Share Lha!

Pepatah “apel sehari membuat dokter menjauh” telah bertahan dalam ujian waktu karena profil kesehatan apel yang mengesankan dan telah banyak didukung oleh penelitian ilmiah.

Dalam artikel ini akan dibahas tentang apa sebenarnya manfaat kesehatan yang mengesankan dari apel yang telah terbukti dalam berbagai penelitian ilmiah. Selain itu, ada informasi mengenai jenis Apel terbaik yang direkomendasikan untuk smoothie, serta 7 resep smoothie apel yang lezat, sehat alami dan mudah untuk Anda buat kapan saja Anda mau.

Apel sangat baik untuk Anda, dan memakannya dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari banyak penyakit utama, termasuk diabetes dan kanker. Terlebih lagi, kandungan serat larutnya dapat meningkatkan penurunan berat badan dan kesehatan usus.

Tahukah Anda bahwa sebuah apel berukuran sedang atau setara dengan 1½ cangkir akan memenuhi ¾ bagian dari rekomendasi asupan buah harian?

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan buah apel yang telah dibuktikan dengan studi dan penelitian ilmiah.

Apel Bergizi

Apel kaya akan sumber polifenol. Sebuah apel berukuran sedang atau dengan berat sekitar 182 gram menawarkan nutrisi¹ sebagai berikut :

  • Kalori: 95 kal
  • Karbohidrat: 25 gram
  • Serat: 4 gram
  • Vitamin C: 14% dari referensi asupan harian
  • Kalium: 6% dari referensi asupan harian
  • Vitamin K: 5% dari referensi asupan harian

Selain itu, dengan porsi yang sama, buah apel juga menyediakan 2-4% dari RDI untuk mangan, tembaga, dan vitamin A, E, B1, B2, dan B6.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari apel, makanlah seluruh buah – kulit dan dagingnya – mengandung setengah serat dan banyak polifenol.

Apel Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda tahu bahwa Apel juga kaya serat dan air yang dapat memberi rasa kenyang?

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan irisan apel sebelum makan akan merasa lebih kenyang daripada mereka yang mengonsumsi saus apel, jus apel, atau tanpa produk apel . Selain itu, mereka yang memulai makan dengan irisan apel juga makan rata-rata 200 kalori lebih sedikit daripada mereka yang tidak².

Dalam studi 10 minggu lainnya pada 50 wanita yang kelebihan berat badan, peserta yang makan apel mengalami penurunan berat badan sekitar 1 kg dan makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan, dibandingkan dengan mereka yang makan kue gandum dengan kalori dan kandungan serat yang sama³.

Sebuah studi pada tikus obesitas menemukan bahwa mereka yang diberi suplemen apel dan konsentrat jus apel kehilangan lebih banyak berat badan dan memiliki kadar kolesterol LDL, trigliserida, dan kolesterol total yang lebih rendah daripada kelompok yang tidak yang diberi suplemen apel dan konsentrat jus apel.

Apel Baik Untuk Jantung

Tahukah Anda bahwa apel tinggi serat larut yang membantu menurunkan kolesterol, juga memiliki polifenol yang terkait dengan tekanan darah rendah dan risiko stroke?

Apel telah dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Salah satu alasannya adalah karena apel mengandung serat larut – jenis yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah, juga mengandung polifenol, yang memiliki efek antioksidan. Salah satu polifenol ini adalah flavonoid epicatechin, yang dapat menurunkan tekanan darah.

Tahukah Anda bahwa banyak dari polifenol apel ini terkonsentrasi di kulitnya?

Flavonoid dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi oksidasi LDL “buruk”, dan bertindak sebagai antioksidan.

Studi lain yang membandingkan efek makan apel sehari dengan mengkonsumsi statin – kelas obat yang dikenal untuk menurunkan kolesterol – menyimpulkan bahwa apel akan hampir sama efektifnya dalam mengurangi kematian akibat penyakit jantung seperti obat-obatan.

Selain itu, sebuah analisis studi menemukan bahwa asupan tinggi flavonoid dikaitkan dengan risiko stroke 20% lebih rendah. Untuk setiap 25 gram – sekitar 1/5 cangkir irisan apel – dikonsumsi, resiko stroke menurun sebesar 9%.

Apel Menurunkan Resiko Terkena Diabetes

Tahukah Anda bahwa makan apel terkait dengan resiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah¹⁰, yang mungkin disebabkan oleh kandungan antioksidan polifenolnya?

Dalam sebuah penelitian besar, makan apel sehari dikaitkan dengan 28% resiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah, dibandingkan dengan tidak makan apel apa pun. Bahkan makan hanya beberapa apel per minggu memiliki efek perlindungan yang sama¹¹.

Ada kemungkinan polifenol dalam apel membantu mencegah kerusakan jaringan sel beta di pankreas Anda. Sel beta menghasilkan insulin dalam tubuh Anda dan sering rusak pada orang dengan diabetes tipe 2.

Apel Memiliki Efek Prebiotik Dan Mempromosikan Bakteri Usus Baik

Tahukah Anda bahwa jenis serat dalam apel memberi makan bakteri baik dan mungkin menjadi alasan mereka melindungi terhadap obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2?

Apel mengandung pektin, sejenis serat yang bertindak sebagai prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus Anda. Usus kecil Anda tidak menyerap serat selama pencernaan. Sebaliknya, ia pergi ke usus besar Anda, di mana ia dapat mempromosikan pertumbuhan bakteri baik. Ini juga berubah menjadi senyawa bermanfaat lainnya yang bersirkulasi kembali melalui tubuh Anda.

Penelitian baru menunjukkan bahwa ini mungkin alasan di balik beberapa efek perlindungan apel terhadap obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Apel Dapat Membantu Mencegah Kanker

Tahukah Anda tahu bahwa Apel memiliki beberapa senyawa yang muncul secara alami yang dapat membantu melawan kanker, yang menurut penelitian Observasional mengaitkannya dengan risiko kanker yang lebih rendah¹¹ dan kematian akibat kanker¹²?

Para ilmuwan percaya bahwa efek antioksidan dan anti-inflamasi dalam apel lha yang bertanggung jawab atas efek pencegahan kanker potensial tersebut¹³.

Apel Mengandung Senyawa Yang Dapat Membantu Melawan Penyakit Asma

Tahukah Anda tahu bahwa Apel mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatur respons kekebalan dan melindungi terhadap asma?

Sebuah penelitian besar di lebih dari 68.000 wanita menemukan bahwa mereka yang makan paling banyak apel memiliki risiko asma terendah, dimana makan sekitar 15% dari apel besar per hari dikaitkan dengan risiko 10% lebih rendah dari kondisi ini¹¹.

Kulit apel mengandung quercetin flavonoid, yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Ini adalah dua cara di mana itu dapat mempengaruhi asma dan reaksi alergi¹⁴.

Apel Baik Untuk Kesehatan Tulang

Tahukah Anda tahu bahwa antioksidan dan senyawa anti-inflamasi dalam apel dapat meningkatkan kesehatan tulang¹⁵?

Dalam sebuah penelitian, para wanita makan makanan yang termasuk apel segar, apel kupas, saus apel, atau tanpa produk apel. Mereka yang makan apel kehilangan lebih sedikit kalsium dari tubuh mereka daripada kelompok yang tidak makan apel¹¹.

Para peneliti percaya bahwa antioksidan dan senyawa anti-inflamasi dalam buah dapat membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Apel Dapat Melindungi Terhadap Cidera Perut Akibat Obat Penghilang Rasa Sakit

Kelas obat penghilang rasa sakit yang dikenal sebagai obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID=nonsteroidal anti-inflammatory drugs) dapat melukai lapisan perut Anda. Dua senyawa tanaman dalam apel – asam klorogenat dan katekin – dianggap sangat membantu melindungi perut dari cidera karena konsumsi obat NSAID tersebut¹¹.

Apel Dapat Membantu Melindungi Otak

Tahukah Anda bahwa menurut penelitian pada hewan, jus apel dapat membantu mencegah penurunan neurotransmiter yang terlibat dalam memori?

Dalam penelitian pada hewan, konsentrat jus mengurangi spesies oksigen reaktif berbahaya dalam jaringan otak dan meminimalkan penurunan mental¹⁶. Jus apel dapat membantu melestarikan asetilkolin, neurotransmitter yang dapat menurun seiring bertambahnya usia. Tingkat asetilkolin yang rendah terkait dengan penyakit Alzheimer¹¹.

Demikian pula, para peneliti yang memberi makan seluruh apel tikus tua menemukan bahwa penanda ingatan tikus dikembalikan ke tingkat tikus yang lebih muda¹¹.

Apel Apa Yang Terbaik Untuk Smoothie?

Berbicara mengenai resep smoothie, tidak akan ada alasan kekurangan pilihan bahan sehat dan segar yang tersedia. Ada berbagai macam buah-buahan dan sayuran yang memenuhi preferensi rasa apapun, termasuk buah apel. Berikut ini adalah jenis buah apel terbaik yang direkomendasikan untuk membuat smoothie. Tetap bersemangat membaca artikel ini, ya! ^_^

Apel Granny Smith

Apel ini telah ada sejak tahun 1868, ditemukan sebagai bibit oleh Maria Ann (Nenek) Smith.

Granny Smith adalah salah satu varietas apel paling terkenal berkat warnanya yang hijau terang dan rasa getirnya. Apel ini dikenal karena dagingnya yang keras, sedang dan berwarna putih cerah yang tahan kecoklatan ketika diiris dan getah yang kuat menyerupai lemon.

Tips Penggunaan : untuk dimakan segar, sebagai campuran salad, dipanggang, dimasak.

Kapan Musim Apel Granny Smith? Setiap bulan dalam setahun! Apel Granny Smith dipanen pada bulan September tetapi dapat dinikmati sepanjang tahun.

Apel Fuji

Apel ini adalah yang paling manis dari yang manis, salah satu dari 15 jenis apel paling populer di AS dan tidak tertandingi di Jepang. Apel Fuji ditemukan pada 1930-an sebagai persilangan hibrida antara Red Delicious dan Virginia Ralls Janet, yang dikembangkan oleh para peneliti di Tohoku Research Station di Fujisaki, Jepang.

Apel Fuji adalah pilihan yang fantastis bagi mereka yang memiliki ‘gigi manis’. Apel Fuji merah-kuning memiliki Brix atau nilai kadar gula sekitar 15-18. Apel Fuji renyah dan sangat berair dengan rasa manis-manis yang menyerupai jus apel yang baru saja diperas. Bagian dalam apel memiliki daging putih krem ​​dan halus.

Tips Penggunaan : untuk cemilan sehat, sebagai campuran salad, dipanggang.

Kapan waktu musim Apel Fuji? Sepanjang tahun! Apel Fuji dipanen di negara bagian Washington pada bulan September dan Oktober, dan karena daya simpannya yang kuat membuat apel fuji menjadi makanan yang enak, tersedia dan siap untuk dimakan 365 hari sepanjang tahun.

Apel Gala

Apel gala ditemukan di Selandia Baru sekitar tahun 1934 oleh Orchardist J.H. Kidd. Persilangan antara Golden Delicious dan apel merah oranye Kidd, Gala menawarkan rasa manis dengan sedikit vanila dan memiliki aroma bunga.

Di luarnya, apel gala bulat, berlatar belakang kuning keemasan pucat dan merah, sementara di bagian dalamnya keras dan renyah dengan sedikit warna kuning ke krem. Apel gala umumnya berukuran sedikit lebih kecil daripada kebanyakan varietas apel lainnya yang mana berarti apel ini bagus untuk anak-anak dan untuk cemilan sehat.

Tips Penggunaan: untuk camilan, sebagai campuran salad, dijus, dipanggang, dibekukan.

Kapan waktu musim Apel Gala? Apel gala dipanen di negara bagian Washington pada bulan Agustus dan tersedia sepanjang tahun.

Golden Delicious Apples

Terlepas dari namanya, Golden Delicious jangan disamakan dengan Red Delicious. Meskipun keduanya lezat (karena memang itu namanya ^_^) mereka tidak terkait erat.

Golden Delicious ditemukan pada awal 1900-an di pertanian keluarga Mullin di Clay County, Virginia Barat. Apel Golden Delicious ini berkulit tipis, bertektur lembut halus dengan daging putih dan rasanya manis, dengan eksterior kuning.

Tips Penggunaan : untuk dimakan segar, sebagai campuran salad, dipanggang.

Kapan waktu musim Apel Golden Delicious ini? Apel Golden Delicious dipanen di Washington State pada bulan september dan oktober, namun tersedia sepanjang tahun.

Berikut ini beberapa resep smoothie lezat berbahan utama buah apel yang bisa dengan mudahnya Anda buat hari ini yang bermanfaat mengoptimalkan kesehatan tubuh Anda dan keluarga tercinta agar selalu fit. Tetap semangat membaca hingga selesai, ya! ^_^

Resep Smoothie Buah Apel Sederhana Terbaik Kaya Gizi & Manfaat Kesehatan

Apple Carrot Ginger Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 2 buah apel favorit (cuci bersih, buang biji, potong dadu)
• 2 buah wortel ukuran sedang (cuci bersih, buang kedua ujungnya, potong dadu)
• 2-3 cm jahe segar (kupas kulit, cuci bersih, cacah kasar)
• ½ buah jeruk oranye (kupas kulit, buang biji)
• ½ buah pisang ukuran kecil (kupas kulit, bekukan sebelum diproses)
• 1 sdm biji rami kuning (pilihan)
• ½ -1 cangkir yogurt yunani (boleh diganti dengan susu favorit, tergantung pada selera & konsistensi yang disukai)
• ⅓ cangkir es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan proses selama 1 menit.
2. Tuang ke gelas saji.
3. Sajikan segera & Enjoy!
Nilai Gizi
Kalori: 95Kal | Lemak: 0,7 gr | Protein: 1,1 gr | Karbohidrat: 22,6 gr | Serat: 4,3 gr | Gula: 14,9 gr | Kolesterol: 0,0 mg | Kalium: 216,1 gr | Natrium: 23,7 mg

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Apple-Strawberry Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 2 buah apel favorit ukuran sedang (bekukan sebelum diproses)
• 12 - 15 buah stroberi ukuran sedang (bekukan sebelum diproses)
• 8 - 10 daun kemangi (cuci bersih, cacah kasar)
• 2 sdm biji rami
• 2 cangkir daun selada romaine (cuci bersih, cacah kasar)
• 1 sdt air perasan jeruk nipis
• ½ -¾ cangkir yogurt yunani (boleh diganti dengan susu favorit, tergantung pada selera & konsistensi yang disukai)
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan proses selama 1 menit.
2. Tuang ke gelas saji.
3. Sajikan segera & Enjoy!
Nilai Gizi
Kalori: 160.1kal | Kadar Lemak: 4.2gr | Kadar Protein: 3.0 gr | Kadar Karbohidrat: 33.6 gr | Kadar Serat: 9.4 gr | Kadar Gula: 21.7 gr | Kadar Kalium: 151.4 mg | Kadar Natrium: 8.9mg

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Very Berry Sweet Apples Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 buah Apel favorit ukuran sedang (bekukan sebelum diproses)
• 1 cangkir raspberry (bekukan sebelum diproses)
• 1 cangkir blueberry (bekukan sebelum diproses)
• 6 buah stroberi ukuran besar (bekukan sebelum diproses)
• 3 - 5 daun kemangi segar (cuci bersih)
• 1 sdm madu murni
• ⅓ cangkir susu almond tanpa pemanis
• ½ - ¾ cangkir yogurt yunani (boleh diganti dengan susu favorit, tergantung pada selera & konsistensi yang disukai)
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan proses selama 1 menit.
2. Tuang ke gelas saji.
3. Sajikan segera & Enjoy!
Nilai Gizi
Kalori: 229,9 kal | Kadar Lemak: 3 gr | Kadar Protein: 4,8 gr | Kadar Gula: 30 gr | Kadar Kolesterol: 0 mg | Kadar Kalium: 213,8 ​​mg| Kadar Natrium: 128,4 mg

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Apple Chocolate Peanut Recovery Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• ½ cangkir susu rendah lemak rasa tawar
• 3 - 4 sdt bubuk coklat murni
• 1 sdm kacang favorit
• ½ buah apel favorit ukuran besar (bekukan sebelum diproses)
• ¼ sdt kayu manis
• ⅓ cangkir yogurt yunani (boleh diganti dengan ½ cangkir susu coklat rendah lemak favorit, sesuai selera & konsistensi yang disukai)
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan proses selama 1 menit.
2. Tuang ke gelas saji.
3. Sajikan segera & Enjoy!
Nilai Gizi
Kalori: 288 kal | Lemak: 7 gr | Protein: 10 gr | Karbohidrat: 39 gr | Serat: 6 gr | Gula: 24 gr | Kolesterol: 6 mg | Kalium: 539 mg | Natrium: 191 mg

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Naturally Apple-Cinnamon Fantastic Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 buah apel ukuran besar (bekukan sebelum diproses)
• ¼ cangkir tahu sutra/susu (pilihan sesuai selera)
• ¼ cangkir yogurt yunani
• ¾ cangkir susu kedelai
• 1 cangkir daun bayam hijau (cuci bersih, cacah kasar)
• ½ sdt kayu manis
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan proses selama 1 menit.
2. Tuang ke gelas saji.
3. Sajikan segera & Enjoy!
Nilai Gizi
Kalori: 139 kal | Total Lemak: 3 gr | Lemak jenuh: 1 gr | Lemak Trans: 0 gr | Kolesterol: 0 mg | Sodium: 64 mg | Karbohidrat: 23 gr | Serat makanan: 4 gram | Gula: 16 gr | Protein: 6 gr

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Energizing AppleCado Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• ½ cangkir susu almond tanpa pemanis
• 2 cangkir daun bayam hijau (cuci bersih, cacah kasar)
• ½ buah alpukat ukuran sedang (bekukan sebelum diproses)
• 1 buah apel ukuran sedang (bekukan sebelum diproses)
• ½ buah pisang ukuran sedang (bekukan sebelum diproses)
• 1-2 sdt madu murni (pilihan sesuai selera)
• 1cm jahe segar (kupas kulit, cuci bersih, cincang kasar)
• 1 sdm biji chia/biji rami (pilihan sesuai selera)
• 1-2 sdm yogurt yunani (pilihan sesuai selera)
• 2 sdm kacang favorit
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan proses selama 1 menit.
2. Tuang ke gelas saji.
3. Sajikan segera & Enjoy!
Nilai Gizi
Kalori: 153 kal | Lemak: 8 gr | Protein: 2 gr | Karbohidrat: 8 gr | Serat: 7 gr | Gula: 15 gr | Natrium: 62 mg

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Apples With Vanilla and Cinnamon Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• ¼ buah pisang ukuran besar (bekukan sebelum diproses)
• ½ buah Apel merah ukuran besar (bekukan sebelum diproses)
• ½ cangkir susu almond tanpa pemanis
• 1 sdm minyak biji rami
• ¾ sdt bubuk kayu manis
• 1 sdt bubuk vanili
• ½ cangkir yogurt yunani (pilihan, namun sangat direkomendasikan)
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan proses selama 1 menit.
2. Tuang ke gelas saji.
3. Sajikan segera & Enjoy!
Kalori: 273 kal | Lemak: 7,4 gr | Protein: 26 gr | Karbohidrat: 27 gr | Serat: 5,5 gr | Gula: 15 gr

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Tahukah Anda bahwa dalam membuat smoothie tidak ada benar atau salah – Semua adalah tentang Anda memilih untuk melakukan dan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup pribadi Anda?! ^_^

Jika Anda memiliki resep yang ingin Anda bagikan, kami ingin mendengarnya. Kirimkan email kepada kami @ smoothiedokter.com di Facebook, Twitter atau Instagram. Resep terbaik akan ditampilkan di situs web atau resep ebook kami, tentu saja Anda akan mendapat kreditnya! (^.^)

Pertimbangan Dan Pemikiran Akhir

Apel adalah buah yang populer dan sehat – mudah dibudidayakan dan disesuaikan dengan selera tertentu karena keanekaragaman genetiknya yang tangguh, juga memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi terhadap kerusakan oksidatif yang dipicu oleh kanker, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Tips yang perlu diingat: bicarakan dengan dokter atau ahli gizi tentang buah dan sayuran campurannya apa yang aman untuk Anda makan, ya! ^-^

Smoothiedokter tidak hanya bercerita tentang smoothie dan resep tetapi kami peduli untuk membuat gaya hidup sehat yang baik, jadi tandai teman yang akan membutuhkan lebih dari cinta ini.

Sukai dan ikuti kami di @smoothiedokter facebook dan atau instagram untuk lebih menunjukkan rasa peduli dan cinta kepada teman, sahabat, keluarga terlebih pasangan Anda ^-^.

Pertanyaan-Pertanyaan Terkait

Berapa Lama Masa Penyimpanan Apel Berlangsung?

Umur simpan apel dapat bervariasi dari beberapa minggu hingga beberapa bulan. Berapa lama apel mempertahankan kesegarannya dipengaruhi secara signifikan oleh suhu, bentuk, dan lokasi penyimpanannya. 

Cara terbaik untuk menjaga apel tetap segar dan siap dimakan adalah dengan menyimpannya tanpa dicuci, dalam bentuk utuh, dan masing-masing dibungkus dalam kulkas. Ini bisa membuat mereka segar hingga 6-8 minggu.

Apakah Biji Apel Beracun?

Apel adalah buah yang populer dan sehat. Tetapi ketika Anda menggigit jauh ke dalam sebuah apel, Anda dihadapkan dengan sesuatu yang tidak begitu manis pada intinya, yaitu biji hitam kecil.

Biji hitam kecil ini mengandung amygdalin, zat yang melepaskan sianida ketika bersentuhan dengan enzim pencernaan manusia.

Tetapi toksisitas akut jarang terjadi jika Anda tidak sengaja memakan sebagian bijinya karena sejumlah kecil amygdalin dapat didetoksifikasi oleh enzim dalam tubuh Anda. Namun, jumlah yang besar bisa berbahaya, lho!

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit negara Amerika, 1-2 mg/kg adalah dosis oral sianida yang fatal¹⁷ untuk seseorang dengan berat badan sekitar 70kg. Anda perlu mengunyah dan memakan sekitar 200 biji apel, atau sekitar 40 inti apel, untuk mendapatkan dosis yang fatal.

Jadi, kesimpulannya adalah meskipun biji apel mengandung amygdalin, suatu zat yang melepaskan sianida ke dalam aliran darah ketika dikunyah dan dicerna, namun biji apel dalam jumlah kecil tidak mengandung cukup sianida untuk menyebabkan kerusakan. So, lebih baik meludahkan biji tersebut untuk menghindari masalah potensial, kan! ^_^

Akankah Makan Apel Membantu Jika Mengalami Refluks Asam?

Apel merupakan sumber kalsium, magnesium, dan kalium yang baik yang mana mineral alkali ini dapat membantu meredakan gejala refluks asam. Refluks asam terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan.

Kebanyakan orang bisa makan apel merah tanpa mengalami efek samping, jadi tidak ada salahnya menambahkannya ke diet harian Anda.

Banyak juga yang mengatakan bahwa makan apel setelah makan atau sebelum tidur dapat membantu menetralkan asam ini dengan menciptakan lingkungan alkali di perut. Apel manis dianggap bekerja lebih baik daripada varietas asam. Ukuran porsi yang direkomendasikan adalah satu apel sedang atau sekitar satu cangkir apel cincang.

Referensi, Sumber, Kutipan, dan Para Ahli Diwawancarai

¹ Jennings, MS, RD, K. (2018, December 17). 10 Impressive Health Benefits of Apples. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/10-health-benefits-of-apples

² Flood-Obbagy, J. E., & Rolls, B. J. (2009). The effect of fruit in different forms on energy intake and satiety at a meal. Appetite, 52(2), 416–422. https://doi.org/10.1016/j.appet.2008.12.001. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2664987/

³ de Oliveira, M. C., Sichieri, R., & Venturim Mozzer, R. (2008). A low-energy-dense diet adding fruit reduces weight and energy intake in women. Appetite, 51(2), 291–295. https://doi.org/10.1016/j.appet.2008.03.001. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18439712/

⁴ Cho, K. D., Han, C. K., & Lee, B. H. (2013). Loss of body weight and fat and improved lipid profiles in obese rats fed apple pomace or apple juice concentrate. Journal of medicinal food, 16(9), 823–830. https://doi.org/10.1089/jmf.2013.2784. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23909905/

⁵ Koutsos, A., Tuohy, K. M., & Lovegrove, J. A. (2015). Apples and cardiovascular health–is the gut microbiota a core consideration?. Nutrients, 7(6), 3959–3998. https://doi.org/10.3390/nu7063959. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26016654/

⁶ Majewska-Wierzbicka, M., & Czeczot, H. (2012). Flawonoidy w prewencji i leczeniu chorób układu sercowo-naczyniowego [Flavonoids in the prevention and treatment of cardiovascular diseases]. Polski merkuriusz lekarski : organ Polskiego Towarzystwa Lekarskiego, 32(187), 50–54. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22400181/

⁷ Briggs, A. D., Mizdrak, A., & Scarborough, P. (2013). A Statin A Day Keeps The Doctor Away: Comparative Proverb Assessment Modelling Study. The BMJ, 347(f7267). https://doi.org/10.1136/bmj.f7267. Retrieved from https://www.bmj.com/content/347/bmj.f7267

⁸ Kromhout, D., Geelen, A., & Hollman, P. C. (2010). Dietary Flavonol Intake May Lower Stroke Risk in Men and Women. The Journal of Nutrition, 140(3), 600–604. https://doi.org/10.3945/jn.109.116632. Retrieved from https://academic.oup.com/jn/article/140/3/600/4689169

⁹ Oude Griep, L. M., Verschuren, W. M., Kromhout, D., Ocké, M. C., & Geleijnse, J. M. (2011). Colors of fruit and vegetables and 10-year incidence of stroke. Stroke, 42(11), 3190–3195. https://doi.org/10.1161/STROKEAHA.110.611152. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21921279/

¹⁰ Muraki, I., Imamura, F., Manson, J. E., Hu, F. B., Willett, W. C., van Dam, R. M., & Sun, Q. (2013). Fruit consumption and risk of type 2 diabetes: results from three prospective longitudinal cohort studies. BMJ (Clinical research ed.), 347, f5001. https://doi.org/10.1136/bmj.f5001. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23990623/

¹¹ Hyson D. A. (2011). A comprehensive review of apples and apple components and their relationship to human health. Advances in nutrition (Bethesda, Md.), 2(5), 408–420. https://doi.org/10.3945/an.111.000513. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3183591/

¹² Hodgson, J. M., Prince, R. L., Woodman, R. J., Bondonno, C. P., Ivey, K. L., Bondonno, N., Rimm, E. B., Ward, N. C., Croft, K. D., & Lewis, J. R. (2016). Apple intake is inversely associated with all-cause and disease-specific mortality in elderly women. The British journal of nutrition, 115(5), 860–867. https://doi.org/10.1017/S0007114515005231. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26787402/

¹³ Gerhauser C. (2008). Cancer chemopreventive potential of apples, apple juice, and apple components. Planta medica, 74(13), 1608–1624. https://doi.org/10.1055/s-0028-1088300. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18855307/

¹⁴ Mlcek, J., Jurikova, T., Skrovankova, S., & Sochor, J. (2016). Quercetin and Its Anti-Allergic Immune Response. Molecules (Basel, Switzerland), 21(5), 623. https://doi.org/10.3390/molecules21050623. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27187333/

¹⁵ Shen, C. L., von Bergen, V., Chyu, M. C., Jenkins, M. R., Mo, H., Chen, C. H., & Kwun, I. S. (2012). Fruits and dietary phytochemicals in bone protection. Nutrition research (New York, N.Y.), 32(12), 897–910. https://doi.org/10.1016/j.nutres.2012.09.018. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23244535/

¹⁶ Rogers, E. J., Milhalik, S., Orthiz, D., & Shea, T. B. (2004). Apple juice prevents oxidative stress and impaired cognitive performance caused by genetic and dietary deficiencies in mice. The journal of nutrition, health & aging, 8(2), 92–97. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/14978604/

¹⁷ Department of Health and Human Services, C. D. (1994). Cyanides (as CN) [May 1994]. NIOSH Publications. Retrieved from https://www.cdc.gov/niosh/idlh/cyanides.html

Yohana

Menetap di Jakarta-Indonesia, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, Yohana menyukai kegiatan bepergian, menulis, menghabiskan waktu bersama keluarga, juga memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Menciptakan dan membangun website 'smoothiedokter.com' impian dan tujuan Yohana adalah berbagi informasi yang paling tidak bias dan informatif tentang diet, gaya hidup sehat, dan kekuatan penyembuhan dari semua makanan alami- dan tentu saja tentang Smoothie. kepada teman-teman, sanak keluarga dan kerabat serta banyak orang Indonesia.

Share Lha!