Share Lha!

Mengetahui fakta-fakta tentang menjaga kebiasaan yang sehat di masa kehamilan memiliki banyak manfaat seperti memberi lebih banyak energi selama kehamilan, membantu mempermudah persalinan, bahkan nantinya membantu menurunkan berat badan pasca persalinan lebih cepat tidak membuat tetap berkebiasaan sehat jadi lebih mudah ataupun berjalan mulus, bukan? Saya yakin timbulnya rasa mual di pagi hari, bersama dengan kelelahan trimester pertama termasuk sakit punggung-yang datang kemudian-membuat Anda sulit untuk tetap aktif apalagi tetap rutin berolahraga dan menentukan pilihan makan sehat, iya ‘kan?

Jangan khawatir, Anda sudah berada di tempat yang tepat! Saya akan membantu Anda. Anda tidak akan lagi merasa sendiri dan mengalami kebingungan dalam menghadapinya. Pada artikel ini akan dibahas mengenai 26 tips mudah terbaik menjaga kehamilan sehat-bahagia agar Anda merasa tetap berenergi dan aktif dalam seluruh masa kehamilan Anda. Selain itu, nantinya Anda akan menemui beberapa catatan saran penuh kejujuran dan cinta untuk menjaga kehamilan Anda sehat menyenangkan, lho. Yuk disimak.

Berikut ini adalah 26 tips terbaik untuk membantu Anda membuat Anda bertanggung jawab untuk membantu sang calon buah hati tumbuh dalam ‘lingkungan’ yang terpelihara secara sehat sebelum sumber kegembiraan Anda tiba.

Tahukah Anda bahwa olahraga mampu mempengaruhi suasana hati dengan baik terutama dalam mengurangi kecemasan dan perasaan depresi?

Yup, olahraga meningkatkan jumlah endorfin yang diproduksi tubuh, yang tidak hanya membawa perasaan bahagia tetapi juga membantu mengurangi rasa sakit yang adalah mimpi setiap orang hamil! ^_* So, merupakan suatu fakta bahwa olahraga teratur dapat membantu Anda mengatasi banyak masalah yang muncul selama kehamilan seperti insomnia, nyeri otot, penambahan berat badan yang berlebihan, juga masalah mood.

Jika Anda rutin berolahraga sebelum hamil, pertahankan! Namun memang, jujur saja, besar kemungkinan Anda akan menemui kesulitan menemukan energi dan motivasi selama kehamilan Anda.

Misalkan pun Anda berkomitmen untuk setidaknya sekali sehari jalan-jalan atau sekali seminggu berenang di pagi hari, akan ada hari-hari Anda melewatkan latihan. Tenang, kuatkan tekad Anda untuk tidak menyalahkan diri sendiri dan mulai lagi saja keesokan harinya, ya! ^-^

Jika Anda tidak berolahraga secara teratur sebelum mengetahui bahwa Anda sedang hamil, tanyakan kepada dokter Anda tentang memasukkan rutinitas kebugaran ke dalam hari Anda. Mereka dapat memandu Anda ke dalam program yang aman dan nyaman untuk Anda dan bayi Anda yang sedang tumbuh.

Anda tidak perlu kok melakukan olahraga super intens untuk melihat manfaatnya bagi suasana hati Anda. Bicaralah dengan dokter Anda tentang latihan yang aman bagi Anda untuk bergerak untuk pandangan yang lebih baik.

Tip 2- Lakukan Latihan Yoga

Carilah kelas yoga prenatal atau yoga lembut yang dirancang khusus untuk calon ibu. Instruktur di kelas ini akan tahu pose mana yang terbaik dan mana yang harus Anda hindari.

Jika Anda tidak melakukan yoga sebelum hamil, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda sebelum mendaftar kelas. Meskipun Anda dapat memulai, yang terbaik adalah membahas risiko dan kekhawatirannya dengan dokter Anda.

Meskipun sebagian besar olahraga aman, terutama yang Anda lakukan sebelum hamil, ada beberapa jenis olahraga yang harus Anda hindari. Segala aktivitas yang berisiko membuat Anda jatuh seperti panjat tebing atau ski, harus dihindari.

Anda juga harus berhati-hati terhadap dataran tinggi dan latihan apa pun yang dilakukan sambil berbaring telentang. Dengarkan tubuh Anda dan ingatlah Anda sedang berolahraga agar tetap sehat – jangan mencoba memecahkan rekor apapun, ya! ^_^

Tip 3- Periksa Diet Anda Untuk Keinginan Mengidam Anda

Mengidam karena kehamilan itu nyata, lho! Meskipun mengidam tidak selalu dapat dijelaskan, kita dapat mencari nutrisi yang sedang dibutuhkan tubuh kita.

Bagi Anda yang sebelum hamil adalah seorang vegetarian, mungkin Anda membutuhkan lebih banyak protein, lemak dan zat besi – tiga nutrisi yang ditemukan dalam daging merah. So, jangan terlalu terkejut ataupun khawatir jika yang Anda sangat sering Anda inginkan dalam kehamilan Anda adalah makanan serba berdaging hewan! ^_^

Demikian juga dengan Anda yang selalu mengidam burger keju terutama dengan alasan burger keju tidak bikin eneg serta mudah dimakan untuk setiap waktu makan, makan siang maupun makan malam. Tahukah Anda bahwa burger keju secara terus-menerus akan memiliki efek jangka panjangnya bukanlah yang terbaik untuk anda juga bayi Anda?

Saran penuh kejujuran: berusahalah menyiapkan makanan berprotein tinggi Anda dengan mengkombinasikan menu makanan Anda dengan variasi resep dengan ayam, ikan, dan kacang-kacangan, untuk memastikan Anda dan bayi Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan, yaitu makanan dengan kandungan mineral dan nutrisi seperti kalsium, zat besi, dan folat.

Tip 4- Lakukan Penambahan Berat Badan Dengan Cerdas

Seorang wanita yang sedang hamil memang “makan untuk dua orang”, namun bukanlah berarti Anda “bebas-lepas” untuk makan apa pun yang Anda inginkan, lho! Justru sebaliknya, Anda perlu lebih bijak dan bersikap strategis tentang apa dan seberapa banyak yang Anda makan.

Tahukah Anda bahwa penambahan berat badan yang tidak terkontrol selama kehamilan akan lebih banyak bahayanya daripada kebaikannya bagi bayi Anda?

Selama trimester pertama, Anda hanya membutuhkan sekitar 100 kalori ekstra sehari untuk mendukung pertumbuhan janin Anda, kemudian pada trimester ketiga Anda, jumlah kalori tambahan itu mendekati 300 hingga 500 per hari.

Tip 5- Temukan Botol Air Minum Yang Anda Sukai

Dehidrasi kapan saja dapat menyebabkan masalah, tetapi selama kehamilan menjadi isu yang amat sangat penting untuk dihindari. Air putih atau air mineral berperan penting dalam perkembangan si kecil dan juga membantu membentuk plasenta dan kantung ketuban.

Institute of Medicine merekomendasikan sekitar 10 cangkir atau sekitar 2,3 liter dari total cairan per hari harus dikonsumsi para wanita saat hamil.

Tahukah Anda bahwa membawa botol minum kesukaan kemanapun Anda pergi akan sangat membantu Anda mencapai asupan air yang diperlukan?

Yuuk, cari botol air minum portable-lucu, unik ataupun keren-yang Anda sukai! ^_^

Botol Air Minum Portable BPA Free
Harga online terendah: 25 Okt, 2021

Jika Anda bosan dengan rasa tawarnya air mineral biasa, perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan seperti mentimun, stroberi, lemon, atau jeruk nipis. Lihat juga artikel “Smoothies Untuk Ibu Hamil – Terbukti Ilmiah, Kaya Manfaat“ sebelumnya, ya! ^-^

Tetap terhidrasi menjaga tingkat energi Anda dan membantu meringankan gejala kehamilan yang mengganggu seperti sembelit. Silahkan Anda lihat juga artikel “5 Resep Smoothies Manjur Mengatasi Sembelit – Sehat & Alami“ sebelumnya.

Tip 6- Makan Sehat

Anda pasti sudah tahu bahwa ada banyak manfaat makan sehat termasuk mengontrol berat badan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Diet seimbang juga dapat meningkatkan energi seseorang dan meningkatkan umur panjang.

Mungkin yang sama pentingnya adalah bahwa peningkatan energi, kendali atas penambahan berat badan, dan penurunan kemungkinan penyakit dapat menyebabkan peningkatan suasana hati. Mengendalikan pilihan makanan Anda dan makan untuk menyehatkan tubuh Anda dan bayi Anda dapat memberdayakan Anda untuk merasa lebih baik setiap hari.

Tip 7- Makan Seafood

Makanan laut sarat dengan vitamin dan mineral, seperti asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung, seng, dan zat besi. Ini semua penting untuk ibu dan bayi. Tetapi makanan laut yang kurang matang atau mentah dapat menyebabkan beberapa masalah seperti bakteri dan virus berbahaya.

Oleh karena itu, wanita hamil harus menghindari ikan mentah dan ikan yang mungkin mengandung merkuri tingkat tinggi. Contoh ikan yang mengandung merkuri tingkat tinggi meliputi hiu, ikan todak, tilefish, raja mackerel.

Saran penuh kejujuran dan cinta: Makan beragam seafood agar Anda tidak memiliki konsentrasi mineral dari satu jenis ikan, namun tidak lebih dari 12 ons ikan per minggu, ya!^.^

Tip 8- Batasi Gula Anda

Tahukah Anda bahwa suatu penelitian terbaru menemukan bahwa konsumsi gula yang meningkat berdampak negatif pada daya ingat dan kecerdasan anak Anda?

Meskipun tidak menghilangkan semua yang manis-manis, sebaiknya Anda berdisiplin menghindari membeli camilan sejak awal. Menurut saya, metode ini efektif, lho, karena menghindari Anda “jatuh dalam pencobaan” dan godaan dari tersedianya cemilan! ^-^

Saran penuh kejujuran dan cinta: Sebagai ganti dari menyediakan cemilan cookie ataupun makanan cemilan mengandung tinggi gula lainnya, sebaiknya Anda memuaskan keinginan gigi manis Anda dengan pilihan makanan utuh seperti buah-buahan segar, atau mungkin memilih merek dengan bahan yang lebih sedikit diproses atau membeli paket yang lebih kecil daripada packaging ukuran besar.

Hal ini ini bukan hanya tentang menghindari gula sama sekali, lho, tetapi menciptakan rutinitas ngemil yang lebih bijaksana.

Tip 9- Konsumsi Multivitamin

Makan makanan seimbang yang kaya vitamin dan mineral adalah cara terbaik untuk memberi tubuh Anda semua nutrisi sehat yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan jabang bayi Anda. Namun diet sehat saja mungkin tidak cukup untuk kehamilan.

Anda perlu tambah dengan vitamin maupun multivitamin prenatal yang mengandung nutrisi tertentu seperti asam folat, kalsium, zat besi yang dibutuhkan ibu hamil pada dosis yang lebih tinggi, yang akan membantu perkembangan janin dan membantu mencegah cacat lahir. Dokter Anda dapat membantu Anda menemukan multivitamin atau serangkaian vitamin yang terbaik untuk Anda.

Multivitamin biasanya mengandung DHA, EPA, atau bahkan keduanya yang merupakan lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak bayi Anda. Namun hati-hati, jangan mengkonsumsi lebih dari satu dosis multivitamin. Beberapa vitamin dalam jumlah yang lebih tinggi bisa berbahaya bagi bayi.

Tip 10- Tenangkan Pikiran Anda

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kehamilan bisa menjadi rollercoaster emosional. Beberapa teman dan saudara saya mengaku bahwa selama trimester ketiga, seringkali mereka berbaring di tempat tidur pada malam hari sambil berdoa agar sang jabang bayi menendang hanya supaya mereka tahu bahwa semuanya baik-baik saja.

Tetap semangat melanjutkan membaca artikel ini karena bagian berikutnya ini adalah beberapa strategi jitu namun mudah sekali dilakukan untuk menenangkan pikiran Anda, lho! *_^

Tip 11- Luangkan Waktu Untuk Bermeditasi

Tahukah Anda bahwa meditasi memiliki manfaat yang tak terhitung jumlahnya termasuk dalam masa kehamilan?

Meluangkan waktu untuk bermeditasi dapat memberikan Anda beberapa manfaat seperti berikut :
  • Mengurangi stres
    membantu mengendalikan kecemasan
  • Mempromosikan pandangan hidup yang positif
  • Meningkatkan kesadaran diri
    membangkitkan perasaan baik terhadap diri sendiri dan orang lain
  • Memperbaiki tidur
  • Membantu mengontrol rasa sakit
  • Menurunkan tekanan darah

Semua manfaat ini dapat menghasilkan kehamilan dan kehidupan secara umum yang lebih bahagia.

Tip 12- Luangkan Waktu Untuk Memikirkan Dan Merencanakan Persalinan

Tahukah Anda bahwa menjadi berpendidikan, mengetahui segala hal tentang kehamilan dan persalinan, serta hal apa saja yang bisa Anda lakukan selama kehamilan hingga persalinan nanti dapat membantu menenangkan pikiran Anda?

Salah satu manfaat dari mempersiapkan persalinan lebih awal adalah Anda dapat membuat keputusan yang akan menghasilkan hasil kesehatan yang lebih baik – yang pasti akan membuat Anda lebih bahagia! Selain itu, dengan mempersiapkan persalinan sebelumnya dan mencari dukungan, Anda dapat merencanakan keputusan dan tantangan yang akan datang dan menurunkan stres Anda.

Tip 13- Istirahat

Sehat saat hamil bukan berarti menjadi wanita aktif super sibuk, ya. “Dengarkan” tubuh Anda dan pastikan untuk beristirahat saat Anda membutuhkannya – apakah itu berarti bersantai siang dengan berbaring di sofa dengan buku ataupun musik, atau bahkan dengan tidur lebih awal.

Dengan mengistirahatkan tubuh, Anda telah memastikan bahwa si kecil yang ada di dalam kandungan Anda akan terus tumbuh, dan Anda menghemat energi untuk aktivitas besok.

Tip 14- Tidur

Tahukah Anda bahwa tidur yang tidak cukup dikaitkan dengan depresi, penambahan berat badan, peningkatan peradangan, dan sistem kekebalan yang tertekan, juga dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk mengatur emosi dan berinteraksi secara sosial?

Banyak orang hamil mengalami kelelahan saat hamil, yang dapat membuat mereka merasa tidak nyaman dan murung. Kelelahan adalah tanda bahwa tubuh Anda membutuhkan lebih banyak istirahat.

Perubahan kadar hormon, antisipasi, dan kecemasan dapat membuat tidur sulit dipahami selama 9 bulan kehamilan Anda. Untuk alasan ini dan banyak lagi, penting untuk mendapatkan minimal cukup tidur, 7 sampai 9 jam setiap malam untuk menutup mata selama hamil, terlebih pada trimester akhir.

Tidur sebentar kapan pun Anda bisa terutama jika Anda sudah merasa lelah. Jadi, jadwalkan tidur siang saat Anda bisa, prioritaskan waktu tidur yang menenangkan dan patuhi itu setiap hari, ya!^_^

Tip 15- Dapatkan Pijat Prenatal

Tahukah Anda bahwa sedikit sentuhan manusia bisa sangat bermanfaat di saat Anda merasa sedih dan cemas?

Banyak penelitian telah menunjukkan manfaat sentuhan dan manfaat tersebut dapat berlanjut pada periode pasca melahirkan jika Anda membutuhkan penguat suasana hati. Dengan meredakan ketegangan otot dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, terapi pijat juga dapat membantu meredakan beberapa nyeri  yang mungkin membuat Anda down.

Bonus jika Anda sedang menyusui, pijatan dapat membantu meningkatkan hormon yang bertanggung jawab untuk produksi dan keletihan ASI, menghasilkan produksi ASI yang lebih besar, lho! ^_^

Tip 16- Pasang Aromaterapi

Percaya atau tidak, aroma punya pengaruh yang sangat kuat terhadap pikiran dan perasaan. Hanya dengan menghirup aroma tertentu dapat membawa pikiran dan ingatan Anda ke suatu masa lalu beserta dengan emosi yang menyertainya.

Dengan demikian, aroma dapat menaikkan ataupun menurunkan tekanan darah Anda. Pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter tentang minyak esensial yang ingin Anda gunakan untuk aromaterapi selama masa kehamilan Anda untuk memastikan bahwa minyak tersebut aman untuk Anda dan sang jabang bayi, ya! ^_^

Tip 17- Habiskan Waktu Dengan Orang Yang Dicintai

Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang Anda sayang dan cintai akan dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres Anda saat ini. Berbicara dengan orang yang dicintai juga bisa menjadi cara yang pasti untuk tertawa lebih sering yang pastinya akan bisa mengubah suasana hati Anda.

Menghabiskan waktu dengan orang yang Anda cintai dapat membantu Anda merasa terhubung dengan mereka yang mana hubungan tersebut dapat menjadi sumber dorongan dan dukungan yang kuat untuk Anda selama kehamilan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penelitian telah membuktikan bahwa wanita menyesuaikan diri dengan lebih baik selama masa transisi menjadi ibu ketika mereka memiliki hubungan yang autentik dan memuaskan.

Tip 18- Berhubungan Seks

Seks selama kehamilan aman Anda lakukan dengan pasangan Anda sampai ketuban Anda pecah (means : tiba waktu untuk persalinan) selama kehamilan Anda tidak memiliki masalah dan faktor penyulit seperti plasenta previa ataupun jenis kehamilan berisiko tinggi lainnya, ya! *_^

Jika Anda merasa tidak nyaman, Anda mungkin harus mencoba posisi baru. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda memiliki pertanyaan tentang keamanan hubungan seksual selama kehamilan Anda.

Tip 19- Kunjungi Dokter Gigi Anda

Hey, bukankah wanita yang sedang hamil wajib menghindari kunjungan ke dokter gigi karena khawatir pembersihan mulut dapat menyebabkan penyebaran bakteri dan infeksi?

Faktanya, American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan agar ibu hamil melakukan pemeriksaan kesehatan mulut secara rutin saat hamil, bersamaan dengan pembersihan gigi secara teratur. Pastikan untuk memberi tahu dokter gigi Anda bahwa Anda sedang hamil.

Tip 20- Dapatkan Vaksinasi Flu

Wanita hamil dapat dan harus mendapatkan vaksin flu selama Anda tidak memiliki kontraindikasi seperti yang disebutkan oleh produsen. Injeksi bukanlah virus hidup. Anda tidak bisa tertular flu dari vaksin flu.

Jika Anda tertular influenza selama kehamilan, resiko efek samping yang parah lebih besar daripada wanita pada usia yang sama yang tidak hamil. Vaksin akan melindungi Anda serta janin Anda yang sedang berkembang.

Tip 21- Persiapkan Diri Untuk Peran Yang Akan Datang Sebagai Orang Tua

Pengetahuan adalah kekuatan, dan juga mengurangi stres. Dengan mempersiapkan diri untuk peran Anda yang akan datang sebagai orang tua, Anda dapat mengurangi kecemasan.

Tip 22- Ikuti Kelas Persiapan Parenting

Kelas persiapan parenting juga dapat membangun kepercayaan diri, yang mana kepercayaan diri ini dapat meningkatkan kebahagiaan. Anda dapat menemukan kelas melalui rumah sakit setempat, perpustakaan, atau pusat komunitas lainnya.

Sebagai bonus tambahan, kelas parenting juga dapat membantu Anda terhubung dengan calon orang tua baru lainnya.

Tip 23- Terhubung Dengan Calon Orang Tua Lain: Teman Baru!

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, hubungan suportif, terutama yang otentik, telah terbukti secara ilmiah membuat perbedaan besar dalam kebahagiaan selama kehamilan dan perjalanan menjadi orang tua.

Siapa yang lebih baik diajak bergaul pada tingkat yang sangat autentik daripada orang yang juga sedang menantikan lahirnya sang buah hati, bukan? Anda akan merasa tenang dan nyaman karena seseorang benar-benar memahami apa yang sedang Anda alami.

Tip 24- Persiapkan Rumah, Keuangan Dan Rencana Anda Untuk Sang Bayi

Tahukah Anda bahwa mempersiapkan rumah dan keuangan Anda sebelum si kecil lahir dapat membuat Anda merasa lebih aman dan percaya diri tentang kemampuan Anda untuk merawat dan membesarkannya?

Mulailah memikirkan tentang biaya penitipan anak dan popok. Riset dokter anak dan asuransi. Pertimbangkan di mana Anda dapat menganggarkan untuk menghemat uang.

Mempertimbangkan biaya penambahan anggota keluarga baru tentu bisa terasa menakutkan, tetapi mengambil tindakan dan membuat rencana dapat membantu Anda merasa terkendali. Hal ini akan sangat berdampak positif pada suasana hati Anda.

Tip 25- Peduli Dengan Orang Lain – Ciptakan Dukungan

Adalah penting membangun hubungan yang cukup dekat dengan orang lain di sekitar Anda untuk menciptakan hubungan yang akan menawarkan dukungan di masa depan yang kemungkinan besar akan memberi kehamilan lebih bahagia.

Membangun hubungan yang cukup dekat dengan orang-orang di sekitar Anda juga dapat mengubah perspektif Anda maupun mereka. Banyak orang menemukan bahwa mengharapkan bayi baru membuat mereka lebih sadar akan dunia di sekitar mereka.

Tip 26- Bicaralah Dengan Terapis

Jika Anda berjuang untuk merasa bahagia selama kehamilan, berbicara dengan terapis dapat membantu Anda mengatasi tantangan itu. Dengan terapi, Anda akan dapat dibantu dalam mengatasi depresi dan kecemasan yang datang menyerang selama masa kehamilan Anda, serta memperdalam pemahaman tentang diri Anda dan orang lain serta menemukan cara untuk memiliki hubungan yang lebih harmonis dan dinamis.

Smoothiedokter percaya bahwa sangat penting untuk memberi makan anak Anda yang belum lahir nutrisi yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang saat Anda hamil! Salah satu cara mudah untuk mengemas nutrisi adalah melalui smoothie.

Jangan lupa untuk rajin mencuci tangan ^-* Stay safe!

Gurita Ikat Ibu Melahirkan (Ukuran S,M,L,XL)
Harga online terendah: 25 Okt, 2021

Pemikiran Akhir

Kehamilan dapat membawa berbagai emosi, seperti saat mual di pagi hari atau membayangkan nyeri saat persalinan nanti bisa jadi membuat Anda merasa sedikit sedih. Dengan berfokus pada perawatan diri dan langkah-langkah kenyamanan fisik, Anda dapat mengembalikan beberapa kebahagiaan ke dalam kehamilan Anda.

Tetap aktif berolahraga dan menentukan pilihan sehat termasuk makan sehat selama kehamilan tidak selalu berjalan mulus. So, tidak diragukan lagi, menjaga kesehatan selama hamil membutuhkan disiplin ekstra dan taktik yang menurut saya berguna untuk memotivasi kita, para calon ibu, agar makan dengan baik dan berolahraga selama bulan-bulan yang panjang.

Makanan sehat dan olahraga baik untuk Anda dan bayi Anda, dimana sebuah studi baru bahkan menemukan bahwa kenaikan berat badan selama kehamilan dapat mempengaruhi kesehatan kardiometabolik anak di kemudian hari.

Jika Anda kesulitan menemukan kebahagiaan dalam kehamilan, penting untuk berbicara dengan orang yang mendukung dalam hidup Anda. Selain itu, bicarakan dengan dokter Anda tentang penyesuaian yang harus Anda lakukan pada rutinitas Anda terutama saat Anda memasuki trimester kedua dan ketiga.

Mereka pasti dapat membantu Anda menemukan sumber daya yang Anda butuhkan untuk merasa lebih positif. So, tidak ada lagi alasan untuk melepaskan harapan menemukan kebahagiaan selama kehamilan Anda, kan! ^-^

Jika Anda memiliki strategi atau tips ‘n tricks menjalani masa kehamilan yang ingin Anda bagikan, kami ingin melihatnya. Kirimkan email kepada kami @smoothie Dokter di Facebook, atau @smoothiedokter di Instagram. tips ‘n tricks terbaik akan ditampilkan di situs web kami! Tentu saja Anda yang mendapat kreditnya ^_^

Last but not least: Jangan pernah lupa, ya, bahwa Anda diberikan kehidupan ini karena Anda cukup kuat untuk menjalaninya! ^ _ ^ Semangat.

Mini Electric BreastPump
Harga online terendah: 25 Okt, 2021

Pertanyaan-Pertanyaan Terkait

Apa Yang Dimaksud Dengan ‘Berat Bayi’ Yang Sehat?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (The Centers for Disease Control and Prevention=CDC) merekomendasikan bahwa wanita dalam kisaran berat badan sehat yang mengandung satu bayi memperoleh penambahan berat badan sebanyak 11,5 kg hingga 16 kg selama kehamilannya¹.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics & Gynecology², penambahan berat badan saat hamil terdiri dari:
  • Bayi
  • Plasenta
  • Cairan ketuban
  • Jaringan payudara
  • Darah
  • Pembesaran rahim
  • Simpanan lemak ekstra – Adapun lemak ekstra berfungsi sebagai cadangan energi untuk persalinan dan menyusui. Namun, penambahan berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan terlalu banyak lemak. Inilah yang umumnya orang sebut sebagai “berat bayi”, dan ini sangat umum.

Tahukah Anda bahwa setengah dari semua wanita hamil mengalami kenaikan berat badan lebih dari jumlah yang direkomendasikan selama kehamilan¹?

Makanan Dan Minuman Apa yang Sebenarnya Harus Dihindari Selama Kehamilan?

  • Ikan dengan merkuri tinggi – Termasuk hiu, ikan pedang, tuna dan marlin.
  • Ikan Mentah dan Kerang – Karena cenderung beresiko terkontaminasi oleh bakteri dan parasit. Beberapa di antaranya dapat menyebabkan efek kesehatan yang merugikan dan membahayakan Anda dan bayi.
  • Daging Mentah atau Setengah Matang – Karena mungkin mengandung bakteri berbahaya. Jadi daging harus dimasak hingga matang seluruhnya.
  • Telur Mentah – Karena memiliki kemungkinan besar untuk terkontaminasi salmonella, dan dapat membahayakan Anda dan bayi Anda. Pastikan untuk memasak telur dengan matang sebelum dimakan.
  • Daging Organ – Meskipun daging organ merupakan sumber zat besi, vitamin B12, vitamin A, dan tembaga yang baik, namun sebaiknya Anda membatasi asupan daging organ menjadi beberapa ons sekali seminggu untuk mencegah mengonsumsi terlalu banyak vitamin A.
  • Kafein – Batasi asupan kafein di bawah 200 mg per hari atau sekitar 2 hingga 3 cangkir kopi. Asupan kafein yang tinggi selama kehamilan dapat membatasi pertumbuhan bayi dan menyebabkan berat badan lahir rendah.
  • Kecambah Mentah – Karena resiko terkontaminasi bakteri. Kalaupun Anda ingin makan kecambah, pastikan sudah dimasak sampai benar-benar matang, ya.
  • Buah dan Sayuran Yang Belum Dicuci Bersih – Buah-buahan dan sayuran yang belum dicuci bersih dapat terkontaminasi oleh bakteri berbahaya, termasuk toxoplasma. So, penting untuk mencuci semua buah dan sayuran secara menyeluruh dengan banyak air bersih, ya.
  • Susu, Keju, atau Jus Buah Yang Tidak Dipasteurisasi – karena makanan ini meningkatkan risiko infeksi bakteri.
  • Alkohol – Minum alkohol dapat meningkatkan risiko keguguran, lahir mati, dan sindrom alkohol pada janin.
  • Konsumsi Makanan Olahan selama kehamilan dapat meningkatkan resiko kelebihan berat badan, diabetes gestasional dan komplikasi, yang dapat memiliki implikasi kesehatan jangka panjang bagi Anda dan anak Anda.

Referensi, Sumber, Kutipan Dan Para Ahli Diwawancarai

Yohana

Menetap di Jakarta-Indonesia, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, Yohana menyukai kegiatan bepergian, menulis, menghabiskan waktu bersama keluarga, juga memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan makanan terutama buah-buahan dan sayuran. Menciptakan dan membangun website 'smoothiedokter.com' impian dan tujuan Yohana adalah berbagi informasi yang paling tidak bias dan informatif tentang diet, gaya hidup sehat, dan kekuatan penyembuhan dari semua makanan alami- dan tentu saja tentang Smoothie. kepada teman-teman, sanak keluarga dan kerabat serta banyak orang Indonesia.

Share Lha!