Share Lha!

Suka yogurt? Memanglah mudah untuk berjalan-jalan di lorong supermarket dan meletakkan secangkir yogurt ke dalam kereta belanja Anda, tetapi tahukah Anda bahwa membuat yogurt di rumah itu sebenarnya sangatlah mudah? Tentu saja memahami prosesnya akan lebih membantu mempermudahnya.

Dalam artikel ini, saya akan memandu Anda melalui proses langkah demi langkah yang merupakan cara aman untuk membuat Yoghurt Segar dan Sehat di dapur Anda sendiri – janji! ^_^

Starter Yoghurt
Harga online terendah: 25 Okt, 2021

Peralatan Yang Dibutuhkan

  • Dua buah panci ukuran berbeda
  • Sendok takar (disarankan yang terbuat dari logam)
  • Digital Cooking Thermometer/ Termometer permen
  • Boiler ganda (Opsional)
  • Alat pembuat yogurt
  • Wadah dengan penutup
  • Oven (opsional)
  • Kulkas

3 Tahapan Langkah-demi-Langkah Membuat Yoghurt Segar & Sehat Di Rumah

Tahap Pertama: Persiapkan Susu

Menggunakan dua panci cukup besar yang pas di dalam satu sama lain, buat ketel ganda. Ini akan mencegah susu gosong, dan Anda hanya perlu mengaduknya sesekali.

Tahukah Anda bahwa Anda dapat meninggalkan sendok kayu di dalam panci agar susu tidak mendidih?

Jika Anda tidak dapat melakukannya, dan harus memanaskan susu secara langsung, pastikan untuk memantaunya terus-menerus sambil terus diaduk. Jika Anda tidak memiliki termometer permen, 185ºF atau 85ºC adalah suhu saat susu mulai berbusa.

Sangat disarankan agar Anda mendapatkan termometer dengan kisaran suhu 100ºF – 212ºF, terutama jika Anda berencana membuat yogurt secara terus menerus.

Digital Cooking Thermometer
Harga online terendah: 25 Okt, 2021

Tahukah Anda bahwa Anda dapat menggunakan susu jenis apa saja, seperti susu murni, 2 persen, 1 persen, tanpa lemak, dipasteurisasi, dihomogenisasi, organik, mentah, diencerkan diuapkan, bubuk kering, sapi, kambing, kedelai, dan lainnya?

Dinginkan Susu Hingga 43ºC

Jika Anda bermaksud mendinginkan susu yang sudah dipanaskan tadi pada suhu kamar, ataupun di lemari es, Anda harus terlebih dahulu mengaduknya serta memantaunya lebih sering.

Jangan sampai susu menjadi dingin berlanjut hingga dibawah 32ºC. Hati-hati, 110ºF atau 43ºC sudah optimal.

Hangatkan Yogurt Starter Pada Suhu Kamar

Coba temukan yogurt tersegar yang memiliki rasa asam, tetapi tidak ada perasa tambahan atau bahan tambahan lainnya. Cicipi berbagai yogurt tawar sebelum Anda memulai.

Anda akan menemukan bahwa jenis yang berbeda memiliki rasa yang sedikit berbeda. Gunakan salah satu yang Anda suka sebagai starter Anda sendiri.

Tips jujur : Alih-alih menggunakan yogurt yang sudah ada, gunakan kultur bakteri beku-kering (tersedia di toko khusus atau online), yang lebih baik dan berhasil sebagai starter! ^-^

Yogurt starter atau kultur yogurt adalah bakteri yang Anda tambahkan ke dalam susu, yang selanjutnya akan mengembangkan lebih banyak “bakteri baik” yang diperlukan untuk pembuatan yogurt.

Biarkan yogurt starter pada suhu kamar sambil menunggu susu dingin. Ini akan mencegahnya menjadi terlalu dingin saat Anda menambahkannya.

Tambahkan Susu Bubuk Tanpa Lemak/Susu Rendah Lemak atau Susu Full-Cream, jika diinginkan

 Menambahkan sekitar 1/4 cangkir hingga 1/2 cangkir susu kering atau susu bubuk akan meningkatkan kandungan nutrisi yogurt. Yoghurt juga akan lebih mudah mengental terutama jika Anda menggunakan susu tanpa lemak.

Tambahkan Yogurt Starter Ke Susu

Tambahkan 2 sdm yogurt yang sudah ada, atau yogurt starter. Aduk agar bakteri merata ke seluruh susu.

Tahap Kedua: Pilih Metode Untuk Menginkubasi Bakteri

Tahukah Anda bahwa ada banyak metode yang tersedia untuk menginkubasi bakteri yogurt?

Tips jujur : Gunakan termometer permen untuk memastikan suhu tetap konsisten. Pilih metode yang paling nyaman dan konsisten untuk Anda. 

Taruh Campuran Susu Dan Starter Dalam Wadah Bertutup

Dalam wadah atau wadah yang bersih, tutupi masing-masing dengan rapat dengan penutup atau bungkus plastik.

Jaga yogurt tetap hangat dan diam untuk mendorong pertumbuhan bakteri, sambil menjaga suhu sedekat mungkin dengan 100ºF atau 38ºC. Semakin lama adonan tetap hangat dan diam, yogurt akan semakin kental dan tajam.

Goncangan tidak akan merusaknya tetapi membutuhkan waktu lebih lama untuk diinkubasi. Setelah sekitar tujuh jam, Anda akan memiliki tekstur seperti custard, bau keju, dan mungkin sedikit cairan kehijauan di atasnya.

Inilah yang Anda inginkan! Semakin lama Anda membiarkannya lebih dari tujuh jam, semakin kental dan tajam jadinya yogurt Anda.

Metode Menggunakan Yogurt Maker Machine

Saya suka yogurt, terutama yogurt Yunani, dan dengan mesin ini, saya pasti akan membuatnya lagi, dan lagi, dan lagi! ^-*

Greek Home Made Healthy Yogurt Maker
Harga online terendah: 25 Okt, 2021

Ada 2 kategori besar atas alat pembuat yogurt yang telah banyak tersedia saat ini, yaitu alat pembuat yogurt tanpa pengatur waktu dan alat pembuat yogurt dengan pengatur suhu otomatis.

Alat pembuat yogurt dengan pengatur suhu otomatis harganya cenderung jauh lebih mahal, sementara alat pembuat yogurt tanpa batas waktu atau tanpa pengatur suhu otomatis umumnya cenderung lebih murah karena dirancang tanpa kendali atas suhu yang diperlukan untuk menginkubasi kultur bakteri yogurt dengan benar dalam produk susu yang digunakan.

Mereka dirancang untuk suhu rumah rata-rata tetapi suhu lingkungan yang lebih tinggi atau lebih rendah dapat mengubah waktu yang dibutuhkan untuk membuat yogurt dan menentukan kualitas yogurt yang dihasilkan.

Pastikan letak wadah di tengah dan berdiri tegak dalam alat pembuat yogurt karena saya yakin bahwa Anda tidak ingin campuran terjungkal atau yogurt bisa bocor.

Metode Menggunakan Oven

Metode lainnya adalah dengan menggunakan oven. Anda bisa menggunakan ‘lampu pilot’ di oven Anda, atau panaskan oven ke suhu yang diinginkan, matikan, lalu biarkan lampu oven menyala untuk menjaga suhu.

Nyalakan oven Anda secara berkala, sesuai kebutuhan untuk menjaga suhu. Jujur saja, sebenarnya metode ini rumit; pastikan tidak terlalu panas, atau Anda dapat menggunakan pengaturan tahan roti jika oven Anda memilikinya.

Metode lain termasuk menggunakan dehidrator makanan, pengaturan hangat penanak nasi, bantal pemanas diatur ke rendah, atau panci tempayan dengan pengaturan terendah.

Tahukah Anda bahwa cara mengubah Fahrenheit ke Celcius menggunakan rumus berikut ini:
T (° C) = (T (° F) – 32) × 5/9?

Pasang Penutup Untuk Menahan Panas

Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga wadah pada suhu yang memungkinkan bakteri dalam yogurt starter tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Jika Anda tidak memiliki semua peralatan tersebut di atas, Anda dapat menggunakan jendela yang cerah atau mobil di bawah sinar matahari. Tetapi hati-hati, Anda harus ingat dan perhatikan bahwa paparan cahaya dapat menurunkan nutrisi dalam susu!

Yang terbaik adalah menjaga suhu di bawah 120ºF (49ºC), jangan sampai di bawah 90ºF (32ºC); suhu  hingga 110ºF (43ºC) adalah optimal. Selain itu, Anda dapat meletakkan wadah yogurt di air hangat di wastafel, mangkuk besar atau pendingin piknik kecil.

Periksa Apakah Yogurt Sudah Mencapai Konsistensi Yang Diinginkan

Pada waktunya – tergantung pada jenis bakteri yang digunakan, suhu dan makanan yang tersedia dalam produk susu – produk susu akan mencapai konsistensi yogurt setelah paling sedikit 2 jam dan bisa bertahan 12 jam atau lebih.

Waktu yang lebih singkat biasanya menghasilkan lebih sedikit yogurt asam dan waktu yang lebih lama memberikan penyelesaian pertumbuhan bakteri. Sementara itu, bagi Anda yang tidak toleran laktosa, waktu yang lebih lama dapat menghasilkan yogurt yang lebih mudah dicerna.

Pastikan Yogurt Anda Sudah Siap

Coba goyangkan perlahan salah satu wadah – yogurt tidak akan bergerak jika sudah siap dan Anda bisa mengambilnya dari pembuat yogurt dan memasukkannya ke dalam lemari es, atau Anda bisa menunggu dan membiarkannya menjadi lebih asam selama 12 jam atau lebih.

Ganti Wadah Sesuai Kebutuhan Anda

Setelah yogurt mencapai konsistensi yang diinginkan, wadah dikeluarkan dari pembuat yogurt dan ditempatkan di lemari es untuk didinginkan untuk disimpan sampai dikonsumsi. Wadah, yang mungkin disertakan dengan pembuat yogurt, bisa berupa cangkir kecil sehingga pengguna bisa langsung memakan yogurt dari cangkirnya.

Wadah sebesar satu galon atau lebih bisa dipegang oleh beberapa pembuat yogurt untuk Anda yang membutuhkan yogurt dalam jumlah besar secara rutin.

Tahap Ketiga: Sentuhan Akhir

Saring Yogurt Dengan Kain Katun Tipis Untuk Mendapatkan Konsistensi Lebih Kental

Jangan kaget atau khawatir jika yogurt buatan Anda memiliki konsistensi yang agak lebih encer daripada yogurt komersial yang sebelumnya biasa Anda beli. Kebanyakan yogurt komersial mengandung zat pengental, seperti pektin, pati, permen karet, atau gelatin.

Masukkan kain katun tipis ke dalam saringan dan taruh saringan dalam mangkuk besar untuk menampung whey, yaitu cairan kuning encer pada yogurt yang baru saja Anda buat. Masukkan yogurt ke dalam saringan, tutupi saringan dengan piring, dan taruh semuanya di lemari es.

Saring selama beberapa jam untuk yogurt yunani. Saring semalaman untuk mendapatkan yogurt yang sangat kental bahkan bisa jadi hampir seperti krim keju lembut.

Tambahkan Perasa Favorit Sesuai Keinginan Anda

Lakukan percobaan sampai Anda mengembangkan rasa yang disukai selera Anda. Untuk pilihan yang lebih sehat, gunakan buah segar, dengan atau tanpa sedikit gula atau madu.

Simpan Yogurt Dalam Kulkas

Menyimpan yogurt di kulkas akan membuat yogurt bertahan selama 1 hingga 2 minggu. Jika Anda akan menggunakan sebagian sebagai starter, gunakan dalam waktu 5 sampai 7 hari, agar daya pertumbuhan bakterinya tetap ada.

Jangan lupa, Whey akan terbentuk di atas. Anda bisa menuangkannya atau mengaduknya sebelum makan yogurt Anda.

Memasukkan yogurt ke dalam freezer untuk mendinginkannya sebelum dipindahkan ke lemari es akan menghasilkan konsistensi yang lebih halus. Anda juga bisa mengaduk atau mengocok gumpalan.

Gunakan Yogurt Dari Batch ini Sebagai Starter Untuk Membuat Yogurt Batch Berikutnya

Yoghurt buatan sendiri berikutnya – Setelah Anda mulai membuat yogurt sendiri, Anda dapat menggunakan beberapa dari setiap batch untuk membudidayakan batch berikutnya.

Simpan saja 1/2 cangkir untuk digunakan untuk tujuan ini. Selama ‘simpanan’ ini masih terasa enak untuk Anda, itu akan aman untuk dimakan.

Jika setelah beberapa batch, Anda merasakan beberapa rasa aneh di yogurt Anda atau tidak cepat berkembang, itu berarti beberapa ‘bakteri luar’ telah tinggal di yogurt Anda atau strain ini menjadi lemah.

Kesimpulan Dan Pemikiran Akhir

  • Yogurt yang tersedia secara komersial biasanya sangat manis karena diberi tambahan pemanis yang banyak. Membuat sendiri adalah cara yang baik untuk menghindari kelebihan gula. Jika Anda alergi terhadap produk susu, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat yogurt kelapa.
  • Hampir semua pembuat yogurt mengharuskan Anda menambahkan air ke unit bawah sehingga panasnya mudah dibawa ke wadah. Ikuti instruksi yang diberikan dengan pembuat yogurt Anda.
  • Menggunakan ketel ganda memudahkan kontrol suhu. Selalu siapkan termometer permen untuk apa pun : Anda dapat menggunakannya untuk memeriksa suhu air-jika digunakan untuk menjaga agar yogurt tetap hangat-untuk membantu ‘mengencangkan’ yogurt.
  • Yogurt perlu diinkubasi setidaknya selama 5 jam, tetapi dapat dengan aman diinkubasi lebih lama, bahkan dalam semalam.

    Jika Anda menggunakan pembuat yogurt dengan pengatur waktu dan Anda menyetelnya untuk inkubasi yang lebih pendek (5 jam, misalnya), tidak masalah untuk membiarkannya selama beberapa jam lagi. Hal yang sama berlaku untuk termos atau metode inkubasi lainnya; Perlu diingat bahwa semakin lama masa inkubasi, semakin kental dan lebih asam hasil akhir yogurt.

  • ‘Air dadih’ atau whey yang keluar dari yoghurt penuh dengan vitamin dan mineral dan dapat ditambahkan ke dalam smoothie dan sasis, digunakan sebagai cairan memasak, atau dibuat menjadi minuman sederhana dengan sedikit gula atau garam.
  • Sebagai cara alternatif untuk mengentalkan yogurt, masukkan 3 atau 4 sdm susu bubuk kering tanpa lemak saat Anda menambahkan starter. Resep ini bisa digandakan atau tiga kali lipat; Tingkatkan jumlah starter dan susu secara proporsional.
  • Memasukkan yogurt ke dalam freezer untuk mendinginkannya sebelum memindahkannya ke lemari es akan menghasilkan konsistensi yang lebih halus. Anda juga bisa mengaduk atau mengocok gumpalan.

    Saya biasanya meninggalkan yogurt di lemari es selama 1 hingga 2 hari sebelum saya menggunakannya, tetapi ini pilihan, ya! ^-^

  • Karena ini buatan sendiri, hati-hati! Yogurt akan menjadi asam setelah sekitar 7 hingga 10 hari! Gunakan saat itu, tetapi simpan cangkir untuk waktu berikutnya!

    Tidak apa-apa jika basis yogurt yang Anda gunakan untuk waktu berikutnya terasa asam. Yoghurt akan baik-baik saja.

Apakah artikel ini membantu Anda? Apakah Anda akan membuat resep ini? Bagi tahu kami di kolom komentar yang tersedia bawah, ya! ^-^ 

Cheers untuk kesehatan, dan jangan lupa untuk tetap setia menggunakan masker kesehatan Anda dan mencuci tangan dengan rajin.

Smoothiedokter peduli untuk mengubah hidup menjadi bergaya hidup sehat yang baik. Ketika Anda membagikan artikel saya, Anda juga membantu mengubah kehidupan! ^ _ ^ So, tandai teman, sukai dan ikuti kami @smoothiedokter facebook dan atau instagram untuk lebih menunjukkan rasa peduli dan cinta kepada teman, sahabat, keluarga terlebih pasangan Anda.

Stay safe dan sampai jumpa di artikel selanjutnya! ^-^

Yohana

Menetap di Jakarta-Indonesia, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, Yohana menyukai kegiatan bepergian, menulis, menghabiskan waktu bersama keluarga, juga memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Menciptakan dan membangun website 'smoothiedokter.com' impian dan tujuan Yohana adalah berbagi informasi yang paling tidak bias dan informatif tentang diet, gaya hidup sehat, dan kekuatan penyembuhan dari semua makanan alami- dan tentu saja tentang Smoothie. kepada teman-teman, sanak keluarga dan kerabat serta banyak orang Indonesia.

Share Lha!