandi karena dapat mempengaruhi luka atau jahitan.

Selain itu, mandi selama demam tidak hanya membuat rileks tetapi juga membantu menurunkan suhu tubuh.

Ada dua jenis mandi demam yaitu mandi spons dan bak mandi / shower. Mandi spons untuk bayi dan anak kecil yang tidak bisa mandi sendiri, sedangkan bak mandi / pancuran diambil setiap kali Anda tidak kedinginan, Anda bisa masuk ke bak mandi dan mandi busa, tambah dokter Suranjit³².

Referensi, Sumber, Kutipan, dan Para Ahli Diwawancarai

¹ Mishra, V. A., Harbada, R., & Sharma, A. (2015). Vitamin B12 and vitamin d deficiencies: an unusual cause of Fever, severe hemolytic anemia and thrombocytopenia. Journal of family medicine and primary care, 4(1), 145–148. https://doi.org/10.4103/2249-4863.152276 Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4366991/.

² Morris, V. K., Spraker, H. L., Howard, S. C., Ware, R. E., & Reiss, U. M. (2010). Severe thrombocytopenia with iron deficiency anemia. Pediatric hematology and oncology, 27(5), 413–419. https://doi.org/10.3109/08880011003739455 Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3439835/.

³ Packer, L., Bordia M.D., F.A.C.C. , A., & Verma M.D., S. . (1985). Abstract. In Vitamin C in Health and Disease. CRC Press Retrieved from https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/clc.4960081012.

Péneau, S., Dauchet, L., Vergnaud, A. C., Eustaquio, C., Kesse-Guyot, E., Bertrais, S., Latino-Martel, P., Hercberg, S., & Galan, P. (2008). Relationship between iron status and dietary fruit and vegetables based on their vitamin C and fiber content. The American journal of clinical nutrition, 87(5), 1298–1305. https://doi.org/10.1093/ajcn/87.5.1298 Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18469253/.

Ballot, D., Baynes, R. D., Bothwell, T. H., Gillooly, M., MacFarlane, B. J., MacPhail, A. P., Lyons, G., Derman, D. P., Bezwoda, W. R., & Torrance, J. D. (1987). The effects of fruit juices and fruits on the absorption of iron from a rice meal.The British journal of nutrition,57(3), 331–343. https://doi.org/10.1079/bjn19870041 Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/3593665/.

Elliott, RD, B. (2016, October 3). The 20 Healthiest Fruits on the Planet. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/20-healthiest-fruits.

RD, B. E. (2016, October 3). The 20 Healthiest Fruits on the Planet. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/20-healthiest-fruits.

Rathnavelu, V., Alitheen, N. B., Sohila, S., Kanagesan, S., & Ramesh, R. (2016). Potential role of bromelain in clinical and therapeutic applications. Biomedical reports, 5(3), 283–288. https://doi.org/10.3892/br.2016.720 Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27602208/.

Slavin J. (2013). Fiber and prebiotics: mechanisms and health benefits.Nutrients,5(4), 1417–1435. https://doi.org/10.3390/nu5041417 Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23609775/.

¹⁰ Hyson D. A. (2011). A comprehensive review of apples and apple components and their relationship to human health.Advances in nutrition (Bethesda, Md.),2(5), 408–420. https://doi.org/10.3945/an.111.000513 Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22332082/.

¹¹ Boyer, J., & Liu, R. H. (2004). Apple phytochemicals and their health benefits. Nutrition journal,3, 5. https://doi.org/10.1186/1475-2891-3-5 Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15140261/.

¹² Serafini, M., Peluso, I., & Raguzzini, A. (2010). Flavonoids as anti-inflammatory agents. The Proceedings of the Nutrition Society, 69(3), 273–278. https://doi.org/10.1017/S002966511000162X Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20569521/.

¹³ Shah, K. A., Patel, M. B., Patel, R. J., & Parmar, P. K. (2010). Mangifera indica (mango). Pharmacognosy reviews, 4(7), 42–48. https://doi.org/10.4103/0973-7847.65325 Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3249901/.

¹⁴ Aderibigbe, A. O., Emudianughe, T. S., & Lawal, B. A. (1999). Antihyperglycaemic effect of Mangifera indica in rat. Phytotherapy research : PTR, 13(6), 504–507. https://doi.org/10.1002/(sici)1099-1573(199909)13:6<504::aid-ptr533>3.0.co;2-9 Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10479762/.

¹⁵ Gajowik, A., & Dobrzyńska, M. M. (2014). Lycopene – antioxidant with radioprotective and anticancer properties. A review. Roczniki Panstwowego Zakładu Higieny, 65(4), 263–271. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25526570/.

¹⁶ Schweiggert, R. M., Kopec, R. E., Villalobos-Gutierrez, M. G., Högel, J., Quesada, S., Esquivel, P., Schwartz, S. J., & Carle, R. (2014). Carotenoids are more bioavailable from papaya than from tomato and carrot in humans: a randomised cross-over study. The British journal of nutrition, 111(3), 490–498. https://doi.org/10.1017/S0007114513002596 Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23931131/.

¹⁷ Muss, C., Mosgoeller, W., & Endler, T. (2013). Papaya preparation (Caricol®) in digestive disorders. Neuro endocrinology letters, 34(1), 38–46. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23524622/.

¹⁸ Cunha, DO, FACOEP, J. P., & Stöppler, MD, M. C. (Ed.). (2019, December 5). Dengue Fever. Retrieved from https://www.medicinenet.com/dengue_fever/article.htm.

¹⁹ Dharmarathna, S. L., Wickramasinghe, S., Waduge, R. N., Rajapakse, R. P., & Kularatne, S. A. (2013). Does Carica papaya leaf-extract increase the platelet count? An experimental study in a murine model. Asian Pacific journal of tropical biomedicine, 3(9), 720–724. https://doi.org/10.1016/S2221-1691(13)60145-8 Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3757281/.

²⁰ King, S., Glanville, J., Sanders, M. E., Fitzgerald, A., & Varley, D. (2014). Effectiveness of probiotics on the duration of illness in healthy children and adults who develop common acute respiratory infectious conditions: a systematic review and meta-analysis. The British journal of nutrition, 112(1), 41–54. https://doi.org/10.1017/S0007114514000075 Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24780623/.

²¹ Damanik, D. P. (2019). Pengujian Emisi Formaldehida Papan Partikel dari Limbah Daun Teh (Camellia sinensis L.) dan Kayu Meranti (Shorea sp.) Secara In Vivo Terhadap Mencit (Mus musculus).Skripsi Sarjana. Retrieved from http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/13177.

²² Nurlaili, E., Ai, H., & Iswantini P, D. (2012). Peningkatan Kadar Trombosit oleh Kapsul Monascus Powder (MP) pada Hewan Uji Tikus Putih Sprague dawley. Scientific Repository Journal, 1395. Retrieved from http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/54726.

²³ H., Andrianto, D., Satyaningtijas, A. S., & Rosary, . (2015). Combination of Angkak (Red Yeast Rice), Red Guava (Psidium guajava Linn) Leaf Extract and Red Guava Fruit Juice Increase Thrombocyte in Quinine-Exposed Rats. IOSR Journal Of Pharmacy, 5(4), 01–06. Retrieved from www.iosrphr.org.

²⁴ Diansyah, M. N., ., & Triyono, E. A. (2013). EFFECT OF RED YEAST RICE (Monascus Purpureus) EXTRACT TO THE TROMBOPOIETIN LEVEL IN DENGUE INFECTED PATIENTS. Folia Medica Indonesiana Journal, 49(4), 220–225. http://www.journal.unair.ac.id/ Retrieved from http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/fmi0187523c38full.pdf.

²⁵ Nasir, N. H., Mohamad, M., Lum, L., & Ng, C. J. (2017). Effectiveness of a fluid chart in outpatient management of suspected dengue fever: A pilot study. PloS one, 12(10), e0183544. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0183544 Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5627892/.

²⁶ Vats, V. (2019, August 30). Dengue Fever: 5 Effective Home Remedies For Dengue Fever You Must Try. Retrieved from https://www.ndtv.com/health/dengue-fever-5-effective-home-remedies-for-dengue-fever-you-must-try-2093034.

²⁷ Perera, S. D., Jayawardena, U. A., & Jayasinghe, C. D. (2018). Potential Use of Euphorbia hirta for Dengue: A Systematic Review of Scientific Evidence. Journal of Tropical Medicine, 2018(2048530), 1–7.https://doi.org/10.1155/2018/2048530 Retrieved from https://www.hindawi.com/journals/jtm/2018/2048530/.

²⁸ Watson, K., & Rogers, MD, G. (Ed.). (2017, December 12). How to Naturally Increase Your Platelet Count. Retrieved from https://www.healthline.com/health/how-to-increase-platelet-count.

²⁹ Mathivanan, ., Jois, ., Versteegen, E., Adda, C. G., Ang, C. S., Anand, S., … Samuel, M. (2017). Bovine milk-derived exosomes from colostrum are enriched with proteins implicated in immune response and growth. A Nateresearch Journal, 7(5933). https://doi.org/10.1038/s41598-017-06288-8 Retrieved from https://www.nature.com/articles/s41598-017-06288-8

³⁰ Raman, MS, RD, R. (2017, September 3). How Melatonin Can Help You Sleep and Feel Better. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/melatonin-and-sleep.

³¹ Ozsavci, D., Nazli, A., Bingol Ozakpinar, O., Yanikkaya Demirel, G., Vanizor Kural, B., & Sener, A. (2018). Native High-Density Lipoprotein and Melatonin Improve Platelet Response Induced by Glycated Lipoproteins. Folia biologica, 64(4), 144–152 Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/?term=melotonin+to+increase+platelet+levels.

³² T. (2018). Is it ok to take a bath when you are down with fever? ETimes Entertainment Times, 11(47). Retrieved from https://timesofindia.indiatimes.com/.

Yohana

Menetap di Jakarta-Indonesia, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, Yohana menyukai kegiatan bepergian, menulis, menghabiskan waktu bersama keluarga, juga memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Menciptakan dan membangun website 'smoothiedokter.com' impian dan tujuan Yohana adalah berbagi informasi yang paling tidak bias dan informatif tentang diet, gaya hidup sehat, dan kekuatan penyembuhan dari semua makanan alami- dan tentu saja tentang Smoothie. kepada teman-teman, sanak keluarga dan kerabat serta banyak orang Indonesia.

Share Lha!