Share Lha!

Sembelit adalah adalah kondisi di mana seseorang buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Tanda-tanda sembelit di antaranya adalah kesulitan untuk buang air besar, feses menjadi keras dan panas, serta perut akan terasa kaku karena feses terlalu lama menumpuk di usus.

Terjadinya sembelit dapat disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan berserat atau terlalu banyak konsumsi makanan tinggi lemak, kurang berolahraga, dan kurang minum.

Smoothies yang dibuat dari buah-buahan juga sayuran yang mengandung serat, sorbitol, dan air, akan sangat membantu mengatasi sembelit.

Bahan-Bahan Smoothie Yang Bermanfaat Membantu Mengatasi Sembelit

Pada umumnya buah-buahan dan sayuran mengandung air dan nutrisi, juga serat. Hidrasi dapat meredakan atau memperbaiki banyak kasus sembelit, smoothie buah dan sayuran tertentu adalah pilihan yang sangat baik.

Sayuran Untuk Yang Bermanfaat Membantu Mengatasi Sembelit

Agar proses pencernaan dan penyerapan nutrisi berlangsung dengan lancar, kedua jenis serat , serat larut air (soluble fiber) dan tidak larut air (insoluble fiber), harus dikonsumsi secara berimbang.

Kembang Kol – Kaya akan serat tak larut.

Bayam – Kaya akan serat tidak larut.

Brokoli – Kaya akan serat tidak larut.

Wortel – Mengandung tinggi kedua Jenis serat.

Mentimun – Mengandung tinggi kedua jenis serat.

Kubis – Kaya akan serat larut.

Seledri – Kaya akan serat larut.

Asparagus – Kaya akan serat larut.

Rhubarb – Satu ikat rhubarb mengandung 1 gram serat dan sisanya merupakan serat tidak larut.

Rhubarb mengandung sennoside A yang bekerja memproduksi AQP3 (protein yang mengontrol perjalanan air di usus kecil) dan memberikan efek pencahar dalam tubuh. Penurunan kadar AQP3 menghasilkan peningkatan penyerapan air, yang melunakkan feses dan mendorong buang air besar. Rhubarb dapat digunakan dalam berbagai makanan yang dipanggang, ditambahkan ke yogurt atau bahkan ditambahkan ke oatmeal sebagai tambahan rasa.

Artichokes – Sebuah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa artichokes memiliki efek prebiotik.

Prebiotik adalah jenis serat khusus yang bekerja dengan memberi makan bakteri baik yang ditemukan di usus besar, membantu mengoptimalkan kesehatan pencernaan.

Sayuran ini dapat dimakan secara langsung atau dibuat sebagai krim.

Buah-Buahan Yang Bermanfaat Membantu Mengatasi Sembelit

Prune – Prune adalah salah satu sumber buah sorbitol terkaya, jadi mereka mungkin salah satu pilihan terbaik untuk membantu meringankan sembelit.

Apel – Apel merupakan sumber serat yang tinggi, satu buah apel yang kecil memiliki serat sekitar 4 gram. Tak hanya serat, apel juga banyak mengandung pektin yang terkenal karena efek pencaharnya dalam lambung yang mampu menjaga usus tetap bersih. Saat mengkonsumsi pektin, toksin dan zat berbahaya lain dalam tubuh dapat dikeluarkan.

Pepaya – Buah Pepaya adalah buah yang paling disarankan untuk dikonsumsi untuk mengatasi masalah sembelit karena sangat kaya akan serat larut air.

Pir – Buah pir memiliki serat yang tinggi (satu buah pir yang sedang akan memberikan enam gram serat). Buah pir juga tinggi akan sorbitol, alkohol gula yang bertindak menarik air ke usus dan merangsang pergerakan usus. Selain itu, buah pir kaya akan kandungan fruktosa, yaitu sejenis gula yang hanya bisa diserap dalam jumlah terbatas.

Fruktosa memiliki pengaruh pada metabolisme tubuh jadi jenis gula ini hanya dapat diserap secara lambat oleh liver. Fruktosa yang tidak diserap bertindak sebagai pencahar alami dengan membawa air ke usus.

Kiwi – Satu buah kiwi mengandung serat sebanyak 2.3 gram. Buah Kiwi telah terbukti merangsang gerakan di saluran pencernaan, membantu mendorong buang air besar.

Lemon – Jeruk lemon kaya akan kandungan anti-oksidan dan vitamin C yang menarik air ke dalam usus. Menambahkan air perasan buah lemon ke dalam makanan akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Meningkatkan asupan air akan meningkatkan kadar air di dalam usus sehingga akan dapat membantu melunakkan feses dan membersihkan usus besar sehingga membantu mengatasi sembelit.

Kacang-Kacangan – Beragam kacang memiliki serat yang tinggi dan dapat membantu mengatasi sembelit, misalnya, kacang hitam memiliki serat sekitar 7.5 gram per saji setengah gelas.

Kacang-kacangan mengandung serat larut dan serat tidak larut dimana Serat larut dapat larut pada air dan memiliki bentuk yang seperti gel sehingga dapat melembutkan usus dan membuat mudah tercerna., sementara serat tidak larut melewati saluran pencernaan utuh dan menambah tinja.

Buah Ara – Setengah gelas buah ara, terutama buah ara kering mengandung 7.5 gram serat yang sudah dapat mencukupi kebutuhan serat harian sebanyak 30 persen. Mengonsumsi buah ara dapat secara langsung atau dibuat sebagai selai.

Alpukat – Buah alpukat kaya akan serat baik jenis larut maupun tak larutnya.

Stroberi – Sebagai salah satu anggota keluarga berries, stroberi sangat kaya akan kandungan fitonutrien alias nutrisi alami yang bekerja sebagai anti-peradangan dan antioksidan bagi tubuh.

Plum – atau prem kering terkenal karena efek pencahar pada tubuh dengan kandungan sorbitol, magnesium dan kalsium di dalamnya yang bekerja meningkatkan optimalisasi fungsi usus dalam tubuh.

Sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan pada tahun 2014 melaporkan bahwa makan 100 g plum per hari meningkatkan seberapa sering orang memproduksi tinja, serta konsistensi tinja, dibandingkan dengan psyllium, yang merupakan pencahar yang mengandung serat larut dalam OTC yang umum larut.

Anggur – Buah Anggur kaya akan sorbitol dan air

Nanas – Buah nanas mengandung enzim bromelain yang bekerja membantu memperbaiki fungsi usus dan mengatur kelancaran buang air besar. Mineral dalam nanas juga bisa memperlancar proses pencernaan.

Semangka – Buah semangka mengandung banyak air, mineral juga serat yang akan memperlancar pencernaan.

Mangga – Selain memberikan rasa manis dan segar yang alami , buah mangga memiliki banyak nutrisi, seperti vitamin C, kalium, dan beta karoten yang salah satu fungsinya adalah mencegah dehidrasi sehingga akan membantu mencegah sekaligus mengatasi sembelit.

Bahan-Bahan Lain Yang Bermanfaat Membantu Mengatasi Sembelit

Lidah Buaya – Lidah buaya memiliki sifat laksatif yang dapat membersihkan usus besar. Anda tinggal menambahkan perasan 1 butir lemon ke dalam gel aloe vera, lalu blender. Agar lebih nikmat, dinginkan dalam kulkas selama 2-3 jam sebelum mengkonsumsinya.

Air Kelapa – Air kelapa asli memberi nutrisi terbaik bagi sel-sel tubuh yang akan mengoptimalkan pekerjaan seluruh sistem tubuh.

Air – Usus besar harus tetap terhidrasi supaya sehat. Kurangnya air tak hanya menyebabkan sembelit namun juga timbunan zat beracun dalam tubuh. Oleh sebab itu, penting bagi setiap kita untuk cukup minum setiap harinya. Minum minimal 8 gelas atau setara dengan 2 liter air putih setiap hari.

Untuk menjaga usus tetap bersih, perbanyaklah minum air. Pada dasarnya segala jenis cairan baik untuk menjaga usus dan mencegah masalah pencernaan, seperti sembelit. Namun yang terbaik adalah air putih. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan usus adalah dengan memenuhi kebutuhan dalam tubuh, yaitu setidaknya dua liter setiap hari.

Jika kamu kurang minum air putih, maka risiko mengalami dehidrasi akan meningkat. Sebab sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Selain itu, menjaga kebersihan usus pun dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang sehat.

Produk Probiotik – Untuk mengatasi sembelit, kamu bisa mencoba dengan mengonsumsi makanan atau produk yang mengandung probiotik. Yaitu bakteri sehat yang akan mendorong dan melancarkan pencernaan yang kemudian mengeluarkan makanan dalam bentuk kotoran alias feses.

Makanan hasil fermentasi Sistem pencernaan terdiri dari mikroba baik yang memiliki beragam tugas, mulai dari mencerna makanan, menyerap nutrisi, melumpuhkan bakteri berbahaya, hingga mengeluarkan racun. Namun saat jumlah bakterinya tidak seimbang, maka itu bisa mengganggu kesehatan saluran pencernaan. Karena lingkungan bakteri rawan rusak oleh efek obat-obatan, makanan hasil proses, serta beragam zat kimia lainnya, maka penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang kaya probiotik.

Ada banyak produk yang mengandung probiotik seperti yogurt, makanan korea kimchi dan miso. Namun hati-hati, penting untuk membedakan antara probiotik dengan prebiotik. Yang membedakannya adalah probiotik merupakan serat larut yang berfungsi untuk membantu dinding usus besar menjadi lebih halus sehingga pergerakan feses di usus besar menjadi lebih cepat.

Jahe – Jahe ternyata dapat bertindak sebagai antitoksin pada usus. Selain itu, mengkonsumsi jahe pun dapat membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar.

Menariknya, untuk mendapatkan manfaat dari jahe kamu bisa mengkonsumsinya dengan banyak cara seperti diparut, dipotong atau dijus dan direbus. Untuk membersihkan usus, cobalah untuk mengonsumsi dua cangkir rebusan jahe yang dicampur dengan perasan lemon dan madu.

Tak hanya dapat meredakan kembung, jahe juga dapat merangsang fungsi usus besar sehingga jauh dari toksin berbahaya. Anda dapat mengkonsumsi jahe dalam berbagai bentuk seperti jus, parutan, potongan kecil-kecil, atau menambahkannya dalam teh herbal.

Salah satu resep untuk membersihkan usus yang harus dicoba adalah 2 cangkir air yang dicampur dengan 1 sdt perasan jahe dan 1 ¼ cangkir perasan lemon. Untuk menambah rasa, Anda boleh membubuhkan sedikit madu. Lalu bagilah larutan tersebut menjadi 2-3 bagian dan minumlah untuk hari itu juga.

Flax dan Chia Seed – Keduanya tak hanya kaya lemak, namun juga serat yang baik untuk pencernaan. Tak hanya itu, kedua biji-bijian tersebut juga dipadati asam lemak omega-3 yang dapat menstabilkan sel dinding serta mengurangi peradangan.

Oatmeal
Yogurt
Kopi
Nasi

Resep Smoothie Untuk Membantu Mengatasi Sembelit

Sendok Takar Set
Harga online terendah: 19 Sep, 2021

Grapeconut Beachie Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1/2 Buah Mentimun (Jangan Dikupas)
• 1 Cangkir Daun Bayam Hijau
• 1 Buah Pir (Sudah Dibekukan Semalaman Sebelum Diproses)
• 10 Butir Anggur Hijau Atau Anggur Merah (Pilihan Sesuai Selera)
• 1/2 Cangkir Greek Yogurt Tawar
• 1/2 Cangkir Air Kelapa muda asli
• 1/4 Cangkir Es Batu (Pilihan)
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
2. Proses Selama 1 Menit.
3. Sajikan dan Enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Delicate Pineguava Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1/2 Cangkir Buah Nanas (Potong Dadu Dan Sudah Dibekukan Semalaman Sebelum Diproses)
• 1/2 Cangkir Buah Jambu Biji (Potong Dadu Dan Sudah Dibekukan Semalaman Sebelum Diproses)
• 2 Buah Apel Malang (Sudah Dibekukan Semalaman Sebelum Diproses)
• 1 Sdm Madu Murni
• 1 Cangkir Kembang Kol (Cacah Kasar)
• 1 Cangkir Air Kelapa hijau asli
• 1/4 cangkir yogurt rendah lemak
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
2. Proses Selama 1 menit.
3. Sajikan dan Enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Sexy Pinepaya Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 cangkir daun selada
• 1 cangkir buah pepaya (Sudah Dibekukan Semalaman Sebelum Diproses)
• 1/2 cangkir buah nanas (Sudah Dibekukan Semalaman Sebelum Diproses)
• 1 sdm air perasan jeruk nipis
• 1 sdm madu asli
• 1/2 cangkir greek yogurt
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
2. Proses Selama 40 detik.
3. Sajikan dan Enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Yummy Cleansing Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• 1 buah daging alpukat (Sudah Dibekukan Semalaman Sebelum Diproses)
• 1 cangkir bayam
• 1 cangkir wortel (potong dadu)
• 1 buah jeruk lemon ukuran sedang (kupas kulit, buang biji)
• 1/3 cangkir yogurt rendah lemak
• 1/4 cangkir es batu (pilihan)
Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
2. Proses Selama 50 detik.
3. Sajikan dan Enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Cleansing Spinach Smoothie

Resep original dari : Yohana

 Print/Simpan Resp

Bagikan Resep

Penyajian - 1
Bahan-Bahan
• ½ buah jeruk nipis (kupas kulit, buang bijinya)
• 1 cangkir buah melon (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• ½ cangkir buah pepaya (kupas kulit, buang bijinya dan sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1 buah pisang (sudah dibekukan semalaman sebelum diproses)
• 1/2 cangkir yogurt rendah lemak
• 1 cangkir ketimun segar (pisahkan sekitar 1 sdt timun yang dicincang kasar untuk topping)
• 1 cangkir daun bayam hijau / merah (pilihan sesuai selera)
Cara Membuat
1. Masukkan bahan-bahan, kecuali 1 sdt timun cincang, ke dalam blender.
2. Proses Selama 1 menit.
3. Tuang ke dalam gelas saji, taburkan timun topping di atasnya, lalu sajikan.
4. Enjoy!

Coba Resep Ini? Bagi ceritamu di sini.

Follow us for more healthy recipes.

Cara Lain Yang Bermanfaat Membantu Mengatasi Sembelit

Cara alami lain untuk meredakan sembelit adalah dengan membuat perubahan pola makan dan gaya hidup sederhana, seperti :

  • Meningkatkan asupan serat dari makanan padat
  • Makan banyak buah dan sayuran segar
  • Tetap terhidrasi
  • Membatasi asupan makanan olahan
  • Membatasi asupan garam harian
  • Meningkatkan asupan kalium
  • Berolahraga secara teratur
  • Jangan suka menahan buang air besar – Kebiasaan sering menahan buang air besar akan meningkatkan resiko terjadinya sembelit.

Kebiasaan Makan Sehat Yang Membantu Mengatasi Sembelit

  • Minumlah ramuan lemon 3-4x sehari dimulai saat perut masih kosong di pagi hari. Larutan ini tak hanya menyehatkan pergerakan usus namun juga menambah energi.Untuk membuat ramuan lemon, campurkan perasan 1 butir lemon dengan sedikit garam dan madu dalam gelas berisi air hangat untuk memperkaya manfaatnya. Alternatif lain ialah menambahkan 2 sdm perasan lemon segar ke dalam 1 gelas jus apel,
  • Mengkonsumsi satu sendok molases (pemanis yang lebih menyehatkan dibandingkan gula karena memiliki kandungan magnesium dan mineral) saat perut kosong di pagi hari bisa melancarkan pencernaan
  • Menambahkan satu sendok baking soda ke dalam segelas air hangat dan minum sebelum sarapan akan membantu melancarkan perjalanan makanan ke dalam saluran pencernaan
  • Menambahkan satu sendok biji rami ke dalam sarapan atau smoothie Anda akan membantu meningkatkan pencernaan dan menghilangkan sembelit.
  • Menambahkan minyak ataupun biji wijen ke dalam sarapan pagi dimana Komposisi minyak dalam biji wijen akan membantu melembabkan usus
  • Menambahkan satu sendok minyak zaitun setiap hari ke dalam sarapan pagi akan membantu mengatasi sembelit
  • Mengkonsumsi kombinasi sayuran yang ditaburi minyak zaitun, seperti salad – Minyak zaitun mengandung lemak sehat yang bisa melumasi usus Anda dan mengurangi sembelit.
  • Secara rutin mengkonsumsi sereal yang dikombinasikan dengan plum di pagi hari atau malam hari akan meningkatkan asupan serat dan pencernaan Anda secara efektif, yang sekaligus membantu dalam menyingkirkan sembelit
  • Secara teratur seminggu dua kali mengkonsumsi teh jahe atau daun mint yang memiliki efek antispasmodik yang melemaskan otot-otot saluran pencernaan dapat membantu melancarkan pencernaan.

Gaya Hidup Sehat Yang Membantu Mengatasi Sembelit

  • Menjaga kebersihan tubuh – Agar tetap sehat, tidak hanya organ luar yang terlihat saja yang harus dijaga kebersihannya, tetapi sejumlah organ dalam pun harus dijaga kebersihannya. Seperti usus yang berfungsi dalam proses pencernaan manusia.
  • Hindari Stress – Ternyata sistem pencernaan kita sangatlah sensitif terhadap stres. Sembelit adalah salah satu respon sistem pencernaan terhadap stres. Memiliki dan melakukan hobi agar dapat mengurangi tingkat stres misalnya bernyanyi, berenang, pergi nonton, atau hobi lainnya.
  • Disiplin berolahraga ringan sekitar 20 sampai 30 menit selama lima hari dalam seminggu – Berolahraga dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung dan pernapasan yang dapat merangsang kontraksi otot di seluruh tubuh. Hal ini akan membantu makanan diproses lebih cepat.
  • Perbanyak minum air mineral (air putih) – Salah satu akibat dari sembelit adalah tinja kering. Konsumsi air putih dapat memudahkan tinja untuk keluar.
  • Menghindari minuman diuretik seperti minuman berkafein (kopi dan soda) juga minuman beralkohol. Minuman diuretik dapat menyebabkan kehilangan cairan melalui peningkatan buang air kecil sehingga akan memperburuk gejala dan kondisi sembelit.

  • Perhatikan makanan yang dikonsumsi – Salah satu penyebab terjadinya sembelit adalah karena kurangnya asupan vitamin B12 dalam makanan yang dikonsumsi.

    Berdasarkan sebuah studi, diketahui bahwa orang yang mengkonsumsi nasi dapat mengurangi risiko terjadinya sembelit. Selain itu, konsumsi kopi saat Anda sembelit dapat merangsang gerakan dalam usus Anda, meningkatkan sirkulasi dan memori otak Anda.
  • Perbanyak konsumsi Makanan Berserat – konsumsi serat memang dapat membantu mengatur gerakan usus dengan menyerap air ekstra dan membantu untuk membentuk tinja.

    Selain itu, kandungan serat pada makanan yang dikonsumsi dapat menjaring residu pada saluran usus dan nantinya dapat merangsang sistem pencernaan untuk segera buang air besar. Oleh karena itu saat mengalami sembelit, cobalah untuk meningkatkan asupan serat dengan makan buah (seperti pepaya), sayuran (kubis, wortel, ataupun bayam), dan biji-bijian.

Pikiran Dan Pertimbangan Terakhir

Terjadinya sembelit pada umumnya disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan berserat atau terlalu banyak konsumsi makanan tinggi lemak, kurang berolahraga, dan kurang minum.

Selain melakukan perubahan pola makan, diet tinggi serat, dan gaya hidup, minum smoothies yang mengandung serat makanan, sorbitol, atau nutrisi lain dalam jumlah rendah, sedang, atau tinggi yang mendukung kesehatan pencernaan akan sangat membantu mengatasi sembelit.

Segera menghubungi penyedia layanan kesehatan mereka jika konstipasi mereka berlanjut setelah melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup.

Pertanyaan Terkait

Mengapa Masih Sering Kambuh Sembelit Padahal Sudah Banyak Makan Sayur?

Ada beberapa penyebab terjadinya sembelit :

  1. Hambatan dalam usus besar atau rektum yang memperlambat gerakan feses yang akan dikeluarkan. Kondisi ini sering terjadi pada obstruksi usus besar, luka pada anus, kanker usus besar, penyempitan daerah usus besar, dan lain-lain.
  2. Kelainan saraf sekitar usus besar dan rektum, sering ditemui pada penderita Parkinson, stroke, multiple sklerosis, kelainan saraf otonom, dll.
  3. Gangguan otot yang diperlukan dalam proses pengeluaran feces, seperti ketidakmampuan otot panggul untuk berelaksasi dalam gerakan usus, kontraksi dan relaksasi otot panggul tidak sejalan/dissinergi dan kelemahan otot panggul.
  4. Kondisi yang mempengaruhi kerja hormon dalam tubuh seperti : diabetes (kencing manis), hiperparatiroid, hipertiroid dan kehamilan.
  5. Usia (makin tua, makin tinggi risiko terjadinya sembelit), jenis kelamin wanita, dehidrasi (kurang mengkonsumsi cairan), diet kurang serat, jarang beraktivitas fisik, menggunakan obat-obatan tertentu (obat penenang, narkotika, obat untuk menurunkan tekanan darah), dll

Bolehkah Diet Minum Madu?

Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Mike McInnes, ahli gizi asal Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa madu berasal dari gula alami yang salah satu khasiatnya menurunkan berat badan¹.

Namun tentu saja Saat menjalani diet madu, Anda juga disarankan mengurangi konsumsi junk food, minuman bersoda, makanan berminyak, atau makanan dalam kemasan.

Referensi, Sumber, Kutipan, dan Para Ahli Diwawancarai

¹ Minum Madu Sebelum Tidur Bisa Hilangkan 1,4 Kg Seminggu. (2013, December 2). Retrieved from https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-2429984/minum-madu-sebelum-tidur-bisa-hilangkan-14-kg-seminggu

.

Yohana

Menetap di Jakarta-Indonesia, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, Yohana menyukai kegiatan bepergian, menulis, menghabiskan waktu bersama keluarga, juga memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Menciptakan dan membangun website 'smoothiedokter.com' impian dan tujuan Yohana adalah berbagi informasi yang paling tidak bias dan informatif tentang diet, gaya hidup sehat, dan kekuatan penyembuhan dari semua makanan alami- dan tentu saja tentang Smoothie. kepada teman-teman, sanak keluarga dan kerabat serta banyak orang Indonesia.

Share Lha!