Share Lha!

Halo! Senang berjumpa kembali dengan Anda! Anda yang sedang bertanya-tanya apakah benar smoothie baik untuk diabetes, dan bagaimana smoothie akan mempengaruhi gula darah Anda, Anda datang ke tempat yang tepat! ^_^

Artikel kali ini akan menjawab keraguan Anda mengenai apakah smoothie benar-benar baik untuk penderita diabetes, sehingga Anda, terutama para penderita diabetes, tidak perlu takut dan menghindari smoothie. Selamat menikmati.

Smoothie adalah cara ramah diabetes yang bagus untuk memberi diri Anda makanan yang manis tanpa menyebabkan lonjakan besar dalam gula darah Anda asalkan terbuat dari bahan-bahan yang mengandung kaya serat, protein dan lemak sehat, juga rendah karbohidrat.

Baca artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan lebih banyak informasi bagaimana smoothie yang mengandung karbohidrat rendah seperti biji-bijian, buah, dan sayuran bertepung dapat membantu menurunkan risiko diabetes Anda.

Alasan Lain Bahwa Smoothie Baik Untuk Penderita Diabetes

Memiliki Diabetes Berarti Anda Harus Membuat Pilihan Makanan Yang Lebih Sehat

Satu pilihan yang baik bagi Anda yang memiliki diabetes adalah makan banyak buah dan sayuran, yang kaya akan nutrisi tetapi sedikit kalori. Bahkan beberapa buah dan sayuran lebih baik untuk mengelola diabetes Anda daripada yang lain.

Cari produk yang rendah pada indeks glikemik dan muat, yang berarti tidak akan melonjak gula darah Anda.

Menurut Mayo Clinic, satu porsi jenis buah apa pun mengandung sekitar 15 gram karbohidrat, yang mana itu sama dengan:

  • ½ buah pisang ukuran sedang
  • ½ buah mangga ukuran sedang
  • 3/4 cangkir nanas yang dipotong dadu
  • 1¼ cangkir stroberi
  • 2 sdm buah kering

Tahukah Anda bahwa buah beri mengandung sejenis gula alami yang dikenal sebagai fruktosa, yang mana menurut beberapa penelitian tahun 2008¹,², fruktosa tidak meningkatkan kadar gula darah secepat karbohidrat seperti roti, pasta, dan gula meja atau gula pasir?

(Untuk informasi lebih lengkap tentang buah beri dan manfaat kesehatannya, lihat juga artikel “11 Resep Smoothie Bowl Berri Rumahan Kaya Manfaat Kesehatan” sebelumnya, ya! ^-^)

Ketika Anda mencampurkan buah-buahan, sayuran dan bahan-bahan lainnya menjadi smoothies, Anda sebaiknya menghitungnya sebagai bagian dari tunjangan buah harian Anda sehingga Anda tidak berlebihan mengkonsumsi karbohidrat ataupun zat gula.

Untuk informasi lebih lengkap tentang manfaat buah alpukat dan diabetes, lihat artikel “25 Smoothie Alpukat Lezat Sederhana – 11 Manfaat Kesehatan “ dan “Smoothie Lezat & Ampuh Mengatasi Diabetes – 9 Resep Mudah“ sebelumnya ya! ^_^.

Mengidap Diabetes Bukan Berarti Anda Harus Menyangkal Semua Makanan Yang Anda Sukai

Secara umum, tidak ada makanan terlarang jika Anda menderita diabetes. Namun penting untuk membatasi karbohidrat, terutama karbohidrat olahan yang tinggi resiko peningkatan gula darah.

Konsumsi lemak dengan karbohidrat dapat membantu memperlambat pencernaan, yaitu memperlambat lamanya waktu yang dibutuhkan gula untuk mengenai aliran darah Anda. Sumber lemak baik yang akan memperkaya rasa luar biasa dalam smoothie seperti mentega kacang, kacang mentah, biji rami, biji rami, biji chia dan alpukat.

Tahukah Anda bahwa Jika Anda menderita diabetes tipe 2, menambahkan alpukat ke dalam diet Anda akan efektif membantu Anda menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan sensitivitas insulin³,,?

Selain itu, penambahan serat pada smoothie Anda akan efektif membantu memperlambat penyerapan gula tubuh Anda, misalnya oatmeal, biji rami giling, biji chia, dan gandum adalah bahan kaya serat dan ramah protein.

Penting juga untuk mendapatkan banyak makanan olahan susu yang kaya kalsium dan probiotik untuk memperkuat tulang Anda dan menyediakan bakteri usus yang baik seperti susu rendah lemak, kefir, dan yogurt Yunani.

Anda bisa mengemas banyak nutrisi menjadi satu smoothie lezat. Dan selama Anda tetap menggunakan bahan-bahan sehat dan tidak menambahkan pemanis tambahan, Anda dapat menikmati smoothie secara teratur.

Kesimpulan

Diabetes akan jauh lebih mudah dikelola ketika Anda, terutama para penderita diabetes, memiliki semua fakta dan informasi nutrisi. Setelah itu Anda akan menemukan bahwa rencana dan menu makan diabetes tidak harus terlalu ketat atau rumit.

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mengembangkan rencana makan sehat yang menggabungkan smoothie favorit Anda yang kiranya akan membantu menjaga gula darah Anda tetap terkendali.

Ingat ya, selalu konsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum Anda melakukan perubahan pada diet Anda untuk membantu memastikan bahwa Anda membuat pilihan terbaik untuk kesehatan Anda! ^_^

 Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan si kecil. Jika Anda memiliki kritik dan saran, kirimkan email kepada kami @smoothiedokter.com di Facebook, Twitter atau Instagram. ^_^

Cheers untuk kesehatan, Jangan lupa untuk setia menggunakan masker wajah dan mencuci tangan dengan rajin. Stay safe! Sampai jumpa di artikel smoothiedokter berikutnya.

Pertanyaan-Pertanyaan Terkait

Apa Saja Pilihan Sarapan Ramah Diabetes?

Konsumsi protein dan lemak sehat dapat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat yang kemudian dapat membantu menghindari lonjakan gula darah.

Beberapa ide sarapan dengan yogurt yunani, buah beri dan kacang-kacangan, roti gandum dengan keju atau telur rendah lemak, atau oatmeal yang dibuat dengan susu almond.

Benarkah Anda Tidak Boleh Mengkonsumsi Buah-buahan Manis Seperti Stroberi Atau Blueberi Jika Anda Menderita Diabetes?

Jika Anda menderita diabetes, baik Anda mengonsumsi buah rendah karbohidrat atau tinggi karbohidrat, asalkan ukuran porsi mengandung 15 gram karbohidrat, efeknya pada gula darah Anda tetap sama.
1 cangkir blackberry, atau 3/4 cangkir blueberry, atau 1 cangkir raspberry, atau 1 1/4 cangkir stroberi utuh, mengandung sekitar 15 gram karbohidrat.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam buah beri dapat membantu mencegah kenaikan kadar gula secara drastis dan membuat Anda kenyang lebih lama. Kelompok berries ini juga rendah glikemik (masih dibawah 55) sehingga efektif menjaga gula darah Anda tetap stabil dan menurunkan resiko terjadinya lonjakan besar dalam gula darah.

(Untuk informasi lebih lengkap tentang buah beri dan manfaat kesehatannya, lihat juga artikel “11 Resep Smoothie Bowl Berri Rumahan Kaya Manfaat Kesehatan” sebelumnya, ya! ^-^)

Apakah Susu Merupakan Pilihan Bagi Penderita Diabetes?

Meskipun Anda bukan anak kecil lagi, tetapi susu masih merupakan minuman sehat yang bisa Anda nikmati.

Kalsium dan protein dalam susu juga dapat membantu menjaga tulang Anda kuat. Jika Anda menderita diabetes, penting untuk mencatat masing-masing lemak jenuh, karbohidrat, dan gula.

Pastikan untuk membaca fakta nutrisi sebelum mengambil karton. Memilih susu dengan bijak dapat mengurangi gula yang tidak perlu, yang dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda.

 Smoothiedokter tidak hanya bercerita tentang smoothie dan resep, tetapi kami peduli untuk membuat gaya hidup sehat yang baik, jadi tandai teman yang akan membutuhkan lebih dari cinta ini.

Sukai dan ikuti kami di @smoothiedokter facebook dan atau instagram untuk lebih menunjukkan rasa peduli dan cinta kepada teman, sahabat, keluarga terlebih pasangan Anda ^-^.

Referensi, Sumber, Kutipan, Dan Para Ahli Diwawancarai

¹ W, S., LA, L., RG, J., Freeman B, B., HD, S., AR, J., … DJ, J. (2008). The effect of strawberries in a cholesterol-lowering dietary portfolio. Metabolism Journal, 57(12), 1636–44. https://doi.org/ 10.1016/j.metabol.2008.07.018. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19013285.

² Aiyer, H. S., Vadhanam, M. V., Stoyanova, R., Caprio, G. D., Clapper, M. L., & Gupta, R. C. (2008). Dietary berries and ellagic acid prevent oxidative DNA damage and modulate expression of DNA repair genes. International journal of molecular sciences, 9(3), 327–341. https://doi.org/10.3390/ijms9030327. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2635667/.

³ Freeman B, B. (2000). Dietary fiber and energy regulation. J Nutr Journal, 130(2S Suppl), 272S-275S. https://doi.org/ 10.1093/jn/130.2.272S. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10721886.

 MA, P., E, O., K, A., GE, F., U, G., BL, H., … A, A. (2004). Dietary fiber and risk of coronary heart disease: a pooled analysis of cohort studies. Arch Intern Med Journal, 164(4), 370–6. https://doi.org/10.1001/archinte.164.4.370. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/14980987.

 Jenkins, A. L., Jenkins, D. J., Wolever, T. M., Rogovik, A. L., Jovanovski, E., Bozikov, V., Rahelić, D., & Vuksan, V. (2008). Comparable postprandial glucose reductions with viscous fiber blend enriched biscuits in healthy subjects and patients with diabetes mellitus: acute randomized controlled clinical trial. Croatian medical journal, 49(6), 772–782. https://doi.org/10.3325/cmj.2008.49.722. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2621039/.

Rowles, RD, . (2017, April 10). 12 Simple Tips to Prevent Blood Sugar Spikes. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/blood-sugar-spikes.

Yohana

Menetap di Jakarta-Indonesia, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, Yohana menyukai kegiatan bepergian, menulis, menghabiskan waktu bersama keluarga, juga memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Menciptakan dan membangun website 'smoothiedokter.com' impian dan tujuan Yohana adalah berbagi informasi yang paling tidak bias dan informatif tentang diet, gaya hidup sehat, dan kekuatan penyembuhan dari semua makanan alami- dan tentu saja tentang Smoothie. kepada teman-teman, sanak keluarga dan kerabat serta banyak orang Indonesia.

Share Lha!