Share Lha!

Mengalami dilema antara perut nggak bisa kompromi saat malam tiba namun tidak ingin berat badan naik dan kesulitan tidur?

Anda datang ke tempat yang tepat! Ya, Anda yang sedang diet dan mencari smoothie yang cepat, sehat, cukup untuk ‘mengganjal perut’ dan bisa membantu Anda tidur; Ataupun Anda yang hanya ingin “iseng” menikmati smoothie malam – saya akan membantu Anda!

Mengkonsumsi buah dan sayuran segar yang kaya nutrisi dan tinggi serat pada malam hari akan memberi rasa kenyang lebih lama dan pastinya juga dapat lebih melengkapi asupan kebutuhan harian nutrisi yang diperlukan tubuh. Asupan nutrisi di malam hari justru akan membantu metabolisme tubuh lebih baik.

Manfaat Penurunan Berat Badan Dari Minum Smoothie Di Malam Hari

Minum smoothies di malam hari merupakan cara diet alami dan sehat untuk mendetoksifikasi tubuh dan menurunkan berat badan tanpa memberi rasa lapar.

Manfaat Meminum Smoothie Di Malam Hari Sebelum Tidur

Mengkonsumsi smoothie yang dibuat dari bahan-bahan yang mengandung “zat penghantar tidur” seperti magnesium, tryptophan, serotonin maupun melatonin juga akan memberikan kepada Anda peningkatan tidur malam yang nyenyak dan berkualitas.

Istirahat yang baik dan berkualitas yang akan membuat anda bersemangat keesokan harinya dan dapat melakukan berbagai aktivitas dengan baik.

Manfaat Kesehatan Lainnya Dari Minum Smoothie Di Malam Hari

Minum Smoothie yang terbuat dari bervariasi buah dan sayuran yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, vitamin C dan nutrisi ataupun mineral penting lainnya di malam hari akan membantu meminimalkan risiko penyakit.

Bahan Smoothie Malam Hari Yang Bermanfaat Untuk Menurunkan Berat Badan Dan Mendapatkan Tidur Nyenyak Berkualitas

Ada sejumlah minuman ataupun makanan yang baik dikonsumsi pada malam hari untuk membantu tidur, sekaligus dapat membangun otot, meningkatkan stabilitas gula darah, dan membakar lemak.

Smoothie adalah “cemilan” malam hari yang sehat karena bervariasi dengan banyak buah dan sayuran segar, juga mudah dicerna dan tetap memuaskan.

Buah-Buahan Yang Bermanfaat Untuk Menurunkan Berat Badan Dan Mendapatkan Tidur Nyenyak Berkualitas

Buah-buahan, khususnya berair dibutuhkan pencernaan untuk sebagai sekresi racun yang efektif sehingga membantu detoks dan penurunan berat badan. Juga dapat mencegah dehidrasi tubuh dan memberikan energi secara instan, membantu mengusir kolesterol jahat dan menyediakan energi bagi sistem kardiovaskular serta saraf agar berjalan secara optimal.

Cek informasi lebih lengkap tentang kolesterol dalam artikel saya yang berjudul “Smoothie Untuk Kolesterol Tinggi–Teruji, 7 Resep Mudah Enak”.

Kacang-Kacangan – Seperti kacang almond, kacang walnut, kacang mete, dan kacang hazelnut merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki rendah kalori dan kandungan lemak sehat (monounsaturated fat) mampu membantu meminimalkan risiko penyakit jantung dan menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, kandungan vitamin E pada kacang-kacangan juga membantu menjaga kesehatan jantung dan kulit.

Melon – Buah melon mengandung rendah sodium dan kalori, juga bebas lemak dan kolesterol. Jadi buah melon sangat cocok untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, karena kandungan air dalam buah melon yang sangat tinggi, makan melon akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mengurangi resiko ‘ngemil’.

Kiwi – Dikemas serotonin yang berinteraksi dengan melatonin efektif meningkatkan tidur malam yang nyenyak.

Ceri – Buah ceri yang merupakan salah satu sumber alami beberapa melatonin yang dapat melawan insomnia.

Pir – Mengkonsumsi buah ini sebelum tidur dapat membuat tubuh terasa lebih segar dan terhindar dari rasa lapar.

Semangka – Semangka merupakan buah padat nutrisi namun rendah kalori dengan banyak kandungan air, juga memiliki sejumlah besar vitamin, mineral, dan antioksidan di dalamnya.

Pepaya – Mengkonsumsi buah pepaya sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak karena kandungan lycopene pada pepaya yang merupakan sejenis antioksidan yang penting bagi tubuh.

Pisang – Pisang memiliki kandungan zat triptofan dan asam amino yang bekerja meningkatkan hormon melatonin.

Hormon melatonin merupakan salah satu hormon yang sangat berguna dalam membantu menjaga kualitas tidur yang sehat. Jadi mengkonsumsi buah pisang ampuh untuk meningkatkan tidur malam yang nyenyak.

Apel – Saat lapar setelah makan malam, makan satu buah saja dapat membuat perut Anda menjadi tenang kembali tanpa membuat tubuh terbebani oleh kalori atau karbohidrat berlebih.

Jeruk – Kandungan nutrisi pada buah jeruk tidaklah kalah penting untuk meningkatkan metabolism tubuh yang tentunya tanpa berdampak pada kenaikan berat badan.

Sayuran Yang Bermanfaat Untuk Menurunkan Berat Badan Dan Mendapatkan Tidur Nyenyak Berkualitas

Asupan makanan nabati yang tinggi, seperti collard greens, diyakini membantu sejumlah kondisi kesehatan, termasuk obesitas. Collard green adalah bagian dari keluarga sayuran silangan (Sayuran krusifer) yang rendah kalori namun mengandung banyak nutrisi penting dalam diet sehat.

Collard greens kaya akan kandungan serat dan air yang tinggi yang efektif membantu meningkatkan keteraturan dan memelihara saluran pencernaan yang sehat.

Selain itu, Collard greens memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, yang sangat penting untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, juga bekerja mendukung sistem kekebalan tubuh dan mata, serta membantu menjaga organ tubuh tetap sehat.

Dalam kaitannya dengan tidur dan suasana hati, Collard greens mengandung kolin, neurotransmitter penting dimana Kolin menangani fungsi mood, tidur, pergerakan otot, belajar, memori, juga membantu mempertahankan struktur membran sel, transmisi impuls saraf, penyerapan lemak, dan pengurangan peradangan kronis.

Di samping itu, di dalam kolin terdapat unsur folat yang bekerja membantu mencegah pembentukan homocysteine berlebihan di dalam tubuh.

Biasanya homocysteine berlebihan atau tingkat tinggi banyak ditemukan pada orang yang depresi dan memiliki gangguan bipolar juga mengalami gangguan penggunaan alkohol. Jadi mengkonsumsi cukup folat dapat membantu mengurangi risiko gejala depresi.

Termasuk dalam keluarga sayuran silangan (Sayuran krusifer), misalnya :

 

  • Sawi
  • Bok choy
  • Brokoli
  • Kubis Brussel
  • Kubis
  • Rutabaga
  • Lobak

Bahan Smoothie Lainnya Yang Bermanfaat Untuk Mendapatkan Tidur Nyenyak Berkualitas Dan Menurunkan Berat Badan

Yogurt – Merupakan dasar penting dalam membuat smoothie, terutama di malam hari, karena kaya akan magnesium.

Susu – Bersama dengan yogurt membuat pangkalan smoothie malam karena banyak mengandung magnesium. Susu juga kaya akan kalsium yang bekerja meningkatkan relaksasi sementara triptofan yang berguna untuk meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh sehingga tubuh akan merasa cepat ngantuk. Jadi tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi susu bahkan sesaat sebelum tidur.

Gandum – Gandum selain kaya serat dan nutrisi, juga dapat meningkatkan kadar tryptophan, yaitu salah satu jenis asam amino esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh yang juga mendorong produksi serotonin.

Keju – Kandungan protein kasein yang tinggi akan asam amino pada keju dipercaya mampu membantu tidur menjadi lebih berkualitas.

Resep Smoothies Untuk Malam Hari

Greenie– Glowing Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 buah pisang (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1/2 buah pepaya ukuran kecil (kupas kulit, buang biji dan dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah pir (buang biji dan bagian tengahnya yang keras dekat biji)
• 2 buah jeruk nipis (ambil perasan airnya saja)
• 1/2 cangkir yogurt tawar dan rendah kalori
• 2 cangkir bok choy (ambil daun dan batang dengan perbandingan daun :batang=2:1)
• 3 sdm kacang almond (cincang kasar)
• 1/2 cangkir es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Masukkan bahan-bahan, kecuali 1 sdm kacang almond, ke dalam blender, lalu proses selama 35 detik.
2. Tuang ke dalam gelas saji, taburkan 1 sdm kacang almond sebagai topping
3. Happy snacking’!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Simply Sexy Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• ½ cangkir kubis brussels (cacah kasar)
• 1/2 cangkir lobak (cacah kasar)
• 1 cangkir susu kacang mete/susu kacang kedelai
• 2 sdm kacang mete (cincang kasar)
• 1 cangkir buah jeruk (kupas kulit dan buang biji)
• 1/2 cangkir buah melon
• 1/2 cangkir yogurt yunani
• 1-2 sdm madu murni (sesuai selera)
Cara Membuat
1. Cuci semua buah dan sayuran yang akan diproses, lalu masukkan ke dalam blender, kecuali kacang mete yang sudah dicincang kasar.
2. Proses bahan-bahan di dalam blender dalam kecepatan tinggi selama 40 detik.
3. Tuang ke dalam gelas saji, taburkan 2 sdm kacang mete sebagai topping.
4. Happy ‘snacking’!
Nilai Gizi
Kalori:214 Kcal | Karbohidrat:16gr | Lemak:11,6gr | Protein:11,5 gr

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Greenie Gorgeous Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 2 buah kiwi segar (kupas kulit)
• 1 buah apel (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1/2 cangkir brokoli
• 1/2 cangkir bokchoy (daunnya saja)
• 1/4 cangkir kacang almond / walnut (pilihan sesuai selera)
• 1/2 cangkir susu almond
• 1/2 cangkir yogurt rendah lemak
• 1/2 cangkir es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Cuci semua buah dan sayuran yang akan diproses, lalu masukkan ke dalam blender.
2. Proses semua bahan di dalam blender dalam kecepatan tinggi selama 1/2 – 1 menit (pilihan sesuai kekentalan yang diinginkan).
3. Tuang ke dalam gelas saji. Happy ‘snacking’
Nilai Gizi
Kalori:80,3Kcal | Lemak:15,4gr | Karbohidrat:20gr | Protein:15,2gr

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Crazy Relaxing Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1/2 cangkir daun sawi hijau
• 1/2 cangkir brokoli (cacah)
• 1/2 cangkir buah kiwi (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1/2 cangkir buah pepaya (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1/2 genggam kacang almond
• 1 sdm perasan jeruk lemon
• 1/4 cangkir susu almond rendah lemak
• 1/4 cangkir yogurt rendah lemak
Cara Membuat
1. Cuci semua buah dan sayuran yang akan diproses, lalu masukkan ke dalam blender. Proses semua bahan di dalam blender dalam kecepatan tinggi selama 1/2 – 1 menit (pilihan sesuai kekentalan yang diinginkan).
2. Tuang ke dalam gelas saji.
3. Happy ‘snacking’
Nilai Gizi
Kalori:97,3Kcal | Lemak:5,3gr | Karbohidrat:7,4 gr | Protein:5,9gr

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

The Super Crushifiers Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1/4 cangkir bok choy (cacah kasar)
• 1/4 cangkir kubis (ambil daunnya saja)
• 1/4 cangkir lobak (cacah kasar)
• 1/2 cangkir melon (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah pisang (yang sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah kiwi segar
• 1 buah jeruk (ambil perasan airnya saja)
• 1 sdt bubuk kayu manis
• 1/2 cangkir yogurt rendah lemak
Cara Membuat
1. Cuci semua buah dan sayuran yang akan diproses, lalu masukkan ke dalam blender.
2. Proses semua bahan dalam blender selama 1/2–1 menit (pilihan sesuai kekentalan yang diinginkan).
3. Tuang ke dalam gelas saji.
4. Happy ‘snacking’.

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Sexy Ceri-Fields Smoothies

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1/2 cangkir susu kacang mete
• 1/2 cangkir yogurt yunani
• 2 sdm kacang walnut, mete, atau hazelnut (pilihan sesuai selera)
• 1 cangkir potongan buah ceri (bagi menjadi 2 bagian)
• 1/2 cangkir daun sawi hijau
• 1/2 cangkir bok choy
• 1/2 cangkir brokoli
• 2 buah apel (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 cangkir potongan buah pepaya (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
Cara Membuat
1. Cuci semua buah dan sayuran yang akan diproses, lalu masukkan ke dalam blender.
2. Proses semua bahan, kecuali 1 bagian buah ceri dan 2 sdm kacang walnut/mete/hazelnut, dalam blender dalam kecepatan tinggi selama 1/2 – 1 menit (pilihan sesuai kekentalan yang diinginkan).
3. Tuang ke dalam gelas saji, taburkan buah ceri dan 2 sdm kacang pilihan yang sudah dicincang kasar sebagai topping.
4. Happy ‘snacking’.
Nilai Gizi
Kalori:113Kcal | Lemak:6,2gr | Karbohidrat:8,6gr |Protein:6,1gr

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

The Good Crush-Fields Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 cangkir susu kacang kedelai
• 1/2 cangkir es batu (pilihan)
• 1/2 cangkir keju alami (parut kasar)
• 1/2 sdt bubuk kayu manis (opsional)
• 1/2 cangkir yogurt yunani
• 1/4 cangkir kacang almond / kacang walnut / kacang mete / kacang hazelnut (pilihan sesuai selera)
• 2 cangkir daun sawi hijau
• 1/2 cangkir buah pepaya (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1/2 cangkir buah semangka ((sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
Cara Membuat
1. Cuci semua buah dan sayuran yang akan diproses, lalu masukkan bahan-bahan kecuali keju ke dalam blender.
2. Proses dalam blender selama 1/2 – 1 menit (pilihan sesuai kekentalan yang diinginkan).
3. Tuang ke dalam gelas saji, taburkan keju sebagai topping.
4. Happy ‘snacking’
Nilai Gizi
Kalori:168,6Kcal | Lemak:9,16gr | Karbohidrat:12,8gr | Protein:9,1gr

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Cara Lain Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan Dan Mendapatkan Tidur Nyenyak Berkualitas

  • Olahraga ringan sebelum tidur di malam hari – Berolahraga di malam hari masih bisa memberikan kebaikan bagi tubuh, dimana tubuh akan banyak bergerak, terlatih dan tetap terjaga kesehatannya.

    Dalam kaitannya dengan menurunkan berat badan , olahraga malam bisa menjadi solusi pembakaran kalori dari makanan yang kita konsumsi dalam seharian. Sementara dalam kaitannya dengan mendapatkan tidur yang nyenyak berkualitas, melakukan olahraga lari di malam hari, selain dapat meningkatkan perasaan bahagia, olahraga malam adalah waktu yang tepat untuk mengeluarkan semua asap dan debu, makanan tidak sehat yang dikonsumsi, hingga udara AC seharian sehingga membuat tidur akan menjadi pulas.

    Beberapa olahraga yang bisa menjadi pilihan untuk dilakukan di malam hari adalah olahraga ringan yang tidak menguras banyak energi, misalnya yoga, pilates, dan peregangan otot.

  • Lakukan meditasi selama beberapa menit setiap hari sebelum tidur malam hari.
  • Tidur dengan tanpa busana alias telanjang.
  • Ciptakan Kamar yang Nyaman demi Tidur Berkualitas.

Suhu tubuh alami Anda secara alami menurun saat Anda tidur. Saat suhu tubuh Anda menurun, kadar kortisol Anda turun dan kadar melatonin Anda naik.” kata Christine Hansen di doktersehat.com, pelatih tidur bersertifikat, anggota National Sleep Foundation, dan pendiri Sleep Like a Boss.

Kesimpulan Akhir

Faktor paling penting dalam mencapai kesehatan yang baik adalah disiplin dalam menyeimbangkan antara waktu tidur malam yang cukup dan diet keseluruhan, bukan makanan tertentu.

Semakin sehat yang Anda makan sepanjang hari, maka akan semakin baik pula Anda tidur di malam hari. Olahraga dan gaya hidup sehat juga berperan penting.

Pertanyaan-Pertanyaan Terkait

Olahraga Sebelum Tidur Malam, Apakah Baik Untuk Kesehatan?

Pakar kesehatan berpendapat bahwa berolahraga di malam hari masih bisa memberikan kebaikan bagi tubuh, meskipun memang tidak akan memberikan kebaikan layaknya jika kita berolahraga di pagi hari yang memiliki banyak paparan sinar matahari dan udara yang cenderung masih segar.

Beberapa manfaat olahraga malam di antaranya adalah kebugaran tubuh, solusi turunkan berat badan, detoksifikasi tubuh dari banyak racun dan radikal bebas seperti asap dan debu, makanan tidak sehat yang dikonsumsi, hingga udara AC seharian, membuat keadaan psikologis membaik dan membuat terlihat awet muda.

Benarkah Minum Kopi Di Malam Hari Pengaruhi Kualitas Tidur?

Suatu penelitian ilmiah (yang dilakukan oleh sekelompok sarjana dari Florida Atlantic University dan Harvard Medical School di Amerika Serikat terhadap sekitar 785 orang selama 5.164 hari dan malam tentang asupan kafein, alkohol, dan nikotin dan hubungannya dengan durasi dan efisiensi tidur) membuktikan bahwa nikotin dan alkohol memiliki dampak negatif pada tidur, namun kafein tidak menunjukkan efek samping mengenai kualitas atau waktu tidur¹.

Referensi, Sumber, Kutipan, Dan Para Ahli Diwawancarai

¹ Christine E Spadola, Na Guo, Dayna A Johnson, Tamar Sofer, Suzanne M Bertisch, Chandra L Jackson, Michael Rueschman, Murray A Mittleman, James G Wilson, Susan Redline, Evening intake of alcohol, caffeine, and nicotine: night-to-night associations with sleep duration and continuity among African Americans in the Jackson Heart Sleep Study, Sleep, Volume 42, Issue 11, November 2019, zsz136, https://doi.org/10.1093/sleep/zsz136

Yohana

Menetap di Jakarta-Indonesia, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, Yohana menyukai kegiatan bepergian, menulis, menghabiskan waktu bersama keluarga, juga memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Menciptakan dan membangun website 'smoothiedokter.com' impian dan tujuan Yohana adalah berbagi informasi yang paling tidak bias dan informatif tentang diet, gaya hidup sehat, dan kekuatan penyembuhan dari semua makanan alami- dan tentu saja tentang Smoothie. kepada teman-teman, sanak keluarga dan kerabat serta banyak orang Indonesia.

Share Lha!