Share Lha!

 

Sering terkena radiasi cahaya, terutama dari elektronik membuat mata menjadi kering yang akan mengakibatkan mata perih.Hati-hati! Itu bisa menurunkan daya penglihatan Anda, lho! Jika merasakan gejalanya, segera atasi dengan buah-buahan dan sayur-sayuran serta makanan lainnya untuk kesehatan mata (kita akan membahasnya nanti).

Smoothie dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda ketika itu dibuat menggunakan wortel¹ dan seledri, juga beberapa Bahan-Bahan Khusus Lainnya.

Bahan-Bahan Smoothie Yang DiButuhkan yang Dapat membantu Menjaga Kesehatan Mata Anda

Bahan-Bahan Tertentu yang telah terbukti dalam penelitian ilmiah untuk membantu Menjaga Kesehatan Mata Anda. Mari kita bahas ini sekarang.

Buah-buahan Yang Membantu Menjaga Kesehatan Mata Anda

Jeruk – Buah jeruk sangat kaya akan vitamin C yang bermanfaat pada pembuluh darah yang menyehatkan mata. Bahkan vitamin C dapat memerangi perkembangan katarak, dan bila dikombinasikan dengan nutrisi lainnya dapat mengatasi degenerasi makula terkait usia – penurunan penglihatan.

Berries – Buah berry (seperti strawberry, blueberry, dan raspberry) memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C juga mengandung antioksidan paling tinggi yang dapat mengurangi resiko degenerasi makula dan katarak.

Manggis – Buah Manggis kaya akan vitamin B kompleks yang efektif mengurangi risiko degenerasi makula terutama di kalangan wanita.

Nangka – Buah nangka kaya akan vitamin C yang dapat mengurangi risiko katarak dan kehilangan penglihatan karena degenerasi makula.

Buah Naga – Buah naga adalah keluarga dari tanaman kaktus yang paling berwarna dari keluarga kaktus karena warna daging buahnya berwarna merah dan putih. Buah ini mengandung banyak vitamin C yang efektif membantu menyehatkan dan melindungi kornea mata.

Srikaya – Selain vitamin C dan B, buah srikaya juga mengandung kalium yang efektif membantu mengurangi kelebihan cairan di bawah kulit yang menyebabkan mata bengkak.

Labu – Buah Labu kaya akan lutein dan zeaxanthin. Labu musim panas memiliki vitamin C dan seng. Sementara labu musim dingin atau hujan mengandung vitamin A dan C serta asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan mata.

Melon – Buah melon mengandung tinggi beta karoten, suatu bentuk vitamin A yang membantu penglihatan malam hari, kemampuan mata Anda untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan.

Mangga – Buah mangga kaya akan beta karoten, suatu bentuk vitamin A yang bekerja memaksimalkan kemampuan mata Anda untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan.

Aprikot – Buah aprikot mengandung beta karoten yang tinggi, suatu bentuk vitamin A yang mengoptimalkan penglihatan malam hari, kemampuan mata Anda untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan.

Sayuran Yang Membantu Menjaga Kesehatan Mata Anda

Wortel – Wortel adalah sumber dari beberapa vitamin dan mineral terutama vitamin A (beta-karoten), serat, biotin, vitamin K, kalium, vitamin B6, potasium dan antioksidan yang sangat baik².

Seledri – Seledri kaya akan vitamin A, C dan K, dan mineral seperti kalium dan folat, dengan indeks glikemik rendah³.

Brokoli – Dilengkapi dengan kombinasi nutrisi vitamin A (seperti lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten), vitamin C, dan vitamin E yang merupakan antioksidan efektif untuk melindungi sel-sel di mata dari radikal bebas.

Kubis – Di dalamnya terkandung zeaxanthin dan lutein yang bekerja untuk mengoptimalkan fungsi penglihatan mata. Sayuran ini juga mengandung antioksidan yang melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya.

Selain itu, kubis juga kaya akan vitamin C, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh serta indera penglihatan. Antioksidan ini bekerja dengan cara menakjubkan untuk mencegah kerusakan sel-sel di mata.

Mengonsumsi makanan tersebut secara teratur juga dapat menurunkan risiko penyakit mata akibat usia, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak.

Sayuran Hijau – Makanan untuk kesehatan mata selanjutnya adalah sayuran hijau seperti bayam dan sayuran collard, yang kaya akan vitamin C dan E.

Sayuran tersebut juga memiliki lutein karotenoid dan zeaxanthin yang merupakan bentuk dasar vitamin A yang efektif menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang, termasuk Age Macular Degeneration (AMD) dan katarak.

Kacang-Kacangan – Kelompok kacang-kacangan seperti buncis juga mengandung seng tinggi sehingga cocok menjadi makanan untuk kesehatan mata, seperti kacang polong hitam, kacang merah, dan kacang lentil.

Kacang lainnya seperti hazelnut, kacang polong, dan selai kacang juga merupakan sumber vitamin E lho!

Jagung – Jagung adalah salah satu sumber makanan yang mengandung zeaxanthin dan lutein, juga antioksidan yang baik untuk mata. Tahukah Anda bahwa kita dapat meningkatkan jumlah lutein dalam jagung jika kondisinya sudah dimasak?

Bahan-Bahan Lain Yang DiButuhkan Yang membantu Menjaga Kesehatan Mata Anda

Gandum – Gandum atau biji-bijian utuh, seperti beras merah, oat, quinoa, roti gandum, dan pasta gandum juga dapat meningkatkan kesehatan mata karena mereka mengandung vitamin E, seng, dan niasin (vitamin B3).

Gandum juga mengandung indeks glikemik rendah yang efektif membantu mengurangi risiko degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia.

Kentang – Kentang mengandung beta-karoten dan vitamin lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

Telur – Kandungan seng di dalam telur akan membantu tubuh menggunakan lutein dan zeaxanthin dari kuning telurnya. Warna kuning-oranye dari senyawa ini menghalangi sinar biru berbahaya untuk merusak retina.

Mereka membantu meningkatkan jumlah pigmen pelindung pada makula (bagian mata yang mengendalikan penglihatan sentral).

Daging Dan Unggas – Daging sapi dan ayam bisa menjadi sumber zat seng yang bagus untuk kesehatan mata. Seng membawa vitamin A dari hati ke retina Anda, di mana itu digunakan untuk membuat pigmen pelindung melanin.

Ubi Jalar – Ubi mengandung beta karoten yang tinggi, suatu bentuk vitamin A yang membantu penglihatan malam hari, kemampuan mata Anda untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan. Ubi jalar bisa menjadi makanan untuk kesehatan mata juga karena memiliki lebih dari setengah vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam sehari dan sedikit vitamin E.

Paprika Merah – Paprika berwarna cerah juga mengandung vitamin A dan E yang baik untuk mata.

Biji Bunga Matahari – Sebanyak 1 ons biji bunga matahari memiliki setengah dari jumlah vitamin E yang dianjurkan United State Department of Agricultural (USDA) untuk orang dewasa setiap hari yang dapat membantu memperlambat degenerasi makula terkait usia (Age-related Macular Degeneration=AMD) agar tidak bertambah parah. Biji bunga matahari juga bisa membantu mencegah katarak.

Ikan Salmon – Ikan salmon kaya akan Omega 3 yang akan melindungi mata dari AMD dan glaukoma. Retina membutuhkan dua jenis asam lemak omega 3 untuk bekerja dengan benar: Docosehaxaenoic Acid (DHA) dan Eicosapentaenoic acid (EPA). Keduanya banyak dikandung dalam ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan trout (ikan air tawar), serta makanan laut lainnya.

Tiram – Tiram juga menjadi makanan untuk kesehatan mata karena memiliki lebih banyak seng per porsi daripada makanan laut lainnya. Seng membawa vitamin A dari hati ke retina Anda, di mana itu digunakan untuk membuat pigmen pelindung melanin.

Resep Smoothie Untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mata Anda

Melankolis Seledri Wortel Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 cangkir Wortel (kupas kulit, serut)
• 1 buah naga ukuran sedang (kupas kulit, dan sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• ½ cangkir daun Bayam
• ½ cangkir air perasan Lemon
• 1 cangkir daun Seledri
• ½ cangkir buah melon (kupas kulit, sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• ½ cangkir Yogurt Yunani
• ½ cangkir Air kelapa asli
• ½ cangkir Es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Campurkan semua bahan dalam blender.
2. Lalu proses sampai semua bahan tercampur dengan baik.
3. Selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Sunnyside Seledri-Berrie Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• ½ cangkir Yogurt Yunani
• ½ cangkir Air kelapa asli
• ½ cangkir Es batu (pilihan)
• ½ cangkir Wortel (kupas kulit, serut)
• 1 sdm biji bunga matahari
• 1 cangkir buah berri (pilihan :strawberry/blueberry/raspberry/kombinasi berries, sesuai selera), (potong dadu, dan sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah Lemon (kupas kulit, buang biji)
• 1 cangkir daun Seledri
• ½ cangkir Kubis
Cara Membuat
1. Campurkan semua bahan dalam blender.
2. Lalu proses sampai semua bahan tercampur dengan baik.
3. Selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Worsel-Manang Bayam Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 cangkir Wortel (kupas, potong dadu)
• ½ cangkir Bayam (daunnya saja)
• 1 cangkir daun Seledri
• ½ cangkir buah Nangka (buang biji, potong dadu, sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah Jeruk (kupas kulit, buang biji)
• ½ cangkir buah mangga (buang biji, potong dadu, sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• ½ cangkir Yogurt Yunani
• ½ cangkir Air kelapa asli
• ¼ cangkir Es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Campurkan semua bahan dalam blender.
2. Lalu proses sampai semua bahan tercampur dengan baik.
3. Selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Telur Naga BroWoLe Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• ½ cangkir Seledri (campur daun dan batangnya)
• 1 cangkir Brokoli
• 1 cangkir Wortel (kupas, serut)
• 2 buah telur ayam kampung rebus (potong dadu)
• 1 buah jeruk Lemon (kupas kulit, buang biji)
• 1 cangkir buah naga (merah/putih-pilihan sesuai selera) (kupas kulit, potong dadu, dan sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• ½ cangkir Yogurt Yunani
• ½ cangkir Air kelapa asli
• ½ cangkir Es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Campurkan semua bahan dalam blender.
2. Lalu proses sampai semua bahan tercampur dengan baik.
3. Selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Honey Lemon Brighteyes Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• ½ cangkir Brokoli (cacah kasar)
• 1 cangkir Bayam (daunnya saja)
• 1 cangkir Wortel (kupas kulit, serut)
• 1 buah Lemon (kupas kulit, buang biji)
• ½ cangkir buah naga putih/merah ((pilihan sesuai selera) (kupas kulit, potong dadu, sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 sdm Madu
• 1 cangkir yogurt yunani
• 2 sdm kacang almond/hazelnut (pilihan sesuai selera, cacah kasar)
• 2 cm Jahe (kupas kulit, cacah kasar)
• ½ cangkir es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Campurkan bahan-bahan, kecuali madu dan kacang, ke dalam blender dan proses selama 1 menit.
2. Tuang ke dalam gelas saji lalu masukkan madu dan kacang lalu aduk selama 10 detik.
3. Selamat menikmati!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Selain mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran yang mengandung nutrisi untuk kesehatan mata, berikut ini akan dibahas beberapa cara lain yang mudah untuk dilakukan.

Cara Lain Untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mata Anda

Hindari duduk terlalu lama di depan komputer ataupun smartphone – Menatap layar komputer atau smartphone terlalu lama dan terlalu dekat dapat menyebabkan mata lelah, ketegangan mata, pandangan yang kabur, kesulitan fokus pada jarak jauh, mata kering, sakit kepala, leher, punggung, dan nyeri bahu. Lalu bagaimana cara melindungi mata? begini caranya:
  • Pastikan kacamata atau lensa kontak Anda sudah diperbarui dan bagus untuk melihat layar komputer.
  • Jika ketegangan mata tidak hilang, konsultasikan dengan dokter tentang kacamata komputer.
  • Kondisikan posisi layar komputer sehingga mata sejajar dengan bagian atas monitor. Itu memungkinkan Anda melihat sedikit ke bawah pada layar.
  • Cobalah untuk menghindari silau dari jendela dan lampu. Gunakan layar anti-silau jika diperlukan.
  • Pilih kursi yang nyaman dan mendukung. Posisikan agar kaki rata di lantai.
  • Jika mata kering, berkediplah lebih banyak.
  • Istirahatkan mata setiap 20 menit. Lihatlah 20 meter selama 20 detik. Beranjak setidaknya setiap 2 jam dan istirahat 15 menit.
  • Pakailah kacamata hitam pelindung UV di area yang terpapar langsung sinar matahari – Gunakan kacamata hitam dengan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekedar lensa yang gelap, untuk melawan paparan dari sinar matahari. Terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan kemungkinan katarak dan degenerasi makula.
    Pilih kacamata yang memblokir 99% hingga 100% sinar UVA dan UVB. Lensa sampul membantu melindungi mata Anda dari samping. Lensa terpolarisasi mengurangi silau saat mengemudi.
  • Gunakan kacamata pelindung – Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.
    Olahraga seperti hoki es, badminton, atau olahraga sejenisnya juga bisa menyebabkan cedera mata, untuk itu pakailah pelindung mata. Helm dengan pelindung wajah atau kacamata olahraga dengan lensa polikarbonat akan melindungi mata.
  • Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 18 jam – Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda.
  • Kurangi penggunaan tetes mata – Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.
  • Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata – Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah mata bengkak.
  • Hindari membaca dalam cahaya redup – Membaca dalam cahaya lampu yang redup bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.
  • Hindari melihat langsung cahaya yang terlalu terang – Jangan fokuskan mata Anda langsung melihat cahaya yang terlalu terang karena dapat merusak mata.
  • Berhenti merokok – Merokok membuat Anda lebih berisiko mengalami katarak, kerusakan pada saraf optik, degenerasi makula, juga banyak masalah medis lainnya.
  • Melatih mata untuk bersantai – Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, lalu pada sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali. Cara lainnya ialah duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.
  • Pergi ke dokter mata secara teratur – Setiap orang, bahkan anak kecil, membutuhkan pemeriksaan mata yang teratur. Hal Ini membantu melindungi fungsi penglihatan Anda dengan baik sampai jangka waktu yang lama.

Pikiran Dan Pertimbangan Terakhir

Makanan punya pengaruh besar meningkatkan kesehatan mata, terutama dalam menunjang kemampuan untuk melihat. Namun penting untuk memahami bahwa selain menjaga asupan makanan, gaya hidup dan kondisi medis secara nyata turut mempengaruhi kesehatan mata. Mata sehat sampai tua adalah dambaan setiap orang, termasuk Anda bukan?

Semoga melalui artikel ini Anda menjadi lebih bijak dalam memilih makanan untuk dikonsumsi, apakah jenis makanan yang baik untuk mata, atau mungkin sebaliknya. Apabila Anda mencoba salah satu resep dalam artikel ini, ataupun Anda mengkreasikannya dengan resep Anda sendiri, share pengalaman di kolom yang tersedia di bawah ini, ya! ^-^

Pertanyaan-Pertanyaan Terkait

Masih Bergunakah Minum Suplemen Penjaga Daya Tahan Tubuh
Saat Sakit?

Suplemen penjaga daya tahan tubuh tetap membantu proses pemulihan apabila dikonsumsi saat telah jatuh sakit. Mengapa demikian? Di dalam kandungan suplemen penjaga daya tahan tubuh yang banyak beredar terdapat berbagai nutrisi yang memang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari vitamin C hingga mineral seng.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat di dalam Cochrane Database of Systematic Reviews 2013 menyatakan bahwa vitamin C dapat sedikit mengurangi gejala flu pada sebagian besar orang. Meski begitu, vitamin C tidak benar-benar bisa menyembuhkan penyakit itu sendiri.

Penelitian lain di dalam Journal of The Royal Society of Medicine menyatakan bahwa mengkonsumsi suplemen yang mengandung mineral seng juga memiliki dampak positif terhadap kondisi kesehatan Anda. Saat Anda sakit flu, minum suplemen ini dapat mempersingkat lama waktu Anda mengalami penyakit flu dan meriang

Jadi, dapat disimpulkan bahwa minum suplemen penjaga daya tahan tubuh saat sakit tetap berguna untuk membantu mengembalikan kesehatan Anda.

Referensi, Sumber, Kutipan, dan Para Ahli Diwawancarai

¹ Bjarnadottir, MS, LN, A. (2015, January 23). Carrots 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/nutrition/foods/carrots

² Bjarnadottir, MS, LN, A. (2015, January 23). Carrots 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/nutrition/foods/carrots

³ Butler, RD, LD , N. (2016, February 24). Benefits of Celery: For Your Health. Retrieved from https://www.healthline.com/health/food-nutrition/health-benefits-of-celery

⁴ (2020, January 21). Lutein – Manfaat, Dosis, & Efek Samping | HonestDocs. Retrieved from https://www.honestdocs.id/%E2%80%8Blutein

⁵ Hemilä H, Chalker E. Vitamin C for preventing and treating the common cold. Cochrane Database of Systematic Reviews 2013, Issue 1. Art. No.: CD000980. DOI: 10.1002/14651858.CD000980.pub4. Retrieved from
https://www.cochranelibrary.com/cdsr/doi/10.1002/14651858.CD000980.pub4/full

⁶ Hemilä H. (2017). Zinc lozenges and the common cold: a meta-analysis comparing zinc acetate and zinc gluconate, and the role of zinc dosage. JRSM open, 8(5), 2054270417694291. doi:10.1177/2054270417694291
Retrieved from
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5418896/

Yohana

Menetap di Jakarta-Indonesia, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, Yohana menyukai kegiatan bepergian, menulis, menghabiskan waktu bersama keluarga, juga memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Menciptakan dan membangun website 'smoothiedokter.com' impian dan tujuan Yohana adalah berbagi informasi yang paling tidak bias dan informatif tentang diet, gaya hidup sehat, dan kekuatan penyembuhan dari semua makanan alami- dan tentu saja tentang Smoothie. kepada teman-teman, sanak keluarga dan kerabat serta banyak orang Indonesia.

Share Lha!