Share Lha!

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), Infertilitas atau gangguan kesuburan adalah sebuah permasalahan sistem reproduksi yang dapat digambarkan dengan kegagalan untuk memperoleh kehamilan setelah 12 bulan atau lebih setelah melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan alat konsepsi.

Jenis ketidaksuburan pada wanita, antara lain:

  1. Gagal ovulasi yaitu gagal memproduksi sel telur yang matang, penyebabnya karena masalah hormonal.
  2. Fungsi tuba falopi kurang baik, Penyebab kerusakannya adalah karena infeksi bakteri dan virus.
  3. Faktor lain seperti kelainan pada rahim, adanya polip, lendir pada mulut rahim kurang, serta pola hidup yang tidak sehat, misalnya merokok dan minum alkohol.

Agar cepat hamil, apakah ada upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan wanita? Untuk bisa cepat mendapatkan keturunan, beberapa hal pun perlu Anda lakukan, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tinggi kandungan vitamin dan mineral peningkat kesuburan.

Dr.Karno Suprapto, Sp.OG, dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan mengatakan, “kesuburan wanita pada dasarnya sudah ada sejak lahir, asalkan si wanita selalu menjaga kesehatan. Supaya cepat hamil. Perhatikan juga makanan dan minumannya : penuhi kebutuhan protein, baik nabati maupun hewani, juga karbohidrat dan lemak”.

The British Fertility Society menyebutkan bahwa perempuan yang mengalami obesitas harus menurunkan berat badannya menjadi normal agar dapat subur kembali. Sementara itu, Amelia McLennan, MD, spesialis fetomaternal di UC Davis Medical Center (web MD) mengingatkan bahwa kelebihan maupun kekurangan berat badan akan mengganggu kesuburan dan menghambat proses ovulasi.

Dalam artikel berikut ini, saya akan akan bagikan beberapa resep smoothie yang dapat membantu meningkatkan kesuburan tersebut, terutama bagi para wanita yang ingin cepat hamil. Selain cara membuatnya yang sederhana, beberapa resep smoothie ini menggunakan bahan-bahan alami yang sangat terjangkau di Indonesia.

Dalam memaksimalkan kerja dan fungsi hormon reproduksi, konsumsi beragam nutrisi seperti Vitamin B6 dan Zink atau Seng sangatlah penting.

Smoothie dapat meningkatkan kesuburan wanita saat menggunakan buah-buahan, ataupun sayuran dan beberapa bahan khusus lainnya (Kita akan membahasnya nanti) yang mengandung beragam nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan fungsi hormon tubuh, khususnya hormon reproduksi.

Dan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari smoothie, setelah lima menit mengkonsumsi smoothie, minumlah secangkir air lemon.

Bahan-Bahan Smoothie Yang Membantu Meningkatkan Kesuburan Wanita

Menjaga pola makan yang baik berperan penting dalam upaya meningkatkan kualitas kesuburan wanita agar cepat hamil.

Berikut beberapa asupan makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas kesuburan wanita. Bahan-bahan tertentu telah dibuktikan dalam penelitian-penelitian ilmiah dapat meningkatkan kesuburan wanita. Mari kita bahas sekarang.

Buah-Buahan Yang Membantu Meningkatkan Kesuburan Wanita

Delima – Dipakai sebagai simbol kesuburan pada zaman kuno karena mampu membantu mendongkrak libido. Buah delima kaya akan vitamin C, vitamin A, E, B3, asam folat, potasium, dan serat yang merupakan nutrisi penting bagi kesuburan.

Buah Delima juga mengandung antioksidan yang kadarnya 3x lebih tinggi daripada green tea sehingga sangat melindungi DNA dari kerusakan yang memicu terjadinya malnutrisi dan keguguran.

Alpukat – Buah Alpukat kaya akan Omega 3 dan lemak tidak jenuh yang penting dalam produksi hormon. Buah ini juga kaya akan asam folat, dan banyak serat, namun rendah kolesterol sehingga baik untuk keseimbangan hormon.

Kiwi – Kiwi mengandung magnesium, vitamin E, mangan, serat, dan potasium yang bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Hal ini sangat penting terutama bagi wanita dengan PCOS. Selain itu, kiwi kaya akan asam folat dan Vitamin C yang membantu terjadinya ovulasi di dalam tubuh, dan dapat melindungi melindungi sel DNA dalam telur.

Mangga – Mangga kaya akan anti-oksidan, karotenoid, vitamin C, B, dan E yang membantu terjadinya ovulasi di dalam tubuh. Mangga juga kaya akan potasium, magnesium, asam folat dan vitamin B6 yang baik untuk melancarkan menstruasi wanita.

Pisang – Pisang adalah buah yang tinggi sumber kalium, serat, vitamin C, antioksidan dan fitonutrien. Buah ini juga kaya akan kandungan Zink dan vitamin B6 yang penting dalam meregulasi hormon reproduksi dan akan membantu terjadinya ovulasi di dalam tubuh.

Vitamin B6 sangatlah penting untuk pembuahan karena vitamin ini berfungsi mengatur keseimbangan hormon. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan juga dapat menyebabkan pertumbuhan sel telur terganggu.

Semangka – Hampir 92% buah semangka terdiri dari air dan gula buah, itu sebabnya mengkonsumsi buah ini bisa mencegah dehidrasi. Jika Anda dehidrasi, cairan serviks akan lebih lamban. Selain rasanya yang manis dan segar, buah semangka juga mengandung antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan lain yang juga tinggi dalam buah ini adalah vitamin A,C, dan B6, asam amino, juga potasium dan magnesium.

Apel – Buah apel merupakan sumber alami vitamin A, B6, B12, C dan D, juga kalsium, zat besi, dan magnesium. Kandungan nutrisi inilah yang akan membantu memaksimalkan kerja usus dan pencernaan yang sehat.

Berry : Strawberri, Blueberry, Raspberry – Kaya antioksidan alami dan phytonutrien anti-radang juga tinggi folat dan vitamin C yang meningkatkan terjadinya ovulasi di dalam tubuh wanita.

Nanas – Nanas mengandung enzim bromelain yang berguna mengurangi peradangan atau bengkak pada tubuh, dimana kedua hal ini banyak ditemukan pada kasus infertilitas.

Buah nanas juga kaya akan vitamin C yang membantu terjadinya ovulasi di dalam tubuh. Waktu terbaik untuk mengkonsumsi nanas adalah setelah ovulasi hingga menstruasi selesai.

Pepaya – Buah pepaya sangat baik untuk kesuburan karena tinggi kandungan anti-oksidan yang bermanfaat untuk melindungi sel telur.

Jambu – Buah ini kaya akan anti-oksidan, folat, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, vitamin A, dan magnesium yang dapat meningkatkan kesuburan. Jambu memiliki indeks glikemik rendah yang baik untuk keseimbangan hormon.

Buah Ara – Buah ara kaya akan serat dan kalsium yang penting untuk membuang kelebihan hormon estrogen dan xenoestrogen dalam tubuh agar tidak diserap oleh sistem pencernaan.

Daun ara juga dapat menurunkan kadar gula darah (insulin) sehingga baik untuk perempuan penderita PCOS (tidak mengalami ovulasi rutin).

Jeruk – buah jeruk tinggi dan padat akan kandungan potasium, kalsium, vitamin C dan B6 serta asam folat yang akan membuat siklus ovulasi lebih lancar dan membantu lancarnya proses pelepasan sel telur dari ovarium.

Sayuran Yang Membantu Meningkatkan Kesuburan Wanita

Daun Ubi – Mengandung fitoestrogen, yang merangsang pelepasan telur dari indung telur dan membantu mengobati defek fase luteal pada wanita.

Wortel – Wortel merupakan sumber beta karoten yang luar biasa.

Kentang – Tinggi vitamin C dan efektif dalam mengobati defek fase luteal.

Brussels Sprout – Brussels sprout memiliki kandungan tinggi asam folat.yang akan membantu mempertahankan dinding rahim.

Kubis – Kubis merupakan sumber yang baik dari Di-indole metana, yang membantu mencegah endometriosis dan fibroid

Kembang Kol – Selain membantu mempertajam sistem kekebalan tubuh, kembang kol juga berfungsi untuk meningkatkan dorongan seksual

Lobak – Membantu mempertajam sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan dorongan seksual

Brokoli – Selain berfungsi untuk meningkatkan dorongan seksual, brokoli sangat membantu mempertajam sistem kekebalan tubuh, brokoli juga kaya vitamin C dan folat, yang penting untuk proses ovulasi.

Bahan Khusus Lainnya Yang Membantu Meningkatkan Kesuburan Wanita

Air Putih – Mengkonsumsi air putih yang sesuai dengan kebutuhan tubuh harian akan membantu keseluruhan fungsi organ tubuh menjaga keseimbangan hormon. Pakar kesuburan wanita Zita West mengatakan bahwa air mineral membantu suplai darah ke otak lancar dan khususnya pada wanita bisa memperkuat lapisan rahim.

Susu MurniKaya akan kandungan hormon yang mampu membantu meningkatkan kesuburan wanita.

Kacang-Kacangan – memiliki banyak nutrisi yang penting dalam menjaga dan meningkatkan fungsi hormon kesuburan yaitu zink atau seng, protein, Vitamin B6, Vitamin E.

Gandum – Gandum memiliki karbohidrat kompleks yang membantu dalam menyeimbangkan hormon reproduksi. Gandum juga kaya akan serat dan vitamin E yang diperlukan untuk meningkatkan fungsi hormon.

Minyak IkanMeningkatkan aliran darah ke rahim dan siklus menstruasi yang teratur.

Resep Smoothie Yang Akan Meningkatkan Kesuburan Wanita – Lezat Dan Mudah Dibuat

Berikut adalah beberapa ide smoothie yang lezat dan mudah dibuat yang akan membantu meningkatkan kesuburan wanita agar cepat hamil.

Spinach Berries Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 150 gram stroberi segar (buang daun dan tangkai)
• 150 gram stroberi segar blueberry
• 45 gram kacang almond
• 1 buah pisang ukuran sedang
• 1 sdm madu, sebaiknya madu murni
• 125 ml air kelapa muda
• 90 gram daun bayam
• ½ sdt bubuk kayu manis
• ¼ cangkir es batu (pilihan, terutama bila buah-buahan belum dibekukan terlebih dahulu sebelum diproses)
Cara Membuat
1. Campur bahn-bahan, kecuali bayam, ke dalam blender.
2. Lalu proses selama 35 detik hingga tekstur cairan kental dan lembut.
3. Kemudian masukkan bayam, dan proses kembali selama 15 detik hingga semua bahan tercampur rata dengan tekstur cairan kental dan lembut.
4. Sajikan dan sebaiknya minum smoothies Anda dalam waktu 10 menit setelah disajikan untuk memperoleh keuntungan penuh dari nutrisinya. Karena setelah 15 menit, smoothie akan mulai teroksidasi dan warnanya berubah kecokelatan dimana smoothie akan kehilangan semua kekuatan dan kebaikan nutrisinya.

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Citrus Berries Banana Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 60 gram stroberi segar yang sudah dibekukan semalaman sebelum diblender
• 60 gram blackberry segar yang sudah dibekukan semalaman sebelum diblender
• 60 gram blueberry segar segar yang sudah dibekukan semalaman sebelum diblender
• 1 buah pisang utuh ukuran sedang, bekukan semalaman sebelum diblender (pilihan}
• ½ cangkir Greek yogurt tawar
• ½ cangkir air perasan buah jeruk
• 1 sdm madu alami
Cara Membuat
1. Campur semua bahan jadi satu ke dalam blender. Proses hingga tekstur cairan lembut dan kental (sesuai kekentalan yang diinginkan).
2. Sajikan dan sebaiknya minum smoothies Anda dalam waktu 10 menit setelah disajikan untuk memperoleh keuntungan penuh dari nutrisinya. Karena setelah 15 menit, smoothie akan mulai teroksidasi dan warnanya berubah kecokelatan dimana smoothie akan kehilangan semua kebaikan dan kekuatan nutrisinya.

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Blackberry Banana Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 buah pisang utuh ukuran sedang, bekukan semalaman
• Setangkup besar bayam
• 125 gram frozen blackberry — Anda bisa membeli versi segarnya, dan bekukan semalaman sebelum diblender
• 1 sdm almond butter
• 125 ml air kelapa, atau air putih biasa
• 1 sdm madu alami atau 4 tetes gula Stevia cair (optional)
• 1 sdt ekstrak vanilla
• Es batu, secukupnya
Cara Membuat
1. Campur semua bahan jadi satu ke dalam blender. Proses hingga tekstur cairan kental dan lembut (tergantung pada kekentalan yang diinginkan) Anda bisa tambahkan atau kurangi air kelapa untuk mendapatkan konsistensi smoothies yang Anda sukai.
2. Selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Very Berry Grape Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• ½ cangkir buah anggur segar
• 1 cangkir buah strawberries (buang daun dan tangkai) – yang sudah dibekukan semalaman sebelum diblender
• 1 cangkir buah blueberries – yang sudah dibekukan semalaman sebelum diblender
• ½ cangkir yogurt rendah lemak
• ½ cangkir susu rendah lemak
• 1 bongkah kecil es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Campur semua bahan jadi satu ke dalam blender.
2. Lalu proses selama 35 detik hingga semua bahan tercampur rata dengan tekstur cairan kental dan lembut.
3. Sajikan dan sebaiknya minum smoothies Anda dalam waktu 10 menit setelah disajikan untuk memperoleh keuntungan penuh dari nutrisinya. Adapun setelah 15 menit, smoothie akan mulai teroksidasi dan warnanya berubah kecokelatan dimana smoothie akan kehilangan semua kekuatan dan kebaikan nutrisinya.
4. Selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Strawpinepeachmang Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• strawberries
• mangoes
• peaches
• pineapple
• almond milk
• 2 bongkah kecil es batu (pilihan, terutama apabila buah-buahan yang digunakan tidak dibekukan semalaman sebelum diblender)
Cara Membuat
1. Campur semua bahan jadi satu ke dalam blender.
2. Lalu proses selama 30 detik hingga semua bahan tercampur rata dengan tekstur cairan kental dan lembut.
3. Sajikan dan sebaiknya minum smoothies Anda dalam waktu 10 menit setelah disajikan untuk memperoleh keuntungan penuh dari nutrisinya. Adapun setelah 15 menit, smoothie akan mulai teroksidasi dan warnanya berubah kecokelatan dimana smoothie akan kehilangan semua kekuatan dan kebaikan nutrisinya.
4. Selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Cara Lain Untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita agar Cepat Hamil

Selain mengkonsumsi makanan juga minuman yang dapat membantu menjaga kesuburan, diperlukan perubahan gaya hidup selama proses mempersiapkan kehamilan, seperti :

  • Setelah 5 menit mengkonsumsi smoothie, minum secangkir air lemon
  • Menghindari konsumsi alkohol
  • Tidak menjadi perokok aktif maupun pasif
  • Mengontrol berat badan yang ideal
  • Olahraga yang cukup dan teratur – Rutin jalan kaki tingkatkan kesuburan wanita.
  • Menghindari pekerjaan yang terpapar bahanbahan kimia
  • Penggunaan pembalut di saat sedang menstruasi sebaiknya hanya tiga hingga lima jam – penggunaan pembalut terlalu lama akan membuat pembalut menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri.
  • Secara rutin mengkonsumsi protein yang baik dari nabati, seperti telur, kacang kedelai, tahu, tempe dan dari protein hewani seperti ayam dan ikan – Protein yang baik diperlukan tubuh untuk pertumbuhan sel, meningkatkan fungsi imun, memperbaiki sel yang rusak, dan sebagai salah satu bahan dasar dalam produksi hormon.
  • Lakukan pekerjaan membersihkan rumah atau berkebun – Hasil penelitian ilmiah yang dilakukan oleh University of North Carolina di Amerika Serikat mengemukakan bahwa para wanita yang biasa melakukan pekerjaan membersihkan rumah atau berkebun bisa lebih cepat hamil. Melakukan pekerjaan rumah ternyata membantu menghentikan produksi insulin yang bisa membahayakan perkembangan sel telur.
  • Lakukan hubungan seksual secara rutin tanpa proteksi – Seorang ahli kandungan asal Amerika Serikat, dr. Sharon Winer mengungkapkan bahwa pada suami yang sehat dan subur, sperma akan selalu diproduksi oleh tubuh secara alami. Jadi tidak perlu khawatir bagi pasangan suami istri yang sedang mengusahakan kehamilan untuk sering melakukan hubungan seksual.

Pertimbangan Dan Pemikiran Akhir

Kehamilan bisa dengan mudah didapatkan, ketika tercipta ‘lingkungan’ yang ideal dalam tubuh khususnya bagi perempuan. Untuk menciptakan ‘lingkungan’ yang ideal dalam tubuh khususnya bagi perempuan, banyak cara alami yang bisa dilakukan seperti melakukan perubahan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan juga minuman yang tinggi kandungan nutrisi peningkat hormon kesuburan.

Dengan mengkonsumsi smoothie, yang adalah minuman berbahan buah, sayur, ataupun campuran dari buah dan sayur dengan penambahan susu ataupun yogurt ciri khasnya, sekali dalam sehari, anda akan mampu mendapatkan suplai melimpah dari antioksidan, vitamin, dan mineral dengan cara yang mudah untuk dimakan dan bentuk yang mudah dicerna.

Kacang Almond Whole Mentah Recommended
Harga online terendah: 19 Sep, 2021

Yohana

Menetap di Jakarta-Indonesia, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, Yohana menyukai kegiatan bepergian, menulis, menghabiskan waktu bersama keluarga, juga memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Menciptakan dan membangun website 'smoothiedokter.com' impian dan tujuan Yohana adalah berbagi informasi yang paling tidak bias dan informatif tentang diet, gaya hidup sehat, dan kekuatan penyembuhan dari semua makanan alami- dan tentu saja tentang Smoothie. kepada teman-teman, sanak keluarga dan kerabat serta banyak orang Indonesia.

Share Lha!